Hanya Untuk Kepentingan Program Studi Teknik Informatika FTI - UBL
GASAL 2007/2008
September 2007
Daftar Isi
Jadwal 1
Jenis Skripsi 2
1. Skripsi Program 2
2. Skripsi Interface 2
Pedoman Umum Penulisan 3
1. Isi Skripsi 3
2. Isi Umum Tiap Bab 3
a. Bab I: Pendahuluan 3
b. Bab II: Landasan Teori 3
c. Skripsi Program 3
d. Skripsi Interface 4
e. Bab V: Penutup 5
3. Format Penulisan 5
a. Umum 5
b. Sampul dan Kertas 5
c. Pengetikan 6
d. Kutipan 7
e. Daftar Pustaka 8
f. Susunan Penulisan 9
g. Penulisan Point-Point Dalam Skripsi 9
Pedoman Detail Penulisan 10
1. Skripsi Sistem Pakar 10
2. Skripsi Sistem Informasi Geografis 11
3. Skripsi SMS Gateway 12
4. Skripsi Enkripsi/Dekripsi + Kompresi 13
Sidang 13
1. Sarana 14
2. Lama Sidang 14
3. Kelengkapan Sidang 14
4. Aturan Umum yang Menggagalkan Sidang 14
5. Penilaian 14
a. Komponen Penilaian 14
b. Grade 15
c. Batas Maksimal Nilai Kelulusan 15
6. Setelah Sidang 16
Hardcover 17
Contoh Layout Halaman Cover CD 18
Penutup 19
Contoh Layout: Halaman Cover Depan 20
Contoh Layout: Halaman Cover Dalam 21
Contoh Layout: Halaman Lembar Persetujuan 22
Contoh Layout: Halaman Punggung (Hardcover) 23
Contoh Layout: Halaman Abstraksi 24
Contoh Layout: Halaman Kata Pengantar 25
Contoh Layout: Halaman Daftar Tabel 26
Contoh Layout: Halaman Daftar Gambar 27
Contoh Layout: Halaman Daftar Simbol 28
Contoh Layout: Halaman Daftar Isi 29
Contoh Layout: Surat Keterangan Selesai Riset 30
Daftar Nama Dosen Pembimbing/Penguji TI/Pejabat FTI 31
Program Studi Teknik Informatika 1
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
JADWAL
Tanggal penting yang berhubungan dengan Skripsi periode semester Gasal 2007/2008
(September 2007)
10 – 14 September 2007, Briefing masing-masing dosen pembimbing
17 September – 21 Desember 2007, Bimbingan
26 Desember – 31 Desember 2007, Pendaftaran Sidang
7 Januari 2008, Sidang pertama
Program Studi Teknik Informatika 2
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
JENIS SKRIPSI
Untuk Skripsi periode semester GASAL 2007/2008, jenis Skripsi yang diijinkan adalah:
1. SKRIPSI PROGRAM
Skripsi yang isinya adalah Pembuatan program (perangkat lunak/Software) yang berkaitan
dengan ilmu-ilmu dasar komputer, misal:
Teknik kompilasi (parsing, scanning)
Pengenalan kata–kalimat maupun string, penggunakan prinsip bahasa pemrograman
dasar, otomata dan kompiler
Struktur data (searching, sorting )
misalnya implementasi kedalam search-engine
Sistem pakar
Untuk sistem pakar program yang dibuat harus berbasis web, bisa menampilkan
gambar, database bersifat dinamis-dapat diupdate maupun ditambahkan, rulebase
80 dengan Minimal level sampai 5
G I S (Sistem Informasi Geografis)
Program harus berbasis web dan dapat menunjukkan kemampuan gambar untuk
memberikan informasi secara terkait (antara gambar dengan informasi), gambar
dapat dimanipulasi
Artificial Intelligence
Misalnya permainan strategi (catur, othello, dll), lebih di tonjolkan metodenya dan
diimplementasikan kedalam game yang dibuat
Artificial Neural Network
Misalnya pengenalan suara, karakter, dll
Networking
Misal: Remote akses, controlling
Mobile Application
Aplikasi yang memanfaatkan perangkat mobile, misal: SMS Gateway
dll
2. SKRIPSI INTERFACE (demo untuk software)
Skripsi yang isinya adalah Pembuatan suatu interface/program antara hardware dan software
– titik berat pada pembuatan software, harus ada CNC (computer numeric control),
maksudnya adalah komputer bukanlah seperti ‘joystick’
Misalnya:
Pemanfaatan PPI 8255 sebagai interface.
