Wednesday, September 26, 2007

Scholarship Beasiswa S2, S3, Penelitian, Leadership IIEF di Jakarta

Jenis Beasiswa & Sumber : Beasiswa S2, S3, Penelitian, Leadership IIEF di Jakarta
Isi Tawaran :
Program Beasiswa - 2008/2009 bagi mahasiswa Program S2/S3 dan tenaga Profesional
1. Asia Fellows Awards - deadline pengumpulan berkas 7 Nov 2007
2. EWC-Graduate Degree Fellowship Program - deadline 29 Nov 2007
3. EWC-Asia Pacific Leadership Program - d

Keterangan

Batas Waktu
29 November 2007

Tujuan
Humaniora , Ilmu-ilmu sosial & ilmu lainnya yang relevan

Keterangan
Bagi staf pengajar UGM yang berminat dapat mengumpulakn berkas (rangkap 2) pencalonan lewat Kantor Urusan Internasional UGM. Keterangan lebih lanjut dapat didownload pada www.iief.or.id

Beasiswa belajar bahasa, studi tingkat pascasarjana, belajar budaya, seni, dll di Spanyol

Jenis Beasiswa & Sumber : Beasiswa belajar bahasa, studi tingkat pascasarjana, belajar budaya, seni, dll
Isi Tawaran : Beasiswa-kesempatan belajar di Spanyol

Keterangan
Batas Waktu
26 November 2007

Tujuan
Semua fakultas

Keterangan
1. Bagi dosen yang berminat dapat lihat informasi beasiswa ini di KUI UGM atau bisa hubungi Sdr Ari Warokha, lulusan Fakultas Ekonomi ke ppmi_s@yahoo.com atau bisa langsung secara on-line melalui www.becasmae.es (pendaftaran dimulai dari 1 Oktober s.d . 31 Desember 2007.

2. Fasilitas beasiswa yang diberikan : Biaya hidup bulana (termasuk buku); tempat tinggal selama studi; asuransi kesehatan; tiket pesawat terbang/biaya transportasi; Biaya matrikulasi

Beasiswa S2, S3 The Hitachi Foundation Japan

Jenis Beasiswa & Sumber : Beasiswa S2, S3 & Riset (dosen UHM) ,The Hitachi Foundation, Japan
Isi Tawaran : Hitachi Scholarship Foundation's Program 2008

Keterangan

Batas Waktu
12 November 2007

Tujuan
Fakultas: Biologi, Farmasi, MIPA, Pertanian, Peternakan, Kehutanan, Teknologi Pertanian, Kedokteran, Teknik, Ilmu Budaya, Ekonomi, ISIPOL, Hukum, Psikologi, Filsafat

Keterangan
Bagi dosen UGM yang berminat dimohon untuk mengumpulkan berkas pencalonan (rangkap 3) ke KUI UGM. Informasi lebih lanjut dan form aplikasi beasiswa ini dapat dilihat di KUI.

Beasiswa King Abdullah University of Science and Technology

Jenis Beasiswa & Sumber : Undergraduate, Diana K Jahja
Isi Tawaran : Info Beasiswa King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) - Saudi Arabia (KAUST Discovery Scholarship)

Keterangan :

Batas Waktu
1 November 2007

Tujuan
Science and Technology

Keterangan
Persyaratan:
- Terdaftar aktif th ajaran 2007/08 sbg mahasiswa tahun ke 3 dari jurusan Teknik dan Science
- Memiliki prestasi akademik dan/atau pengalaman riset yang memuaskan
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, TOEFL 550
- Pada Agusutus 2009 sudah bisa mulai pendidikan S2 di King Abdullah University of Science and Technology, Arab Saudi
Pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online di website: www.kaust.edu.sa untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.kaust.edu.sa atau email ke iief@indo.net.id

Beasiswa Swiss untuk Tahun Akademik 2008/2009

Jenis Beasiswa & Sumber : Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Dir. Eropa BArat
Isi Tawaran : Tawaran Program Beasiswa Swiss untuk Tahun Akademik 2008/2009

Keterangan :
Batas Waktu
22 Oktober 2007

Tujuan
Para Dekan Fakultas

Keterangan
Persyaratan:
1. WNI
2. Ijasah Perguruan Tinggi minimal S1
3. Batas Umur waktu mmelamar harus dibawah 35 th (lahir setelah 31 Desember 1972)
4. Penguasaan salah satu bahasa resmi di Swiss yang memadai (Bahasa JErman, Perancis atau Itali)
5. Surat penerimaan dari Perguruan Tinggi yang dituju ataua konfirmasi dari Profesor di Swiss yang bertanggung jawab dalam program stusi yang dipilih.
6. Memiliki rencana studi/riset dan motivasi yang menjelaskan secara rinci dan jelas tujuan dari studi/riset beserta kemungkinan integrasi profesional jika kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan risetnya.
Formulir pendaftaran program beasiswa ini hanya diberikan kepada pelamar yang memenuhi persyaratan tersebut diatas.

Informasi Penawaran Beasiswa/Dosen di Khon Kaen University, Thailand

Jenis Beasiswa & Sumber : Simposium (dosen) Khon Kaen University, Thailand
Isi Tawaran : The 5th International Symposium on Biocontrol and Biotechnology
Keterangan
Batas Waktu : 22 Oktober 2007

Tujuan
Fakultas: Biologi, Kedokteran, Pertanian, Teknologi Pertanian

Keterangan
Bagi dosen UGM yang berminat dipersilahkan untuk menghubungi langsung ke Asst. Prof. Dr. Ounrun Petcharawan (Telp. 622-7373000 ext. 6224, 6226, 6260, 3766, Email: oun5@hotmail.com atau ksounrua@kmitl. ac.th
Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada: http://www.kmitl.ac.th/

Beasiswa Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Scholarship bagi 16 Mahasiswa UGM

Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Scholarship Program sepakat memberikan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Beasiswa disampaikan Mr Shinya Endo (Direktur Eksekutif Mitsubishi UFJ Foundation) didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Chairil Anwar, Mr Nakamura (Direktur Bank of Tokyo brach Jakarta), Mr Teddy, dan diterima 16 mahasiswa program S1 UGM, di ruang Multi Media, Rabu, (13/9).

Sebagaimana diungkap Dr Chairil Anwar, 16 mahasiswa UGM yang mendapat beasiswa, 10 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, 4 mahasiswa Fakultas Hukum dan 2 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya. Masing-masing menerima beasiswa sebesar Rp 1 400 000/semester, selama setahun, terhitung dari bulan April 2006 s.d Maret 2007.

“Saya berharap beasiswa ini memberikan manfaat mahasiswa dari 3 fakultas, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Budaya. Untuk keperluan biaya di Jogja, saya kira beasiswa ini cukup. Membeli buku, makan dan 16 mahasiswa penerima beasiswa tentunya akan jauh lebih baik dalam studinya”, ujar Pak Chairil.

Bagi Mr Shinya Endo, beasiswa ini merupakan bentuk simpati akibat gempa yang terjadi di Jogjakarta bulan Mei 2006 lalu dan bantuan pendidikan ini merupakan kontribusi bagi peningkatan mutu sumber daya manusia di Indonesia.

Sementara itu bagi mahasiswa UGM penerima beasiswa, kata Mr Nakamura, untuk tetap terus berkonsentrasi dalam studi. Setelah lulus nanti, dari mereka diharapkan bisa menjadikan Bank of Tokyo cabang Jakarta sebagai alternatif tempat untuk bekerja.

“Kami kantor cabang di Jakarta, saat ini juga sedang berpikir bagaimana membantu Pasar Seni, Gabusan Bantul. Karena kami melihat di Jogjakarta potensial untuk kesenian. Jadi bagaimana kami bisa memberi kontribusi bagi masyarakat”, ungkap Nakamura. (Humas UGM).

Prosedur Pembuatan Skripsi yang Optimal

Prosedur pembuatan skripsi yang optimal adalah sebagai berikut:

Mengenai contoh layout dari masing-masing bab, ada pada buku panduan skripsi anda, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Bab 1. Pendahuluan

  • Jika proposal anda telah dibuat dengan menyeluruh, maka bagian Bab 1 dapat dikatan sudah selesai. Yang perlu diperhatikan adalah, anda perlu memperlakukan Bab 1 anda selayaknya sebuah "Kontrak" yang mengikat anda untuk menyelesaikan apa yang anda janjikan dalam 6 bulan.
  • Pastikan anda pada saat membaca bab 1 anda, memahami betul apa yang anda akan buat, dan test dengan memberikan bab 1 anda kepada orang lain dan lihat apakah mereka paham apa yang anda akan buat.
  • Pikirkan 2 kata-kata ini pada saat anda menyusun bab 1/proposal dari skripsi anda, yaitu: MENARIK dan REALISTIK. Ukur kemampuan anda dengan benar dan ukur masalah yang anda hadapi dengan benar, agar periode pembuatan skripsi yang merupakan matakuliah yang paling penting dan paling berguna selama sekian tahun anda kuliah, dapat benar-benar memberikan pengalaman yang maksimal pada anda dan menantang diri anda, serta dapat selesai tepat waktu..

Bab 3. Analisa System

  • Berisi analisa dari sistem berjalan, dan requirement dari sistem yang akan dibangun.
  • Isi dari bab 3 sangat bergantung pada jenis dan topik skripsi anda.
  • Apabila skripsi anda berupa Observasi, maka bagian ini merupakan "Rancangan Quesitonaire & Rencana Sampling".

Bab 4. Perancangan Sistem

  • Berisi perancangan dari sistem yang anda usulkan, dan (jika perlu dan mungkin) evaluasi dari hasil implementasinya.
  • Isi dari bab 4 sangat bergantung pada jenis dan topik skripsi anda.
  • Apabila skripsi anda berupa Observasi, maka bagian ini merupakan "Hasil Analisa & Pembahasan".

