Monday, January 30, 2012

Bls: [beasiswa] Re: "[BUTUH INFO] Ingin Menjadi Dosen tetapi Jurusan S1 dgn S2 Tidak

 

Dear All,

Sedikit sharing berdasarkan pengalaman sy sbg dosen PNS. Yg dimaksud dgn linier, misalnya, jika S1 nya Jurusan Sosiologi  dan S2nya juga Sosiologi. Kondisi ini jika S2nya di Indonesia. Jika masternya di LN (krn beasiswa misalnya) belum tentu jurusannya Sosiologi. Bisa jadi masternya adalah, misalnya, Development Studies. Untuk kasus ini akan dipertimbangkan berdasarkan penyetaraan ijazah dari Dikti & pertimbangan dari Panitia Seleksi CPNS.

Khusus untuk seleksi CPNS Dosen memang seringkali ketat peraturan linier tsb (dlm hal ini kasusnya adalah S1, S2nya lulusan dalam negeri). Ada pengecualian non linier antara S1 dan S2 kalau seseorang sdh pernah menjadi asisten dosen/dosen luar biasa selama beberapa tahun.Biasanya sdh ditentukan bhw kandidat yg non linier tsb akan diprioritaskan untuk lulus krn sdh diketahui rekam jejak, team work, dll.

Salam,

RH


Dari: Ref <ref_mone@yahoo.com>
Kepada: beasiswa@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 26 Januari 2012 8:58
Judul: [beasiswa] Re: "[BUTUH INFO] Ingin Menjadi Dosen tetapi Jurusan S1 dgn S2 Tidak

 
Ini share pengalaman pribadi:
Saya dosen UIdengan status non pns. S1 saya manajemen dengan konsentrasi manajemen sdm, dan S2 saya psikologi terapan sdm.
Beberapa tahun lalu saya daftar seleksi PNS dan sampai tahap wawancara. Pada akhirnya saya gagal; dari informasi yang saya dapatkan karena Departemen khawatir S2 saya tidak linear.
Berikutnya saya mengambil MBA (harusnya sudah linear ya) dan tahun lalu daftar seleksi PNS lagi, sampai wawancara lagi, and again...gagal lagi..hehe (kesimpulannya saya tidak diterima bukan karena linear atau tidak).
Tahun lalu juga kebetulan program studi kami dikunjungi oleh orang Dikti untuk akreditasi. Dalam kesempatan tersebut, mereka 'mempertanyakan' beberapa dosen kami yang tidak linear. Dalam hal ini mereka melihat gelar/ijazah.
Padahal menurut saya linearity seharusnya dilihat dari bidang keilmuan; sebagai contoh manajemen banyak sekali menerima kontribusi dari cabang ilmu lain seperti psikologi, sosiologi, komunikasi dsb. Malah seharusnya bagus bila kita juga memahami bidang ilmu lain selama itu terkait dengan keahlian kita.
Kesimpulannya, silakan memperhatikan persyaratan administrasi dari Dikti tanpa harus mengorbankan interest dan bidang keahlian kita.

Best,
Mone Stepanus

--- In beasiswa@yahoogroups.com, frangky fritsgerald <fritsgerald@...> wrote:
>
> mungkin saya bisa bantu memberikan informasi.
>
> mengenai masalah yang dihadapi teman-teman tentang linier atau tidak, patokannya dimana, dan apakah ada pengaruhnya?.
>
> memang sekarang ini, diharuskan seseorang jika ingin menjadi dosen maka lebih baik harus linier. karena akan menunjang karir dan sertifikasinya. akan tetapi, linier atau tidak sebenarnya dinilai dari kompetensi yang kita miliki, misal seseorang memiliki sarjana s1 adalah pertanian, dan s2nya adalah manajemen ekonomi. apakah itu tidak linier?. tergantung pada saat s2nya tersebut konsentrasinya mengarah kemana, misal yang di dalami adalah "kajian mengenai perusahaan pengelolaan sawit, or masih ada hubungannya dengan s1 maka dapat dikatakan linier, demikian pula saat dia memenuhi syarat untuk perolehan derajat s3 ada hubungannya gak dengan s1 dan s2.
>
>
> setahu saya, pihak DIKTI dalam pemberian sertifikasi dosen, banyak faktor yang dinilai, salah satunya adalah data diri, dan publikasi. yang di dalamnya ada uraian mengenai kompetensi kita, jika ada hubungan mulai dari s1 - s3, maka di kategorikan linier. demikian juga dengan publikasi-publikasi yang diterbitkan apakah sudah terwakili kompetensi kita, semuanya itu akan dinilai.
>
>
>
> salam hangat
> fritsgerald
>



__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___