Pemanfaatan serial, paralel dan game port sebagai interface.
Contoh aplikasi:
Sensor suhu, kelembaban udara, cahaya yang dapat dipakai sebagai suatu pengontrolan
Pengiriman data dari port ke suatu alat.
Catatan:
Titik berat pada perangkat lunak/software – (harus mengerti mengenai ke hardwarenya
yang dibuat)
Program Studi Teknik Informatika 3
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
PEDOMAN UMUM PENULISAN
1. ISI SKRIPSI
Secara umum sebuah Skripsi mengandung isi sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
BAB II LANDASAN TEORI
BAB III ANALISA MASALAH DAN RANCANGAN PROGRAM
BAB IV IMPLEMENTASI DAN ANALISA HASIL UJI COBA PROGRAM
BAB V PENUTUP
2. ISI UMUM TIAP BAB
a. BAB I: PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Berisikan area/bidang apa skripsi yang dibangun/dirancang/dibuat
2. MASALAH
Gambaran umum permasalahan yang dihadapi/timbul (penjabaran persoalan)
3. TUJUAN PENULISAN
Gambaran tentang apa yang ingin dicapai (penegasan mengenai judul)
4. RUANG LINGKUP / PEMBATASAN MASALAH
Lingkup permasalahan yang dibahas dan batasan penyelesaian yang dilakukan
5. METODA PENGEMBANGAN / METODA PERANCANGAN / METODA
EKSPERIMEN
Sangat tergantung pada jenis skripsi:
Bagaimana program dikembangkan (untuk skripsi program)
Bagaimana Interface dikembangkan (untuk skripsi hardware/Software)
Bagaimana sebuah eksperimen dilakukan
6. SISTEMATIKA PENULISAN
Uraian singkat isi Bab per Bab (Berdasarkan pertopik); untuk bab judul bab III
dan bab IV disesuaikan dengan skripsi yang dibuat
b. BAB II: LANDASAN TEORI
Berisikan semua penjelasan tentang teori/metodologi/komponen yang digunakan
Catatan:
Semua Pembahasan yang menyangkut teori (topik skripsi) dengan teori yang relevan
harus ditulis di BAB-II ini
c. SKRIPSI PROGRAM
1) BAB III: PERMASALAHAN DAN RANCANGAN ALGORITMA/PROGRAM
YANG AKAN DIBUAT BERDASARKAN MASALAH YANG ADA
Program Studi Teknik Informatika 4
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Berisikan uraian tentang bagaimana program dikembangkan, paling tidak harus
memuat:
Lingkungan yang dipakai untuk mengembangkan program
o Jenis perangkat lunak yang dipakai
o Sistem operasi yang dipakai dan jenis komputer yang digunakan
ataupun yang dapat diterapkan dari program yang dibuat
Strategi pemecahan masalah
Struktur data yang digunakan
o Diagram E-R
o Tabel-tabel data yang dibuat
Rancangan layar harus sesuai dengan judul yang dipilih
Flowchart dan atau algoritma
Algoritma dari program
o Flowchart dan algoritma saling terkait, setiap flowchart dilanjutkan
dengan algoritma
Catatan: Rancangan layar , flowchart dilanjutkan dengan algoritma
2) BAB IV: IMPLEMENTASI DAN ANALISA PROGRAM YANG DIBUAT
Berisikan uraian tentang jalannya uji coba bertahap program yang dikembangkan.