Varian dari bab 3 dan 4 yaitu dengan merubah bab 3 menjadi "Analisa dan Perancangan" yang merupakan gabungan dari bab 3 dan 4 dan kemudian melangkah lebih jauh dengan menambahkan bagian "Implementasi dan Evaluasi" sebagai bab 4. Jika anda tidak merasa pasti dan jka skripsi anda tidak memerlukan tahap evaluasi, tidak disarankan untuk mengambil varian ini karena cenderung memakan waktu lebih lama.

Bab 2. Landasan Teori

  • Bab 2 tidak akan pernah selesai sebelum bab 4 anda selesai ditutup, karena semua teknik analisa ataupun perancangan yang anda gunakan perlu dilandasi pada bab 2. Karenanya jangan pernah berhenti mengumpulkan kutipan dari berbagai sumber untuk senantiasa melengkapi bab 2 anda.
  • 80% dari bab 2 merupakan kutipan, baik kutipan langsung ataupun tidak langsung (untuk cara melakukan kutipan ikuti link berikut).
  • Perhatikan sumber kutipan anda, surat kabar/sumber-sumber populer lainnya dan website yang tidak terjamin kredibilitas akademis nya tidak dapat dijadikan sumber kutipan, walau diperbolehkan untuk menjadi sumber pendukung yang tidak didaftarkan di daftar pustaka.
  • Jika anda membaca/mengutip/melanjukan penelitian dari skripsi/thesis/hasil karya ilmiah orang lain, maka anda wajib mencantumkan skripsi/thesis/hasil karya ilmiah tersebut di daftar pustaka anda.
  • Pikirkan satu kata ini pada saat anda membuat bab 2 skripsi anda, yaitu KOKOH. Bab 2 skripsi anda harus kokoh, solid dan dapat dipertanggungjawabkan. Ia adalah salah satu sandaran batu anda pada saat sidang nanti.

Bab 5. Kesimpulan & Saran

  • Pastikan bahwa semua kesimpulan anda adalah kesimpulan yang spesifik, adalah tidak bermutu untuk menyimpulkan sesuatu yang general seperti "... lebih baik", anda perlu menjelaskan kenapa anda simpulkan lebih baik, jika ada hasil evaluasi maka tampilkan dalam bentuk summary atau sebutkan dalam hal apa lebih baiknya.
  • Kesimpulan juga harus bersifat tertutup dan langsung atas ruang lingkup skripsi anda, anda tidak bisa menyimpulkan hal yang ada di luar ruang lingkup anda, jika diperlukan, maka anda harus meluaskan ruang lingkup anda. Serta tidak bisa anda menyimpulkan hal yang bukan merupakan dampak langsung dari rancagnan anda, jika perlu, maka perlu dijelaskan bagaimana rentetan pengaruhnya sehingga anda menyimpulkan demikian.
  • Pikirkan satu istilah ini pada saat anda membuat bab 5 bagian kesimpulan, yaitu NO LOOSE ENDS. Pastikan tidak ada Ruang Lingkup yang anda langgar, tidak ada Tujuan yang tidak tercapai, dan tidak ada Manfaat yang tidak terbuktikan. Jika ada, maka anda harus mempersiapkan penjelasan mengapa hal itu terjadi, atau jika tidak jauh perbedaannya maka anda perlu melakukan revisi atas bab 1 anda.
  • Pada saat membuat bagian Saran, maka kata kunciny adalah SINCERE, bagian ini adalah menjadi salah satu penilaian tentang visi anda terhadap yang anda buat. Bagian saran yang asal bunyi menunjukkan and tidak serius melaksanakan dan tidak serus terhadap idea dari skripsi anda sendiri sehingga anda tidak dapat menyarankan perkembangan selanjutnya.

Menentukan dan Memilih Thema/Judul Skripsi

A thesis topic must spring from your own energies and interests. The first step toward defining a topic, then, is to determine your primary areas of interest. The role of self-examination in this process is critical.

Look over your past work and your special field and attempt to discover a few general areas of interest. What courses have you taken? What have you written about in course papers? Also, think about why you decided to concentrate in your field. As you consider these and other similar questions, you will begin to discern certain patterns or trends in your work. Contemplation of these issues will allow you to define your general areas of interest.

Finding a topic within an area of interest is more difficult. A topic is best formulated as a question. But the questions cannot be too broad, for a topic must have focus. Nor can it be too narrow since the goal of a good thesis is to express thoughts of general importance through detailed analysis of a specific case or cases.

Because the purpose of this process is to formulate a focused and thought-provoking question, the best way to uncover topics in your area of interest is to begin posing questions. Start with the issues that stand out in your mind. Also, read some scholarly literature on approaches you might take. If your topic seems too broad, this reading will give you some ideas on approaches you might take. If your question is too narrow, a selection of articles and books can lead you to the general concerns that relate to your interest. And remember, an undergraduate thesis need not be an original “contribution to knowledge.” More important is the sustained examination of a topic that engages you.

If you are unsure about the viability of your topic, you might look at past theses in order to find out what types of projects have been the most successful. Look in your University Library Archives

Panduan Skripsi - Teknik Informatika Universitas Budi Luhur

PANDUAN SKRIPSI
Hanya Untuk Kepentingan Program Studi Teknik Informatika FTI - UBL
GASAL 2007/2008
September 2007

