Saturday, October 29, 2011

Re: [beasiswa] [butuh info] beasiswa S2 di Jerman

 

Salam Mas Pramudya,

Mengenai beasiswa di Jerman, ada beberapa cara yang bisa ditempuh:
1. Melalui institusi "milik' pemerintah Jerman seperti DAAD, INWENT dsb.
2. Melalui beasiswa "Stiftungen" alias beasiswa yang disediakan oleh yayasan-yayasan nirlaba di Jerman seperti Alexander von Humboldt Stiftung, Konrad Adeneur Stiftung, Friedrich-Ebert Stiftung, Robert Bosch Stiftung dll. 
3. Melalui institusi non-pemerintah Jerman lainnya seperti KAAD.
4. Melalui beasiswa universitas/mekanisme Hilfskraft atau Mitarbeiter, seperti research asistant atau tenaga akademik paruh waktu di institut tempat kita melakukan studi.

Biasanya kita di Indonesia jauh lebih mengenal DAAD sebagai penyedia beasiswa ke Jerman. Ini wajar karena institusi-institusi Jerman kurang terbiasa berpromosi jor-joran tentang beasiswa. So, kita yang harus agresif untuk memperoleh informasi mengenai beasiswa-beasiswa tersebut. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai pilihan bidang studi utk melanjutkan sekolah karena masing-masing pemberi beasiswa memiliki fokus-fokus tertentu untuk pemberian beasiswa.

Mengenai bahasa Jerman, mau nggak mau memang Mas Pramudya harus bersiap terlebih dahulu. Pengalaman saya saat jadi scholars DAAD, hal ini tidak terlalu jadi masalah karena DAAD menyediakan kursus persiapan bahasa Jerman sebelum memulai studi. Ada yg kursusnya dilakukan di Jakarta/Goethe Institut dan ada juga yang dilakukan di Jerman. Walaupun nantinya course yang kita ambil adalah international studienprogramm, namun tetap saja bahasa Jerman diperlukan untuk aktivitas sehari-hari/survive.

Demikian saja info-nya, semoga bermanfaat.

Hafiz Rahman
Huddersfield - UK



From: Pramudya <pramudyaarif@yahoo.com>
To: beasiswa@yahoogroups.com
Sent: Friday, October 28, 2011 1:56 PM
Subject: [beasiswa] [butuh info] beasiswa S2 di Jerman

 
Salam...
mohon maaf sebelumnya. Saya masih tergolong awam dalam hal mencari beasiswa. ada yang mau berbagi informasi beasiswa Master di Jerman? Dari beberapa kali googling dan tanya-tanya,sebagian besar jawaban mengatakan kalau butuh sertifikat bahasa Jerman juga. Padahal,kalau mengambil kursus bahasa Jerman,Saya sedikit terbentur masalah biaya..terima kasih







__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___