Bab ini minimal berisi:
Hal-hal ini yang istimewa/khusus/ menonjol dari program yang
dikembangkan
Jalannya uji coba
o Penjelasan tentang bagaimana caranya menjalankan program
o Penjelasan tentang interaksi yang harus dilakukan antara pemakai
dengan program yang dibuat
o Tampilan layar
Implementasi
o Hardware/Software yang dibutuhkan
Analisa hasil yang dicapai oleh program yang dikembangkan
d. SKRIPSI INTERFACE
1) BAB III: RANCANGAN SISTEM INTERFACE (TERGANTUNG DARI YANG
DIBUAT)
Berisikan uraian tentang bagaimana interface dikembangkan, paling tidak harus
memuat:
Lingkungan yang dipakai untuk mengembangkan Perangkat keras
o Alasan pemilihan interface yang dipakai
Misal: melalui port serial atau pararel
o Hal-hal ini yang istimewa/khusus/menonjol dari interface yang
dikembangkan
Rangkaian/diagram dari perangkat keras yang dipakai ; hubungan antara
komputer dengan interface yang dikembangkan; misalnya penggunaan
pararel port atau serial port ataupun port-port yang lainnya
Strategi pemecahan masalah
Gambaran garis besar dari interface- yang akan dipasang ke-komputer
Flowchart sistem maupun flowchart program
Algoritma yang dipakai
Program Studi Teknik Informatika 5
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
o Jenis perangkat lunak yang diperlukan
o Jenis komputer dan operating system yang dapat mendukung
pembuatan sistem interface tersebut
Kalau terdapat hubungan antar tabel (tabel data lebih dari 1 dan
berhubungan) - harus dibuat;
o Diagram E-R
o Tabel-tabel data yang dibuat
2) BAB IV: IMPLEMENTASI DAN ANALISA HASIL UJI COBA
Uraian tentang jalannya uji coba bertahap perangkat keras yang dikembangkan.
Bab ini minimal berisi:
Jalannya uji coba
o Penjelasan tentang bagaimana cara menginstalasi interface yang
dikembangkan
o Penjelasan tentang bagaimana cara inisialisasi perangkat lunak
pendukung / digunakan
o Penjelasan tentang tata cara uji-coba interface yang dirancang
o Tampilan layar
o Program Interface yang digunakan, dalam perbandingan program
lebih ditekankan dari pada hardwarenya
o Hasil yang didapat saat uji coba (perlu – sudah dicoba dan
diterapkan)
Analisa hasil yang dicapai dari interface (rancangan) yang dibuat
e. BAB V: PENUTUP
Berisikan:
1) Kesimpulan
Yang diambil dari isi bab III dan bab IV dan harus konsisten dengan tujuan penulisan
serta harus mencerminkan terpecahkan tidak masalah yang dibahas di bab I.
2) Saran merupakan hal-hal yang susah/belum dibuat dalam Skripsi yang dibuat
3. FORMAT PENULISAN
a. UMUM
Isi BAB-1 sampai dengan BAB-5 Minimum 40 halaman, tidak termasuk lampiranlampiran
pelengkap
Total halaman BAB III + BAB IV lebih besar (jumlah halaman) dari jumlah BAB I +
BAB II + BAB V
Pada halaman yang hanya berisikan gambar/flowchart saja tidak dihitung sebagai
halaman
b. SAMPUL DAN KERTAS
Sampul (soft cover) diketik pada kertas buffalo dengan warna biru tua
Naskah diketik pada kertas yang memenuhi persyaratan standar baku:
Kertas HVS (atau sejenis) 80 gr, warna putih dan diketik 1 muka (tidak bolak-balik)
Ukuran kertas 22 x 28 cm atau 8.5 x 11 inch atau ukuran kuarto atau letter
Naskah dibuat minimal rangkap 3 (1 Pembimbing dan 2 Penguji)
Program Studi Teknik Informatika 6
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Pengecualian untuk menggunakan kertas yang baku, dilakukan bila diperlukan kertas
khusus untuk gambar, seperti grafik dan diagram, atau dokumen tertentu dari
lembaga/perusahaan/institusi.
c. PENGETIKAN
Jenis huruf yang digunakan adalah Tahoma dengan ukuran 10 point.