Daftar Isi
Jadwal 1
Jenis Skripsi 2
1. Skripsi Program 2
2. Skripsi Interface 2
Pedoman Umum Penulisan 3
1. Isi Skripsi 3
2. Isi Umum Tiap Bab 3
a. Bab I: Pendahuluan 3
b. Bab II: Landasan Teori 3
c. Skripsi Program 3
d. Skripsi Interface 4
e. Bab V: Penutup 5
3. Format Penulisan 5
a. Umum 5
b. Sampul dan Kertas 5
c. Pengetikan 6
d. Kutipan 7
e. Daftar Pustaka 8
f. Susunan Penulisan 9
g. Penulisan Point-Point Dalam Skripsi 9
Pedoman Detail Penulisan 10
1. Skripsi Sistem Pakar 10
2. Skripsi Sistem Informasi Geografis 11
3. Skripsi SMS Gateway 12
4. Skripsi Enkripsi/Dekripsi + Kompresi 13
Sidang 13
1. Sarana 14
2. Lama Sidang 14
3. Kelengkapan Sidang 14
4. Aturan Umum yang Menggagalkan Sidang 14
5. Penilaian 14
a. Komponen Penilaian 14
b. Grade 15
c. Batas Maksimal Nilai Kelulusan 15
6. Setelah Sidang 16
Hardcover 17
Contoh Layout Halaman Cover CD 18
Penutup 19
Contoh Layout: Halaman Cover Depan 20
Contoh Layout: Halaman Cover Dalam 21
Contoh Layout: Halaman Lembar Persetujuan 22
Contoh Layout: Halaman Punggung (Hardcover) 23
Contoh Layout: Halaman Abstraksi 24
Contoh Layout: Halaman Kata Pengantar 25
Contoh Layout: Halaman Daftar Tabel 26
Contoh Layout: Halaman Daftar Gambar 27
Contoh Layout: Halaman Daftar Simbol 28
Contoh Layout: Halaman Daftar Isi 29
Contoh Layout: Surat Keterangan Selesai Riset 30
Daftar Nama Dosen Pembimbing/Penguji TI/Pejabat FTI 31
Program Studi Teknik Informatika 1
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
JADWAL
Tanggal penting yang berhubungan dengan Skripsi periode semester Gasal 2007/2008
(September 2007)
􀂃 10 – 14 September 2007, Briefing masing-masing dosen pembimbing
􀂃 17 September – 21 Desember 2007, Bimbingan
􀂃 26 Desember – 31 Desember 2007, Pendaftaran Sidang
􀂃 7 Januari 2008, Sidang pertama
Program Studi Teknik Informatika 2
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
JENIS SKRIPSI
Untuk Skripsi periode semester GASAL 2007/2008, jenis Skripsi yang diijinkan adalah:
1. SKRIPSI PROGRAM
Skripsi yang isinya adalah Pembuatan program (perangkat lunak/Software) yang berkaitan
dengan ilmu-ilmu dasar komputer, misal:
􀂃 Teknik kompilasi (parsing, scanning)
Pengenalan kata–kalimat maupun string, penggunakan prinsip bahasa pemrograman
dasar, otomata dan kompiler
􀂃 Struktur data (searching, sorting )
misalnya implementasi kedalam search-engine
􀂃 Sistem pakar
Untuk sistem pakar program yang dibuat harus berbasis web, bisa menampilkan
gambar, database bersifat dinamis-dapat diupdate maupun ditambahkan, rulebase
80 dengan Minimal level sampai 5
􀂃 G I S (Sistem Informasi Geografis)
Program harus berbasis web dan dapat menunjukkan kemampuan gambar untuk
memberikan informasi secara terkait (antara gambar dengan informasi), gambar
dapat dimanipulasi
􀂃 Artificial Intelligence
Misalnya permainan strategi (catur, othello, dll), lebih di tonjolkan metodenya dan
diimplementasikan kedalam game yang dibuat
􀂃 Artificial Neural Network
Misalnya pengenalan suara, karakter, dll
􀂃 Networking
Misal: Remote akses, controlling
􀂃 Mobile Application
Aplikasi yang memanfaatkan perangkat mobile, misal: SMS Gateway
􀂃 dll
2. SKRIPSI INTERFACE (demo untuk software)
Skripsi yang isinya adalah Pembuatan suatu interface/program antara hardware dan software
– titik berat pada pembuatan software, harus ada CNC (computer numeric control),
maksudnya adalah komputer bukanlah seperti ‘joystick’
Misalnya:
Pemanfaatan PPI 8255 sebagai interface.
Pemanfaatan serial, paralel dan game port sebagai interface.
Contoh aplikasi:
Sensor suhu, kelembaban udara, cahaya yang dapat dipakai sebagai suatu pengontrolan
Pengiriman data dari port ke suatu alat.
Catatan:
Titik berat pada perangkat lunak/software – (harus mengerti mengenai ke hardwarenya
yang dibuat)
Program Studi Teknik Informatika 3
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
PEDOMAN UMUM PENULISAN
1. ISI SKRIPSI
Secara umum sebuah Skripsi mengandung isi sebagai berikut:
􀂃 BAB I PENDAHULUAN
􀂃 BAB II LANDASAN TEORI
􀂃 BAB III ANALISA MASALAH DAN RANCANGAN PROGRAM
􀂃 BAB IV IMPLEMENTASI DAN ANALISA HASIL UJI COBA PROGRAM
􀂃 BAB V PENUTUP
2. ISI UMUM TIAP BAB
a. BAB I: PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Berisikan area/bidang apa skripsi yang dibangun/dirancang/dibuat
2. MASALAH
Gambaran umum permasalahan yang dihadapi/timbul (penjabaran persoalan)
3. TUJUAN PENULISAN
Gambaran tentang apa yang ingin dicapai (penegasan mengenai judul)
4. RUANG LINGKUP / PEMBATASAN MASALAH
Lingkup permasalahan yang dibahas dan batasan penyelesaian yang dilakukan
5. METODA PENGEMBANGAN / METODA PERANCANGAN / METODA
EKSPERIMEN
Sangat tergantung pada jenis skripsi:
􀂃 Bagaimana program dikembangkan (untuk skripsi program)
􀂃 Bagaimana Interface dikembangkan (untuk skripsi hardware/Software)
􀂃 Bagaimana sebuah eksperimen dilakukan
6. SISTEMATIKA PENULISAN
Uraian singkat isi Bab per Bab (Berdasarkan pertopik); untuk bab judul bab III
dan bab IV disesuaikan dengan skripsi yang dibuat
b. BAB II: LANDASAN TEORI
Berisikan semua penjelasan tentang teori/metodologi/komponen yang digunakan
Catatan:
Semua Pembahasan yang menyangkut teori (topik skripsi) dengan teori yang relevan
harus ditulis di BAB-II ini
c. SKRIPSI PROGRAM
1) BAB III: PERMASALAHAN DAN RANCANGAN ALGORITMA/PROGRAM
YANG AKAN DIBUAT BERDASARKAN MASALAH YANG ADA
Program Studi Teknik Informatika 4
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Berisikan uraian tentang bagaimana program dikembangkan, paling tidak harus
memuat:
􀂃 Lingkungan yang dipakai untuk mengembangkan program
o Jenis perangkat lunak yang dipakai
o Sistem operasi yang dipakai dan jenis komputer yang digunakan
ataupun yang dapat diterapkan dari program yang dibuat
􀂃 Strategi pemecahan masalah
􀂃 Struktur data yang digunakan
o Diagram E-R
o Tabel-tabel data yang dibuat
􀂃 Rancangan layar harus sesuai dengan judul yang dipilih
􀂃 Flowchart dan atau algoritma
􀂃 Algoritma dari program
o Flowchart dan algoritma saling terkait, setiap flowchart dilanjutkan
dengan algoritma
Catatan: Rancangan layar , flowchart dilanjutkan dengan algoritma
2) BAB IV: IMPLEMENTASI DAN ANALISA PROGRAM YANG DIBUAT
Berisikan uraian tentang jalannya uji coba bertahap program yang dikembangkan.
Bab ini minimal berisi:
􀂃 Hal-hal ini yang istimewa/khusus/ menonjol dari program yang
dikembangkan
􀂃 Jalannya uji coba
o Penjelasan tentang bagaimana caranya menjalankan program
o Penjelasan tentang interaksi yang harus dilakukan antara pemakai
dengan program yang dibuat
o Tampilan layar
􀂃 Implementasi
o Hardware/Software yang dibutuhkan
􀂃 Analisa hasil yang dicapai oleh program yang dikembangkan
d. SKRIPSI INTERFACE
1) BAB III: RANCANGAN SISTEM INTERFACE (TERGANTUNG DARI YANG
DIBUAT)
Berisikan uraian tentang bagaimana interface dikembangkan, paling tidak harus
memuat:
􀂃 Lingkungan yang dipakai untuk mengembangkan Perangkat keras
o Alasan pemilihan interface yang dipakai
Misal: melalui port serial atau pararel
o Hal-hal ini yang istimewa/khusus/menonjol dari interface yang
dikembangkan
􀂃 Rangkaian/diagram dari perangkat keras yang dipakai ; hubungan antara
komputer dengan interface yang dikembangkan; misalnya penggunaan
pararel port atau serial port ataupun port-port yang lainnya
􀂃 Strategi pemecahan masalah
􀂃 Gambaran garis besar dari interface- yang akan dipasang ke-komputer
􀂃 Flowchart sistem maupun flowchart program
􀂃 Algoritma yang dipakai
Program Studi Teknik Informatika 5
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
o Jenis perangkat lunak yang diperlukan
o Jenis komputer dan operating system yang dapat mendukung
pembuatan sistem interface tersebut
􀂃 Kalau terdapat hubungan antar tabel (tabel data lebih dari 1 dan
berhubungan) - harus dibuat;
o Diagram E-R
o Tabel-tabel data yang dibuat
2) BAB IV: IMPLEMENTASI DAN ANALISA HASIL UJI COBA
Uraian tentang jalannya uji coba bertahap perangkat keras yang dikembangkan.
Bab ini minimal berisi:
􀂃 Jalannya uji coba
o Penjelasan tentang bagaimana cara menginstalasi interface yang
dikembangkan
o Penjelasan tentang bagaimana cara inisialisasi perangkat lunak
pendukung / digunakan
o Penjelasan tentang tata cara uji-coba interface yang dirancang
o Tampilan layar
o Program Interface yang digunakan, dalam perbandingan program
lebih ditekankan dari pada hardwarenya
o Hasil yang didapat saat uji coba (perlu – sudah dicoba dan
diterapkan)
􀂃 Analisa hasil yang dicapai dari interface (rancangan) yang dibuat
e. BAB V: PENUTUP
Berisikan:
1) Kesimpulan
Yang diambil dari isi bab III dan bab IV dan harus konsisten dengan tujuan penulisan
serta harus mencerminkan terpecahkan tidak masalah yang dibahas di bab I.
2) Saran merupakan hal-hal yang susah/belum dibuat dalam Skripsi yang dibuat
3. FORMAT PENULISAN
a. UMUM
􀂃 Isi BAB-1 sampai dengan BAB-5 Minimum 40 halaman, tidak termasuk lampiranlampiran
pelengkap
􀂃 Total halaman BAB III + BAB IV lebih besar (jumlah halaman) dari jumlah BAB I +
BAB II + BAB V
􀂃 Pada halaman yang hanya berisikan gambar/flowchart saja tidak dihitung sebagai
halaman
b. SAMPUL DAN KERTAS
Sampul (soft cover) diketik pada kertas buffalo dengan warna biru tua
Naskah diketik pada kertas yang memenuhi persyaratan standar baku:
􀂃 Kertas HVS (atau sejenis) 80 gr, warna putih dan diketik 1 muka (tidak bolak-balik)
􀂃 Ukuran kertas 22 x 28 cm atau 8.5 x 11 inch atau ukuran kuarto atau letter
􀂃 Naskah dibuat minimal rangkap 3 (1 Pembimbing dan 2 Penguji)
Program Studi Teknik Informatika 6
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
􀂃 Pengecualian untuk menggunakan kertas yang baku, dilakukan bila diperlukan kertas
khusus untuk gambar, seperti grafik dan diagram, atau dokumen tertentu dari
lembaga/perusahaan/institusi.
c. PENGETIKAN
􀂃 Jenis huruf yang digunakan adalah Tahoma dengan ukuran 10 point.
􀂃 Untuk tulisan dalam bahasa asing atau yang mempunyai tujuan tertentu dituliskan
dalam bentuk Italic atau bergaris bawah atau diapit oleh tanda kutip.
􀂃 Kata BAB dan JUDUL BAB dicetak huruf kapital dan tebal
􀂃 Listing program dicetak dengan huruf Tahoma, 10 point spasi 1. Diberikan nomor
halaman lanjutan dan nomor baris perfungsi atau permodul
􀂃 Jarak baris (spasi) antar ketikan adalah 1 spasi
􀂃 Batas tepi kiri kertas 4 cm, tepi kanan kertas 3 cm, tepi atas kertas 4 cm, dan tepi
bawah kertas 3 cm sehingga ruangan ketikan adalah 14 x 21 cm (lihat gambar).
􀂃 Nomor halaman
1). Bagian awal
Dimulai dari halaman judul sampai dengan halaman ringkasan (abstraksi), diberi
nomor halaman dengan angka Romawi Kecil seperti i, ii, iii, iv dan seterusnya yang
diletakkan di tengah halaman bagian bawah dengan jarak 2 spasi dari batas ruang
ketikan.
2). Bagian teks dan bagian akhir
Dimulai dari Bab I Pendahuluan sampai dengan lampiran-lampiran diberi nomor
halaman dengan angka latin seperti 1, 2, 3, 4 dan seterusnya yang diletakkan pada
tepi kanan atas dengan jarak 2 spasi diatas baris pertama ketikan lurus dengan batas
tepi kanan. Khusus untuk halaman yang mengandung judul bab, nomor halaman
diletakkan pada tengah halaman bagian bawah 2 spasi dari batas ruang ketikan.
Program Studi Teknik Informatika 7
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
d. KUTIPAN
1) Model yang dipakai adalah Penulis – Tahun – Halaman (PTH) atau disebut dengan
Author – Date – Page (ADP) Style dengan cara mencantumkan nama penulis –
tahun terbitan – nomor halaman yang dikutip.
2) Nama penulis yang dicantumkan hanya nama keluarga (family name) tanpa
mencantumkan gelar akademik dari penulis.
3) Bila penulis 2 (dua) orang, kedua nama keluarga penulis tersebut dicantumkan.
4) Bila penulis lebih dari dua orang, maka yang dicantumkan hanya nama penulis
pertama dengan menambahkan singkatan dkk (dan kawan-kawan) atau et al
5) Seluruh sumber dan bahan bacaan atau acuan (references) yang digunakan
dikumpulkan dalam satu daftar yang disebut Daftar Pustaka.
6) Pencantuman sumber kutipan dapat diletakkan sebelum atau sesudah kutipan.
22 cm
28 cm
RUANG KETIKAN
4 cm
4 cm
3 cm
3 cm
999
no. hal
999
no. hal pada bab
Program Studi Teknik Informatika 8
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
7) Kutipan yang melebihi 3 baris, dipisahkan dari tulisan penulis sehingga membentuk
alinea tersendiri dengan jarak baris satu spasi dan batas kiri 5 ketukan.
Sebelum kutipan:
Emory dan Cooper (1995 : 37) mengungkapkan: “The philosophy of science or, more
specifically, epistemology is the body of knowledge that provides the classification that
help us dicriminate among the styles of thinking”
Sesudah kutipan:
Demikian pula didefinisikan oleh penulis lain “The philosophy of science or, more
specifically, epistemology is the body of knowledge that provides the classification that
help us dicriminate among the styles of thinking” (Emory dan Cooper, 1995 : 37).
Lebih dari tiga baris:
Batini et al. (1992 : 4) mendefinisikan sebuah basis data dan kaitannnya dengan sebuah
perusahaan sebagai sebuah komponen dari sistem informasi sebagai berikut:
“Databases are just one of the components of information systems,
which also include application program, user interfaces, and other types of
software packages. However databases are essential resources of all
organizations, including not only large enterprises but also small companies and
individual users”
e. DAFTAR PUSTAKA
1) Disusun urut abjad berdasarkan nama penulis.
2) Terdiri dari tiga bagian Nama Penulis – Judul Tulisan – Nama Penerbit
3) Nama Penulis dimulai dengan nama keluarga, diikuti dengan tanda koma kemudian
nama pertama.
4) Bila nama penulis dua atau tiga orang, hanya orang pertama yang menggunakan
aturan butir 3, selebihnya mengikuti apa yang tertera pada referensi.
5) Bila nama penulis empat orang atau lebih, hanya dituliskan nama pertama mengikuti
aturan butir 3 diikuti dengan et al atau dkk.
6) Minimal 5 buku referensi yang dipakai, tidak termasuk referensi dari URL
Contoh:
1 penulis:
Situmorang, Ferryanto. , 1997, Tuntunan Praktis Pemrograman : Membuat Aplikasi
FoxPro dengan Generator. Jakarta : Elex Media Komputindo.
2 penulis:
Campbell, Tim S., and Kracaw A William. , 1993, Financial Institutions and Capital
Market. New York : HarperCollins College.
3 penulis:
Hamacher, V. Carl., Zvonko G. Vranesic., Safwat G. Zaky. , 1996, Computer Organization.
4th ed. Singapore : McGraw-Hill.
lebih dari 3 penulis:
Watson, Collin J., et. al. , 1990, Statistics : For Management and Economics.
Massachusetts : Allyn and Bacon.
lebih dari 2 buku dari penulis yang sama:
Program Studi Teknik Informatika 9
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Arikunto, Suharsini. , 1990, Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
----------. , 1991,Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
URL
Nama, thn dibuat, Judul di internet, judulnya.disini /danseterusnya> , bulan+thn diakses
f. SUSUNAN PENULISAN
􀂃 Lembar Judul (cover depan)
􀂃 Lembar Judul
􀂃 Lembar Pengesahan
􀂃 Abstraksi skripsi
􀂃 Kata Pengantar
􀂃 Ucapan terima kasih khusus (optional)
􀂃 Daftar Tabel (kalau ada)
Berisikan :
Nomor Tabel , nama tabel dan halaman
􀂃 Daftar Gambar (kalau ada)
Berisikan :
Nomor gambar, nama gambar dan halaman
􀂃 Daftar Simbol (kalau ada)
Berisikan daftar simbol yang dibuat, contoh : flowchart
􀂃 Daftar isi
􀂃 Bab I : Pendahuluan
􀂃 Bab II : Landasan Teori
􀂃 Bab III : Permasalahan Judul tergantung dari jenis skripsi
􀂃 Bab IV : Implementasi
􀂃 Bab V : Penutup : Kesimpulan/saran
􀂃 Daftar Pustaka
􀂃 Lampiran-lampiran
g. PENULISAN POINT-POINT DALAM SKRIPSI
BAB ..
JUDUL BAB
1. Sub Bab
a. Sub-sub bab
1) Sub-sub sub bab
2) .......................
a) ...dst.....
b) ..........
(1) .......
(2) ...
(a) .....
(b) ......
(3) .......
c) .......
3) ........
4) .......
b. ......
2. ............
Program Studi Teknik Informatika 10
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
PEDOMAN DETAIL PENULISAN
Pedoman ini yang harus diikuti bagi mahasiswa/i yang membuat Skripsi program (Sistem Pakar,
Sistem Informasi Geografis, SMS Gateway, Enkripsi dan Kompresi) dalam pembuatan Bab III dan
IV. Untuk Skripsi program yang lain/Skripsi Interface mengikuti standar penulisan yang ada dan
konsultasi ke pembimbing untuk detail skripsinya.
1. SKRIPSI SISTEM PAKAR (Berbasis Web)
BAB III : RANCANGAN SISTEM PAKAR
• Harus relevan dengan permasalahan yang disurvei
• Data/Rule harus asli berupa buku asli/photocopy
Harus merancang:
• Basis pengetahuan(Knowledge Based)
􀂃 Harus memuat rule-rule serta fakta-fakta yang dibuat.
􀂃 Pohon keputusan harus relevan dengan rule-rule yang dibuat .
􀂃 Rule, fakta (misal: gejala/kondisi/dsb), kesimpulan yang disertai gambar visual
disimpan dalam file masing-masing dan buat hubungan relasinya (ERD:Entity
Relationship Diagram), kemudian buat struktur file (nama file, nama field, tipe,
panjang, dan keterangan serta primary keynya).
• Mesin Inferensi(Inference Engine)
Harus ada algoritma proses pelacakan dan pencarian yang dipakai dan gambarkan
program flowchartnya, bila banyak taruh di lampiran.
• Fasilitas Tambah pengetahuan dan inference-rule(Development Engine)
Harus ada algoritma dan flowchart programnya
• Antar muka pemakai(User Interface)
Harus ada rancangan kasar dari tampilan layar masukan(input) dan layar
keluaran(output).
• Multi media (data tidak hanya gambar, tetapi juga bisa data suara)
• Suara adalah suara pertanyaan dan kesimpulan
• Pertanyaan, Kesimpulan harus ada gambar, pada pertanyaan harus ada fasilitas
untuk menambah/update gambar
• Rule dan Pohon keputusan di letakkan pada lampiran
• Kesimpulan minimal 80
• Matriks Pertanyaan, Pohon Keputusan dan Rule harus sama
• Kesimpulan yang tidak pasti maka harus muncul kesimpulan yang mendekati.
Kesimpulan yang di mulai dari node pada level ke 2 harus mempunyai jawaban, jika
suatu level di jawab tidak semua maka kesimpulan yang dihasilkan bukan tidak
teridentifikasi, tetapi kesimpulan yang berupa arahan yang isinya seluruh
kesimpulan pada level tersebut atau sebuah kesimpulan arahan disertai gambar.
• Aplikasi harus berbasis web, tidak diperbolehkan menggunakan bahasa prolog atau
sejenisnya.
BAB IV : IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR
1. Implementasi
Berikan tampilan layar & penjelasan program berdasarkan algoritma yang dirancang
di Bab III.
Implementasi bentuk hasil rancangan layar(screen) capture dan harus ada
gambar(visual) yang bisa dimunculkan
Program Studi Teknik Informatika 11
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
2. Uji Kasus
a. Spesifikasi perangkat keras(hardware) yang dipakai
(artinya sudah diujicoba dengan perangkat keras komputer apa saja) untuk
memperoleh spesifikasi minimun perangkat keras
b. Spesifikasi perangkat lunak sistem operasi :
(artinya sudah diujicoba pada beberapa platform sistem operasi; misal: DOS,
Linux, Windows NT, Windows 98, Windows 2000, Windows XP, dan lain-lain)
untuk memperoleh spesifikasi minimum perangkat lunak yang mendukung
program aplikasi yang dibuat.
c. Uji dengan beberapa kasus, Baik yang ketemu dan maupun yang gagal
menemukan kesimpulan harus ada keluarannya berupa kesimpulan dan gambar,
suara, maupun gambar (movie) yang bergerak
d. Uji untuk penambahan pengetahuan(rule)
e. Bila menggunakan istilah asing(misalnya :istilah medis, bahasa latin) berikan