Untuk tulisan dalam bahasa asing atau yang mempunyai tujuan tertentu dituliskan
dalam bentuk Italic atau bergaris bawah atau diapit oleh tanda kutip.
Kata BAB dan JUDUL BAB dicetak huruf kapital dan tebal
Listing program dicetak dengan huruf Tahoma, 10 point spasi 1. Diberikan nomor
halaman lanjutan dan nomor baris perfungsi atau permodul
Jarak baris (spasi) antar ketikan adalah 1 spasi
Batas tepi kiri kertas 4 cm, tepi kanan kertas 3 cm, tepi atas kertas 4 cm, dan tepi
bawah kertas 3 cm sehingga ruangan ketikan adalah 14 x 21 cm (lihat gambar).
Nomor halaman
1). Bagian awal
Dimulai dari halaman judul sampai dengan halaman ringkasan (abstraksi), diberi
nomor halaman dengan angka Romawi Kecil seperti i, ii, iii, iv dan seterusnya yang
diletakkan di tengah halaman bagian bawah dengan jarak 2 spasi dari batas ruang
ketikan.
2). Bagian teks dan bagian akhir
Dimulai dari Bab I Pendahuluan sampai dengan lampiran-lampiran diberi nomor
halaman dengan angka latin seperti 1, 2, 3, 4 dan seterusnya yang diletakkan pada
tepi kanan atas dengan jarak 2 spasi diatas baris pertama ketikan lurus dengan batas
tepi kanan. Khusus untuk halaman yang mengandung judul bab, nomor halaman
diletakkan pada tengah halaman bagian bawah 2 spasi dari batas ruang ketikan.
Program Studi Teknik Informatika 7
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
d. KUTIPAN
1) Model yang dipakai adalah Penulis – Tahun – Halaman (PTH) atau disebut dengan
Author – Date – Page (ADP) Style dengan cara mencantumkan nama penulis –
tahun terbitan – nomor halaman yang dikutip.
2) Nama penulis yang dicantumkan hanya nama keluarga (family name) tanpa
mencantumkan gelar akademik dari penulis.
3) Bila penulis 2 (dua) orang, kedua nama keluarga penulis tersebut dicantumkan.
4) Bila penulis lebih dari dua orang, maka yang dicantumkan hanya nama penulis
pertama dengan menambahkan singkatan dkk (dan kawan-kawan) atau et al
5) Seluruh sumber dan bahan bacaan atau acuan (references) yang digunakan
dikumpulkan dalam satu daftar yang disebut Daftar Pustaka.
6) Pencantuman sumber kutipan dapat diletakkan sebelum atau sesudah kutipan.
22 cm
28 cm
RUANG KETIKAN
4 cm
4 cm
3 cm
3 cm
999
no. hal
999
no. hal pada bab
Program Studi Teknik Informatika 8
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
7) Kutipan yang melebihi 3 baris, dipisahkan dari tulisan penulis sehingga membentuk
alinea tersendiri dengan jarak baris satu spasi dan batas kiri 5 ketukan.
Sebelum kutipan:
Emory dan Cooper (1995 : 37) mengungkapkan: “The philosophy of science or, more
specifically, epistemology is the body of knowledge that provides the classification that
help us dicriminate among the styles of thinking”
Sesudah kutipan:
Demikian pula didefinisikan oleh penulis lain “The philosophy of science or, more
specifically, epistemology is the body of knowledge that provides the classification that
help us dicriminate among the styles of thinking” (Emory dan Cooper, 1995 : 37).