fasilitas untuk memberi penjelasan (seperti kamus datanya) ada didalam
program, dan isi kamusnya dapat ditambah juga
f. Seluruh pertanyaan akan tampil pada sebuah level menggunakan pilihan radio
button/link.
􀂃 Misal, terdapat pohon sbb:
SISTEM PAKAR
A B C
D E F G H
􀂃 Maka pertanyaan yang muncul level 1 adalah:
# [gambar] Pertanyaan A
# [gambar] Pertanyaan B
# [gambar] Pertanyaan C
# Tidak ada di atas
􀂃 Pertanyaan pada level 2, jika pada level 1 dipilih A adalah:
# [gambar] Pertanyaan D
# [gambar] Pertanyaan E
# Arahan
􀂃 Dan seterusnya sampai ditemukan kesimpulan
HAL YANG MENGGAGALKAN SIDANG: (TAMBAHAN DARI ATURAN UMUM)
􀂃 Kesimpulan yang mempunyai level 5 atau lebih, kurang dari 80
􀂃 Kesimpulan, arahan, pertanyaan tidak ada gambar
􀂃 Tidak ada fasilitas untuk menampilkan gambar di pertanyaan
􀂃 Semua pertanyaan & kesimpulan harus ada suara
Program Studi Teknik Informatika 12
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
􀂃 Harus ada kesimpulan arahan disertai gambar (minimal di level 2) untuk
pertanyaan yang tidak terjawab, kesimpulan arahan bisa berupa: seluruh
kesimpulan di level tersebut atau jawaban lain yang disediakan
􀂃 Matriks basis pengetahuan, pohon keputusan, rule dan yang muncul di program
harus sama
􀂃 Tidak ada data asli dari rule.
2. SKRIPSI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Berbasis Web)
Berbasis multi media, tidak hanya ‘load gambar’ pada satu level saja tapi dapat sampai lebih
dari 3 level dari loading gambar, serta posisi letak dan area gambar
Antara judul dengan gambar harus sesuai, level satu di hitung dari judulnya
􀀹 Misal; DKI, maka peta DKI dihitung level yang pertama
􀀹 Semua level harus menggunakan area (polygon) dan disimpan dalam database
BAB III : RANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
􀂃 Permasalahan dari organisasi yang disurvei dan harus relevan
􀂃 Dapat membuktikan input (raw data/data source awal) yang didapat untuk diproses
􀂃 Rancangan layar (ouput) user interface yang akan dibuat
􀂃 Flowchart dan atau algoritma
􀂃 Gambar dan data harus dapat di-manipulasi (update/delete/entry)
􀂃 Database yang dirancang, diimplementasikan kedalam tabel, jelaskan tabel-tabel
yang dibuat, mengikuti aturan normalisasi database, Gunakan E-R-D (Entity
Relationship Diagram)
􀂃 Harus ada analisa statistik (misal: warna akan berubah jika data berubah, minimal
berpatokan dengan salah satu informasi, contoh: jika jumlah penduduk < 100 warna
lokasi/area merah, 100 – 500 warna lokasi/area kuning, dst)
BAB IV : IMPLEMENTASI
􀂃 Penggunaan dari metode yang dipakai (implementasinya)
􀂃 Dapat menambah dan update serta delete data informasi maupun gambar
􀂃 Koordinat berupa poligon di-masukkan ke dalam tabel
􀂃 Fungsi-fungsi seperti perbesar gambar
􀂃 Berikan fungsi yang memudahkan user untuk mencari obyek yang diinginkan.
􀂃 Dapat melalui gambar maupun dari query
􀂃 Contoh data minimal 30 buah data / obyek / lokasi / area
􀂃 Informasi yang ditampilkan Minimal 20 item per obyek
HAL YANG MENGGAGALKAN SIDANG: (TAMBAHAN DARI ATURAN UMUM)
􀂃 Tidak menggunakan area
􀂃 Obyek/Area/lokasi kurang dari 30
􀂃 Informasi (tidak termasuk kode dan koordinat) kurang dari 20, jika ada field
yang tidak terisi untuk semua record maka dianggap bukan informasi
􀂃 Level kurang dari 3
􀂃 Tidak ada data asli dari obyek/area/lokasi berupa dokumen asli/photocopy
3. SKRIPSI SMS GATEWAY
􀂃 Harus ada fasilitas receive dan send otomatis
􀂃 Setiap request harus ada reply otomatis dari sistem
Program Studi Teknik Informatika 13
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
􀂃 Fasilitas yang tersedia minimal 7 (6 request, 1 broadcast) tidak termasuk registrasi dan
un-registrasi
􀂃 Harus relevan dengan sistem yang ada (misal: Reservasi Hotel, maka harus terhubung
dengan sistem yang sudah ada atau minimal dibuatkan prototype sistem yang ada)
􀂃 Harus ada source code dari aplikasi (misal yang menggunakan library, maka harus ada
source code-nya)
HAL YANG MENGGAGALKAN SIDANG: (TAMBAHAN DARI ATURAN UMUM)
􀂃 Fasilitas kurang dari 7
􀂃 Tidak ada reply otomatis untuk request
􀂃 Tidak ada source code dari library yang digunakan
4. Skripsi ENKRIPSI/DEKRIPSI + KOMPRESI (Berbasis Web)
􀂃 Enkripsi dengan kompresi di gabungkan (minimal 2 metode enkripsi dan 1 metode
kompresi)
􀂃 Dapat dilakukan untuk beberapa jenis file (seperti file gambar, file suara, file teks, file
execute, file dokumen, file database, file excel, dll)
􀂃 Berbasis WEB
􀂃 Pembuatan tabel-tabel uji coba seperti nama file; ukuran file sebelum dan setelah
dienkrip; satuan waktu baik enkrip maupun dekrip nya
􀂃 Pada bab III :permasalahan, buat algoritma dan/atau flowchart yang menggambarkan
metode enkripsi dan dekripsi yang dibuat.
􀂃 Pemakaian algoritma bukanlah copy dari program.
HAL YANG MENGGAGALKAN SIDANG: (TAMBAHAN DARI ATURAN UMUM)
􀂃 Metode yang digunakan tidak sesuai (kurang dari 2 metode enkripsi dan 1 metode
kompresi)
􀂃 Hasil enkripsi tidak bisa didownload
􀂃 Proses enkripsi/dekripsi tidak menggunakan pengecekan header
Program Studi Teknik Informatika 14
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
SIDANG
Sidang akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal (lihat jadwal)
1. SARANA
Sarana sidang yang disediakan adalah :
LCD Proyektor, Monitor, keyboard, mouse (standard PS/2), hub, kabel jaringan
Jika ukuran program anda besar (butuh hardisk) – disarankan membawa komputer sendiri,
agar tidak terjadi program anda tidak bekerja waktu sidang. Disarankan bagi yang ingin
membawa perangkat sendiri (Komputer/Notebook/Device yang lain demi kelancaran proses
sidang)
2. LAMA SIDANG
Sidang dilakukan secara terbuka selama 90 menit dengan penonton terbatas, dan hanya akan
dilakukan tertutup jika diminta oleh peserta dan disetujui dewan penguji.
3. KELENGKAPAN SIDANG
􀂃 Pakaian rapi
Pria : kemeja putih, celana panjang hitam, dasi, Jaket Almamater
Wanita : kemeja putih, rok hitam, Jaket Almamater
􀂃 Pakai sepatu (bukan sepatu sandal atau sepatu olahraga)
􀂃 Berlaku sopan selama di ruang sidang
4. ATURAN UMUM YANG MENGGAGALKAN SIDANG
Sidang tidak dijalankan dan Peserta sidang dinyatakan Gagal bila ada satu atau lebih dari
persyaratan dibawah ini yang tidak terpenuhi :
􀂃 Tidak memenuhi aturan kelengkapan sidang
􀂃 Program tidak dapat di ‘run-ning’
􀂃 Tidak dapat men-demokan program termasuk di dalamnya menambah, meng-update
dan hal lain yang diperlukan dalam waktu yang ditentukan
􀂃 Program yang berbasis web harus dapat didemokan secara client dan server,
komputer untuk client, hub dan kabel jaringan disediakan oleh Fakultas, mahasiswa
harus menyediakan network card untuk komputer yang dibawa sendiri.
􀂃 Tidak memenuhi aturan umum dan detail penulisan
􀂃 Kelengkapan skripsi kurang:
o Buku skripsi 3 copy
o Dari halaman cover (i) sampai lampiran-lampiran tidak lengkap
o Jumlah minimal halaman skripsi (40 halaman) tidak terpenuhi
o Media presentasi harus lengkap/ ada
o Harus ditandatangani pembimbing
􀂃 Terlambat dari jadwal sidang yang telah ditentukan
􀂃 Surat Riset dari tempat riset dibawa (asli-tidak boleh photocopy) yang menyatakan
mahasiswa telah melakukan riset dalam waktu minimal 1 bulan.
5. PENILAIAN
a. Komponen penilaian.
Komponen yang dinilai serta prosentase penilaian adalah sbb :
Presentasi : 10 %
Penulisan : 20 %
Penguasaan materi : 40 %
Program : 5 %
Penguasaan program : 25 %
Program Studi Teknik Informatika 15
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
1) Presentasi (10%)
a) Media
i) LCD Projector
(1) Font (huruf) 18 point
(2) 1 Halaman paling tidak 10 baris
(3) kejelasan
b) Ringkasan - berisikan
i) ruang lingkup / batasan masalah
ii) permasalahan
iii) pemecahan dengan teknik-teknik yang digunakan dengan memberikan
contoh kasus
iv) kesimpulan dari skripsi yang dibuat
2) Penulisan (20%)
a) Kelengkapan penulisan dari lembar judul sampai lampiran
b) Format penulisan yang berlaku (termasuk spasi dan jumlah halaman)
3) Penguasaan materi (40%)
a) Penguasaan permasalahan yang dihadapi (riset)
b) Cara penyelesaian masalah dengan contoh-contoh
c) Tanya jawab dengan dewan penyidang tentang materi yang dibuat
d) Bobot materi skripsi yang dibuat – dilihat dari sisi sudah/tidaknya dibuat oleh
mahasiswa terdahulu
4) Program (5%)
a) Dari pengoperasian O/S (operating system) sampai dengan sistem program
b) Program dapat di’running’ (tidak error)
5) Penguasaan program (20%)
a) Pengunaan fungsi/procedure yang dipakai
b) Penggunaan data yang digunakan dan bagaimana keterkaitannya
c) Keterkaitan antar fungsi/procedur
b. Grade
Penilaian mahasiswa berdasarkan skala 0 – 100 dengan rentang konversi huruf sbb :
0 – 44 : E
45 – 59 : D
60 – 74 : C
75 – 84 : B
85 – 100 : A
c. Batas Maksimal Nilai Kelulusan
Nilai Maks Sidang I Sidang II Sidang III
A
L
TL
PK
TL
PK
L
L
TL
PK
L
L
B TH
TH
L
TL
L
C TH TH L
Keterangan :
L : Lulus
TL : Tidak Lulus
PK : Persyaratan Kurang
TH : Tidak Hadir(Tidak Datang, Terlambat, Tidak
Siap)
Program Studi Teknik Informatika 16
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
6. SETELAH SIDANG
a. JIKA DINYATAKAN LULUS
i. Perbaiki yang diminta oleh penyidang (dua orang dosen penyidang dan 1
pembimbing) pada skripsi anda
ii. Perhatikan batas waktu yang dberikan oleh penyidang (umumnya 1 bulan
dari tanggal sidang skripsi anda). Kalau melebihi dari yang ditentukan oleh
penyidang dapat diberikan sangsi:
1. Sidang ulang
2. Atau ganti judul dan daftar bimbingan ulang
iii. Jangan dihilangkan nilai yang diberikan oleh penyidang –
(digunakan/ditanya oleh penyidang saat perbaikan skripsi anda diajukan )