Lebih dari tiga baris:
Batini et al. (1992 : 4) mendefinisikan sebuah basis data dan kaitannnya dengan sebuah
perusahaan sebagai sebuah komponen dari sistem informasi sebagai berikut:
“Databases are just one of the components of information systems,
which also include application program, user interfaces, and other types of
software packages. However databases are essential resources of all
organizations, including not only large enterprises but also small companies and
individual users”
e. DAFTAR PUSTAKA
1) Disusun urut abjad berdasarkan nama penulis.
2) Terdiri dari tiga bagian Nama Penulis – Judul Tulisan – Nama Penerbit
3) Nama Penulis dimulai dengan nama keluarga, diikuti dengan tanda koma kemudian
nama pertama.
4) Bila nama penulis dua atau tiga orang, hanya orang pertama yang menggunakan
aturan butir 3, selebihnya mengikuti apa yang tertera pada referensi.
5) Bila nama penulis empat orang atau lebih, hanya dituliskan nama pertama mengikuti
aturan butir 3 diikuti dengan et al atau dkk.
6) Minimal 5 buku referensi yang dipakai, tidak termasuk referensi dari URL
Contoh:
1 penulis:
Situmorang, Ferryanto. , 1997, Tuntunan Praktis Pemrograman : Membuat Aplikasi
FoxPro dengan Generator. Jakarta : Elex Media Komputindo.
2 penulis:
Campbell, Tim S., and Kracaw A William. , 1993, Financial Institutions and Capital
Market. New York : HarperCollins College.
3 penulis:
Hamacher, V. Carl., Zvonko G. Vranesic., Safwat G. Zaky. , 1996, Computer Organization.
4th ed. Singapore : McGraw-Hill.
lebih dari 3 penulis:
Watson, Collin J., et. al. , 1990, Statistics : For Management and Economics.
Massachusetts : Allyn and Bacon.
lebih dari 2 buku dari penulis yang sama:
Program Studi Teknik Informatika 9
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Arikunto, Suharsini. , 1990, Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
----------. , 1991,Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
URL
Nama, thn dibuat, Judul di internet,
f. SUSUNAN PENULISAN
Lembar Judul (cover depan)
Lembar Judul
Lembar Pengesahan
Abstraksi skripsi
Kata Pengantar
Ucapan terima kasih khusus (optional)
Daftar Tabel (kalau ada)
Berisikan :
Nomor Tabel , nama tabel dan halaman
Daftar Gambar (kalau ada)
Berisikan :
Nomor gambar, nama gambar dan halaman
Daftar Simbol (kalau ada)
Berisikan daftar simbol yang dibuat, contoh : flowchart
Daftar isi
Bab I : Pendahuluan
Bab II : Landasan Teori
Bab III : Permasalahan Judul tergantung dari jenis skripsi
Bab IV : Implementasi
Bab V : Penutup : Kesimpulan/saran
Daftar Pustaka
Lampiran-lampiran
g. PENULISAN POINT-POINT DALAM SKRIPSI
BAB ..
JUDUL BAB
1. Sub Bab
a. Sub-sub bab
1) Sub-sub sub bab
2) .......................
a) ...dst.....
b) ..........
(1) .......
(2) ...
(a) .....
(b) ......
(3) .......
c) .......
3) ........
4) .......
b. ......
2. ............
Program Studi Teknik Informatika 10
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
PEDOMAN DETAIL PENULISAN
Pedoman ini yang harus diikuti bagi mahasiswa/i yang membuat Skripsi program (Sistem Pakar,
Sistem Informasi Geografis, SMS Gateway, Enkripsi dan Kompresi) dalam pembuatan Bab III dan
IV. Untuk Skripsi program yang lain/Skripsi Interface mengikuti standar penulisan yang ada dan
konsultasi ke pembimbing untuk detail skripsinya.
1. SKRIPSI SISTEM PAKAR (Berbasis Web)
BAB III : RANCANGAN SISTEM PAKAR
• Harus relevan dengan permasalahan yang disurvei
• Data/Rule harus asli berupa buku asli/photocopy
Harus merancang:
• Basis pengetahuan(Knowledge Based)
Harus memuat rule-rule serta fakta-fakta yang dibuat.