iv. Setelah para penyidang menyetujui untuk di HARDCOVER – , Periksa
nama-nama para dosen penyidang - jangan sampai salah
menuliskan nama para dosen penyidang!!!!
b. JIKA DINYATAKAN GAGAL
i. Perbaiki yang diminta oleh penyidang (dua orang dosen penyidang dan 1
pembimbing) pada skripsi anda, kembali ke pembimbing
ii. Daftar sidang berikutnya, diberi kesempatan sampai sidang yang ke tiga
Program Studi Teknik Informatika 17
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
HARDCOVER
Setelah dinyatakan lulus sidang, maka mahasiswa/i wajib menyerahkan hardcover dengan
spesifikasi sbb:
Cover :
Bentuk : Lihat Contoh
Font : TAHOMA
SIZE : 14 Point
Untuk Detil dari Lembar persetujuan dengan Huruf Tahoma size 10 point
Ukuran Kertas : Letter (8 ½ x 11 inch)
Berat : 80 gr
Margin
Top : 1 inch
Bottom : 1 inch
Left : 1.25 inch
Right : 1.25 inch
Isi
􀂃 Isi Skripsi dicetak dengan 1 Spasi tidak bolak balik
􀂃 Font yang digunakan adalah Tahoma dengan Size 10
􀂃 Margin sesuai dengan aturan penulisan
Pengumpulan Skripsi dalam Bentuk CD/DVD
Selain dalam bentuk Hard Cover, skripsi juga harus dikumpulkan dalam bentuk CD/DVD yang
berisi skripsi lengkap dan listing Program (source code) dengan Format PDF. Dengan bentuk
lihat contoh :
1. Dalam Bentuk Digital (Pdf) Dengan Isi lengkap Seperti yang terdapat dalam Hardcover yang
tergabung dalam 1 file. (isi dari mulai Cover Depan s/d Lampiran-lampiran,
termasuk Listing Program)
2. Untuk Lampiran yang berbentuk Dokumen Asli ( Masukan, Keluaran & surat Riset) di
dimasukan dengan cara di Scan
3. Untuk Lembar Persetujuan setelah sidang dimasukan yang sudah ditandatangani oleh
pembimbing, penguji dan pejabat Fakultas dengan cara di scan
4. File Pdf dibuat dengan Nama File Nim.Pdf (Contoh: 0511500000.pdf)
5. Cover CD harus dicek dan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing
6. Cover CD terbuat dari Stiker Kertas yang tidak Licin (Meresap Tinta) dengan bentuk seperti
Contoh dibawah.
Program Studi Teknik Informatika 18
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Logo
Berwarna
PENGGUNAAN MEDIA INTERNET UNTUK
MENGINDERAAN JARAK JAUH SEKALI
DI JAKARTA
NIM
NAMA MAHASISWA
Dosen Pembimbing
ttd
Nama Dosen Pembimbing
GASAL
2007/2008
FONT TAHOMA
10 POINT
Judul
Skripsi
Tanda Tangan
Dosen Pembimbing
Semester & Tahun
Ajaran Sidang
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN COVER CD
Program Studi Teknik Informatika 19
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
PENUTUP
1. Setiap peserta Skripsi wajib mengikuti aturan-aturan yang telah disebutkan sebelumnya
2. Hal-hal lain yang tidak tertulis didalam pedoman ini akan diberikan kemudian secara tertulis
ataupun secara lisan.
Jakarta, September 2007
Mengetahui,
Ketua Program Studi Dekan
Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi
Utomo Budiyanto, M.Kom, M.Sc Hari Soetanto, S.Kom, M.Sc
Program Studi Teknik Informatika 20
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
PENGGUNAAN MEDIA INTERNET UNTUK
MENGINDERAAN JARAK JAUH SEKALI
DI JAKARTA
Oleh
NAMA MAHASISWA
NIM : 0511500000
UNIVERSITAS BUDI LUHUR
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
JAKARTA
SEMESTER GASAL
2007/2008
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN COVER DEPAN
Program Studi Teknik Informatika 21
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
PENGGUNAAN MEDIA INTERNET UNTUK
MENGINDERAAN JARAK JAUH SEKALI
DI JAKARTA
TUGAS AKHIR
Diajukan untuk memenuhi persyaratan
guna memperoleh gelar Sarjana Komputer
Oleh
NAMA MAHASISWA
NIM : 0511500000
UNIVERSITAS BUDI LUHUR
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
JAKARTA
SEMESTER GASAL
2007/2008
i
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN COVER DALAM
Program Studi Teknik Informatika 22
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Universitas Budi Luhur
Fakultas Teknologi Informasi
TANDA PERSETUJUAN TUGAS AKHIR
Nama
: Nama Mahasiswa
Nomor Induk Mahasiswa
: 0011500000
Program Studi
: Teknik Informatika
Jenjang Studi
: Strata I
Judul : PENGGUNAAN MEDIA INTERNET UNTUK
MENGINDERAAN JARAK JAUH SEKALI
DI JAKARTA
Jakarta, 36 September 2040
Dosen Pembimbing
( Ir. Baik Hati, S.Kom, M.Sc )
Ketua Penguji
(Ir. Tua Sekali, M.Sc)
Anggota Penguji
(Ir. Ikutan menguji, M.Sc)
Dekan Fakultas
Teknologi Informasi
(Hari Soetanto, S.Kom, M.Sc)
Ketua Program Studi
Teknik Informatika
(Utomo Budiyanto, M.Kom, M.Sc)
ii
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN LEMBAR PERSETUJUAN
Program Studi Teknik Informatika 23
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
NIM
NAMA
:
:
0511500000
NAMAMAHASISWA
PENGGUNAAN MEDIA INTERNET UNTUK
MENGINDERAAN JARAK JAUH SEKALI
DI JAKARTA
GASAL
2007/2008
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN PUNGGUNG (HARDCOVER)
Program Studi Teknik Informatika 24
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
ABSTRAKSI
JUDUL
Cerita singkat, sekitar satu halaman, tentang apa yang dihadapi, dikerjakan, dan diselesaikan
iii
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN ABSTRAKSI
Program Studi Teknik Informatika 25
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
KATA PENGANTAR
Ungkapan hati penulis tentang apa yang telah dikerjakan, dan apa yang telah
diperoleh dari semua pihak.
1. Kepada Rektor Universitas Budi Luhur, DR. Ir. Paling Tua, M.Sc, M.Kom,
S.Kom, PhD
2. Kepada Dekan Fakultas Teknologi Informasi, DR. Ir. Masih Tertua, M.Sc, M.Kom, S.Kom, PhD
3. Kepada Ketua Program Studi Teknik Informatika, DR. Ir. Drs. Baik Hati
Sekali , M.Sc, M.Kom
4. Kepada dosen pembimbing skripsi , DR. Ir. Paling Canggih, Skom, M.Kom,
MSc, MSi, MM, MBA, PhD, atas bimbingannya ..dst..
5. dst
iv
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN KATA PENGANTAR
Program Studi Teknik Informatika 26
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1.1: xxxxxxx …………………………………………………………………………………………….. 99
Tabel 2.1: xxxxxxx …………………………………………………………………………………………….. 99
Keterangan:
Tabel 1.1 : Keterangan Tabel
Untuk nomor tabel dalam bab
Untuk tabel
v
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN DAFTAR TABEL
Program Studi Teknik Informatika 27
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 1.1: xxxxxxx ……………………………………………………………………………………… 99
Gambar 2.1: xxxxxxx ……………………………………………………………………………………… 99
Keterangan:
Gambar 1.1 : Keterangan Gambar
Untuk nomor gambar dalam bab
Untuk Bab
vi
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN DAFTAR GAMBAR
Program Studi Teknik Informatika 28
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
DAFTAR SIMBOL
vii
Menjelaskan simbol-simbol yang dipakai
Misal : flowchart dan Atau ERD
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN DAFTAR SIMBOL
Program Studi Teknik Informatika 29
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
DAFTAR ISI
Halaman
Lembar Judul ………………………………………………………………………………………………....... i
Lembar Persetujuan ………………………………………………………………………….…………....... ii
Abstraksi …………………………………..........................…………………………………………...... ii
Kata Pengantar ………………………………............................…………………………………...... iv
Daftar Tabel …..……………………………………………………........................…….…………...... v
Daftar Gambar ……………………………………........................……………………..…………..... vi
Daftar Simbol ………………….......................……………………………………………………...... vii
Daftar Isi ………………………………………………………………………………………….…………..... viii
BAB I : Pendahuluan ……………………………..…………………………………………….…………... 1
1. Latar belakang …………………………………………………………………………....... 2
2. Masalah
3. Tujuan Penulisan
4. Batasan Permasalahan
5. Sistematika Penulisan
BAB II : Landasan Teori ……
1. ……..
a. ……….
b. …..
1) …..
BAB III : Permasalahan ………
BAB IV :Implementasi/Pemecahan Masalah ………………
BAB V : Penutup ……………………………………..
1. Kesimpulan ……………………………
2. Saran ……………….
Daftar Pustaka ……………………………………………………………………
Lampiran-lampiran ……………………………………………………………….
viii
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN DAFTAR ISI
Program Studi Teknik Informatika 30
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
SURAT KETERANGAN
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Prof. DR. Kepala Bagian MBA, MM, M.Kom,M.Sc
Jabatan : Kepala Bagian Riset dan Penelitian
menerangkan bahwa:
Nama :
N I M :
telah melaksanakan riset pada bagian Riset dan Penelitian UNIVERSITAS BUDI LUHUR sejak
tanggal awal riset s/d akhir riset dengan baik.
Demikian Surat Keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan semestinya.
Dibuat di : Jakarta
Tanggal : 99 bulan 9999
Prof. DR. Kepala Bagian MBA, MM, M.Kom,M.Sc
UNIVERSITAS BUDI LUHUR
Jl. Ciledug Raya – Petukangan Utara – Kebayoran Lama , Jakarta selatan 12260
Telp. (021) 5853753 – Fax. (021) 5853752
CONTOH LAYOUT:
SURAT KETERANGAN SELESAI RISET
Program Studi Teknik Informatika 31
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Daftar Nama Dosen Pembimbing dan Penguji Tugas Akhir
Semester Gasal Tahun ajaran 2007/2008 Program Studi Teknik Informatika
( September 2007 )
No. Nama
1. Hari Soetanto, S.Kom, M.Sc
2. Ir. Siswanto,MM
3. M. Syafrullah, M.Kom, M.Sc
4. Mardi Hardjianto, M.Kom
5. Noni Juliasari,M.Kom
6. Subandi, M.Kom
7. Utomo Budiyanto, M.Kom,M.Sc
Daftar Nama Pejabat Fakultas Teknologi Informasi yang Mengesahkan Tugas Akhir :
No. Nama Jabatan
1. Hari Soetanto, S.Kom, M.Sc Dekan Fakultas Teknologi Informasi
2. Utomo Budiyanto, M.Kom,M.Sc Ketua Program Studi Teknik Informatika
3. Brury Trya Sartana, S.Kom, MM Ketua Program Studi Sistem Informasi (S1)
Ketua Program Studi Manajemen Informatika (D3)
4. Deni Mahdiana, S.Kom, MM Ketua Program Studi Komputerisasi Akuntansi
5. Ir. Yan Everhard, MT Ketua Program Studi Sistem Komputer

UGM - PANDUAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN, SKRIPSI, DAN LAPORAN KP - Jurusan Teknik Fisika Fakultas Teknik

PENGANTAR

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah hasil penelitian mandiri untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh derajat kesarjanaan S-1 pada Jurusan Teknik Fisika Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Sebelum menjalankan penelitian, mahasiswa wajib membuat usulan penelitian yang kemudian harus diseminarkan. Usulan penelitian yang telah disetujui kemudian dilaksanakan oleh mahasiswa dan hasilnya disusun menjadi skripsi. Semua kegiatan itu ditunjang oleh kemahiran menulis secara ilmiah.

Untuk memperoleh keseragaman dalam penulisan, maka adanya Panduan Penulisan Usulan Skripsi dan Skripsi sangat diperlukan. Buku ini menyajikan garis-garis besar cara penulisan usulan penelitian, skripsi, dan laporan kerja praktek. Di samping itu juga diberikan tata cara penulisan dan beberapa contoh.

Isi panduan ini dibagi menjadi 5, yaitu:

  1. Usulan penelitian skripsi,
  2. Panduan penulisan skripsi,
  3. Panduan penulisan laporan kerja praktek,
  4. Tata cara penulisan, dan
  5. Lampiran yang memuat contoh-contoh.

Dalam batas-batas tertentu, kebebasan tetap diberikan kepada setiap program studi, terutama yang memang merupakan kekhasan bagi bidang studi itu

PENGERTIAN & TUJUAN

Salah satu kegiatan pendidikan mahasiswa di perguruan tinggi adalah melakukan penelitian. Hasil penelitian ini disusun dalam suatu karya ilmiah untuk dipertanggungjawabkan pada akhir program pendidikannya. Karya ilmiah ini disebut skripsi. Dengan demikian skripsi merupakan karya ilmiah yang disusun berdasarkan hasil penelitian di perpustakaan, di lapangan atau di laboratorium.

Penelitian ini merupakan suatu kegiatan ilmiah yang diarahkan untuk mengembangkan pengetahuan dengan menggunakan berbagai informasi dan metodologi dalam bidang ilmu yang melingkupinya.
Dalam kegiatan tersebut mahasiswa dituntut mengerahkan kemahiran berpikir, bersikap dan bertindak dalam usaha menggali dan mengembangkan pengetahuan yang baru untuk disumbangkan dalam bidang keahliannya. Selain itu dituntut untuk menerapkan kaidah dan etika ilmiah yang berlaku di lingkungan masyarakat ilmiah.

Dalam kaitan itu, peran Dosen dan Mahasiswa dalam Tugas Akhir dapat ditunjukkan melalui distribusi kontribusinya. Berdasarkan pengalaman, kontribusi masing-masing sangat bervariasi. Tabel berikut memberikan gambaran kontribusi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan Tugas Akhir Kontribusi
Dosen Mahasiswa
Penentuan Topik dan Tema 20 - 100 % 0 - 80 %
Perencanaan Penelitian 20 - 80 % 20 - 80 %
Pelaksanaan Penelitian 0 - 30 % 70 - 100%
Penyusunan Laporan 10 - 20 % 80 - 90 %
Presentasi 10 - 20 % 80 - 90 %

Tujuan dari Tugas Akhir adalah :

  1. memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan dalam mengindentifikasi, memformulasi, dan menyelesaikan masalah iptek,
  2. sebagai ujian akhir untuk memperoleh kualifikasi Sarjana S-1,
  3. membantu research and development di institusi perguruan tinggi dan institusi mitra.

Kegiatan Tugas Akhir hendaknya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh mahasiswa untuk melengkapi pengetahuan dan kemampuannya agar menjadi Sarjana Teknik yang :

  1. mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains dan keteknikan,
  2. mampu merancang dan melakukan eksperimen dan juga menganalisis dan menginterpretasikan data,
  3. mampu merancang sistem, komponen atau proses sesuai tuntutan yang dikehendaki,
  4. mampu mengidentifikasi, memformulasi dan menyelesaikan masalah keteknikan.

PROSEDUR MAHASISWA MELAKUKAN TUGAS AKHIR

  1. Telah menempuh minimal 100 SKS dan sudah lulus semua matakuliah pendukung.
  2. Telah mengikuti mata kuliah Metodologi Penelitian.
  3. Telah menyelesaikan Kerja Praktek.
  4. Mahasiswa menyerahkan proposal ke bagian Pengajaran dan membuat kesepakatan untuk jadual seminar pra proposal dengan syarat :
    1. harus dihadiri oleh dosen yang pernah ditemui untuk konsultasi (calon pembimbing)
    2. harus dihadiri minimal satu dosen selain dosen calon pembimbing
  5. Jika dinyatakan lolos dari seminar pra proposal, mahasiswa mengambil formulir melakukan tugas akhir di bagian pengajaran dan meminta tanda tangan ke dosen pembimbing I dan Pembimbing II. Tetapi jika tidak dinyatakan lolos, maka harus mengulang seminar pra proposal.
  6. Mahasiswa menyerahkan formulir pendaftaran tugas akhir yang telah ditandatangani dosen pembimbing ke bagian pengajaran untuk dibuatkan surat ijin penelitian dan surat keputusan penunjukkan dosen pembimbing untuk dosen pembimbing.
  7. Mahasiswa menyerahkan/mengirim surat ijin penelitian pada tempat yang dituju dan surat keputusan penunjukkan dosen pembimbing untuk dosen pembimbing.
  8. Mahasiswa melaksanakan penelitian paling lama 6 (enam) bulan.
  9. Mahasiswa konsultasi ke dosen pembimbing minimal 5 (lima) kali (tatap muka 2 kali + cara lain).
  10. Selesai penelitian mahasiswa memohon persetujuan dosen pembimbing untuk melakukan seminar pra pendadaran dengan syarat sudah mengikuti minimal 5 (lima) kali seminar pra pendadaran.
  11. Mahasiswa mengambil formulir seminar pra pendadaran di bagian pengajaran dan meminta tanda tangan dosen pembimbing I dan dosen pembimbing II untuk pengajuan seminar pra pendadaran.
  12. Setelah selesai seminar, mahasiswa ke bagian pengajaran mengembalikan berkas-berkas seminar pra pendadaran
  13. Untuk ujian pendadaran mahasiswa harus menyerahkan 4 eksemplar skripsi yang telah disetujui oleh dosen pembimbing satu minggu sebelumnya untuk dibuatkan undangan ujian pendadaran.
  14. Mahasiswa melaksanakan ujian pendadaran.
  15. Batas waktu rangkaian pelaksanaan tugas akhir dari penyusunan proposal sampai dengan ujian pendadaran adalah 1 tahun. Apabila tugas akhir diselessaikan lebih dari 1 tahun, diberlakukan batas nilai maksimal B.

PEMBIMBING

Pembimbing I adalah dosen atau peneliti yang sudah memenuhi syarat berikut ini:

  • Bergelar Profesor
  • Pendidikan terakhir S-3 atau bergelar Dr.
  • Pendidikan terakhir S-2 atau bergelar Master
  • Pendidikan terakhir S-1 dan minimal Gol. III/B

Kualifikasi untuk Pembimbing II adalah sama dengan kualifikasi pembimbing I (untuk dosen Jurusan Teknik Fisika), sedangkan untuk Pembimbing II dari luar Jurusan Teknik Fisika adalah sebagai berikut:

  • Bergelar Profesor
  • Pendidikan terakhir S-3 atau bergelar Dr.
  • Pendidikan terakhir S-2 atau bergelar Master Pendidikan terakhir S-1 yang sudah memiliki pengalaman pada bidang yang relevan minimal 5 (lima) tahun.

Jika Pembimbing I dari luar Jurusan Teknik Fisika, maka sebagai Pembimbing II harus dari dalam Jurusan Teknik Fisika.

Tuesday, September 25, 2007

Download Skripsi? Berikut cara membuat skripsi.

Banyak mahasiswa yang kesulitan atau kebingungan pada saat menulis skripsi. Bahkan, tidak jarang mahasiswa yang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan skripsi sebagai syarat lulus dari kuliah. Berhubung saya sudah berhasil menyelesaikan skripsi saya yang berjudul “Konversi Teks Ke Ucapan Bahasa Indonesia Pada Telepon Seluler” atau “Text-to-speech Conversion Using Indonesian Pronunciation On Cellular Telephone” (lulus cumlaude), maka saya berinisitif menulis panduan skripsi ini. Tentu saja saya merujuk pada beberapa tulisan antara lain tulisan Bapak Budi Rahardjo yang saya tambahkan berdasarkan pengalaman saya di Computer Science Universitas Gadjah Mada.

1. Tentukan tema dan judul dari skripsi

Tentu saja yang paling awal dan penting adalah memikirkan judul dan topik dari skripsi kita. Menurut saya, hal ini adalah yang terpenting dan bisa jadi memakan waktu paling lama dalam pembuatan skripsi. Pastikan bahwa judul itu belum ada yang nyamain. Untuk mengecek, bisa dicoba mencari di perpus mipa yang menyimpan skripsi. Agar gampang, bisa nyari di sistem informasi perpus. Harus dipastikan juga agar judul kita itu itu ga ada “versi keduanya” di dunia ilmiah dengan mencari lewat google (jangan lupa untuk mencari dengan versi inggrisnya)

2. Struktur Skripsi

“Struktur Resmi” di mipa (khususnya Ilmu Komputer UGM) yang saya ketahui adalah:

judul

lembar pengesahan

persembahan

kata pengantar

intisari

abstract

daftar isi

daftar gambar

daftar tabel

bab 1 pendahuluan

1.1.latar belakang

1.2.rumusan masalah

1.3.Ruang lingkup dan batasan masalah

1.4.tujuan penulisan

1.5.manfaat penulisan

1.6.tinjauan pustaka

1.7.metodologi penelitian

1.studi literatur

2.analisis kebutuhan

3.perancangan sistem

4.implementasi sistem

5.testing sistem

1.8.sistematika penulisan

bab 2 dasar teori

bab 3 rancangan sistem

bab 4 implementasi sistem

bab 5 pengujian dan hasil

bab 6 penutup

6.1.kesimpulan

6.2.saran

daftar pustaka

Ada kebiasaan berbeda antara dosen di ilmu komputer ugm. Ada yang meminta untuk dibuatkan proposal kemudian ditanda tangani dosen yang bersangkutan. Ada pula dosen yang tidak meminta proposal. Kalau ada yang meminta proposal itu berarti buatkan bab 1 nya. Hanya saja pada proposal tidak disertai penulisan bab 1.

2.A. Tinjauan pustaka (poin 1.6) yang saya maksudkan di atas tidak sama dengan daftar pustaka. Tinjauan pustaka berisi ringkasan isi (benar-benar ringkas) dari buku-buku/paper-paper yang anda rujuk.

Contoh tinjauan pustaka adalah sebagai berikut:

Alan W. Black dan Kevin A Lenzo dari universitas Carnegie Mellon (Black, 2006), pada tulisannya yang berjudul Multilingual Text To Speech System membahas tentang suatu framework Text To Speech yang dapat menggunakan berbagai macam bahasa (dengan catatan bahasa-bahasa tersebut memiliki aturan-aturan yang berbeda satu sama lain). Selain itu, Allan W Black (universitas Carnegie Mellon) dan Kishore Prahallad (International Institute of Technology, Hyderabad) (Prahallad, 2005) dalam jurnalnya yang berjudul A Text To Speech Interface For Universal Digital Library, menyebutkan tentang fungsi Text To Speech sebagai interface dari sebuah perpustakaan digital yang menggunakan bahasa India dengan bermacam-macam dialek (Assamese, Tamil, Malayalam, Gujarati, Telugu, Oriya, Urdu, dan sebagainya). Arry Akhmad Arman, (Arman, 2004) dari Departemen Teknik Elekro Institut Teknologi Bandung dalam tulisannya Konversi Dari Teks Ke Ucapan melakukan penelitian tentang konversi dari teks ke ucapan. Pada penelitian tersebut dibahas tentang bagian-bagian dari sistem Text To Speech secara keseluruhan. Pada hasil tulisan Arry yang berjudul Teknologi Pemrosesan Bahasa Alami Sebagai Teknologi Kunci untuk meningkatkan Cara Interaksi Antara Manusia Dengan Mesin juga dibahas keuntungan-keuntungan yang didapatkan dari sebuah sistem text to speech.

2.B. Penulisan Bagian intisari atau Abstrak

Intisari merupakan rangkuman dari isi tulisan dalam format yang sangat singkat. Intisari dituliskan menggunakan bahasa Indonesia sedangkan abstrak dengan bahasa Inggris. Dengan membaca intisari/abstrak sesorang harus dapat mengetahui isi tulisan Anda. Jika isinya cocok,maka dia dapat membaca lebih lanjut.Jika isinya tidak cocok, maka dia bisa mencari tulisan lain. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghemat waktu dari para pembaca.Ketika Anda sedang melakukan penelitian maka Anda akan berterimakasih kepada penulis yang menuliskan intisari/abstraknya dengan baik.Jadi,

Tulislah intisari/abstrak dengan baik.Untuk makalah, biasanya intisari/abstrak itu hanya terdiri dari satu atau dua paragraf saja. Sementara itu untuk thesis dan tugas akhir,intisari/abstrak dibatasi satu halaman.

2.C. Penulisan Daftar Pustaka

Sengaja saya mencantumkan 2 contoh daftar pustaka, yang pertama adalah untuk buku, sedangkan yang kedua adalah untuk paper yang ditemukan dari internet

(Hariyanto, 2004) Hariyanto, 2004. Teori Bahasa, Otomata, dan Komputasi serta terapannya. Informatika Bandung.

(Black, 2006) A. Black dan K. Lenzo, 2006. Multilingual Text To Speech System, www.cs.cmu.edu/~awb/papers/icassp2004/mtts.pdf, diakses tanggal 25 Maret 2006.

2.D. Penulisan kesimpulan

1. Jangan menulis kesimpulan yang merupakan suatu pengetahuan umum. Jika tanpa penelitian Anda orang sudah dapat menarik kesimpulan maka “temuan” Anda tersebut mungkin tidak layak masuk kebagian kesimpulan. Mungkin dia sudah menjadi pengetahuan umum.

2. Hal-hal yang dituliskan pada bab 6.1. (kesimpulan) semestinya sudah muncul pada bagian isi. Akan aneh jika Anda mengambil kesimpulan yang tidak pernah muncul dalam bab sebelumnya. Bagaimana Anda bisa sampai kepada kesimpulan tersebut?

3. Kesimpulan seharusnya merupakan hasil penelitian anda.

Jangan lupa, struktur yang tepat adalah struktur dengan pendahuluan dan teori-teori pendukung yang sedikit. Arahkan pembaca untuk membaca buku referensi saja.

3. Persoalan layout dan penulisan

a. Ukuran halaman yang resmi adalah ukuran A4 dengan margin sebagai berikut: top=1,25 bottom= 1,18 left=1,58 right=1,18. Font yang resmi digunakan adalah Times new roman ukuran 12 dengan line spacing double. Pada tulisan yang berhubungan dengan komputer, mislanya dalam penulisan kode program, gunakan font courier. Dan jangan gunakan font-font yang terlalu banyak, PERLU DIINGAT anda sedang menulis paper ilmiah atau skripsi dan bukan SURAT UNTUK PACAR.

b. Penulisan caption

Caption tabel selalu terletak di atas tabel yang dimaksudkan. Sedangkan caption gambar terletak di bawah dari gambar yang dimaksudkan. Tabel maupun gambar yang ada ”harus ada yang menunjuk” pada tulisan dengan jelas (disertai nomornya).

c. Jangan membuat kalimat yang amat sangat panjang. Perhatikan pemakaian kata ”yang” dan koma yang berulang kali.

d. Hemat kata-kata dan langsung to the point. Jangan klemar-klemer.

e.Jangan membuat kalimat yang tidak ada subjeknya. Perhatikan penggunaan kata ”yaitu”. Jangan gunakan kata yaitu sebagai subjek.

f. Menuliskan istilah asing dengan huruf miring