Pohon keputusan harus relevan dengan rule-rule yang dibuat .
Rule, fakta (misal: gejala/kondisi/dsb), kesimpulan yang disertai gambar visual
disimpan dalam file masing-masing dan buat hubungan relasinya (ERD:Entity
Relationship Diagram), kemudian buat struktur file (nama file, nama field, tipe,
panjang, dan keterangan serta primary keynya).
• Mesin Inferensi(Inference Engine)
Harus ada algoritma proses pelacakan dan pencarian yang dipakai dan gambarkan
program flowchartnya, bila banyak taruh di lampiran.
• Fasilitas Tambah pengetahuan dan inference-rule(Development Engine)
Harus ada algoritma dan flowchart programnya
• Antar muka pemakai(User Interface)
Harus ada rancangan kasar dari tampilan layar masukan(input) dan layar
keluaran(output).
• Multi media (data tidak hanya gambar, tetapi juga bisa data suara)
• Suara adalah suara pertanyaan dan kesimpulan
• Pertanyaan, Kesimpulan harus ada gambar, pada pertanyaan harus ada fasilitas
untuk menambah/update gambar
• Rule dan Pohon keputusan di letakkan pada lampiran
• Kesimpulan minimal 80
• Matriks Pertanyaan, Pohon Keputusan dan Rule harus sama
• Kesimpulan yang tidak pasti maka harus muncul kesimpulan yang mendekati.
Kesimpulan yang di mulai dari node pada level ke 2 harus mempunyai jawaban, jika
suatu level di jawab tidak semua maka kesimpulan yang dihasilkan bukan tidak
teridentifikasi, tetapi kesimpulan yang berupa arahan yang isinya seluruh
kesimpulan pada level tersebut atau sebuah kesimpulan arahan disertai gambar.
• Aplikasi harus berbasis web, tidak diperbolehkan menggunakan bahasa prolog atau
sejenisnya.
BAB IV : IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR
1. Implementasi
Berikan tampilan layar & penjelasan program berdasarkan algoritma yang dirancang
di Bab III.
Implementasi bentuk hasil rancangan layar(screen) capture dan harus ada
gambar(visual) yang bisa dimunculkan
Program Studi Teknik Informatika 11
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
2. Uji Kasus
a. Spesifikasi perangkat keras(hardware) yang dipakai
(artinya sudah diujicoba dengan perangkat keras komputer apa saja) untuk
memperoleh spesifikasi minimun perangkat keras
b. Spesifikasi perangkat lunak sistem operasi :
(artinya sudah diujicoba pada beberapa platform sistem operasi; misal: DOS,
Linux, Windows NT, Windows 98, Windows 2000, Windows XP, dan lain-lain)
untuk memperoleh spesifikasi minimum perangkat lunak yang mendukung
program aplikasi yang dibuat.
c. Uji dengan beberapa kasus, Baik yang ketemu dan maupun yang gagal
menemukan kesimpulan harus ada keluarannya berupa kesimpulan dan gambar,
suara, maupun gambar (movie) yang bergerak
d. Uji untuk penambahan pengetahuan(rule)
e. Bila menggunakan istilah asing(misalnya :istilah medis, bahasa latin) berikan
fasilitas untuk memberi penjelasan (seperti kamus datanya) ada didalam
program, dan isi kamusnya dapat ditambah juga
f. Seluruh pertanyaan akan tampil pada sebuah level menggunakan pilihan radio
button/link.
Misal, terdapat pohon sbb:
SISTEM PAKAR
A B C
D E F G H
Maka pertanyaan yang muncul level 1 adalah:
# [gambar] Pertanyaan A
# [gambar] Pertanyaan B
# [gambar] Pertanyaan C
# Tidak ada di atas
Pertanyaan pada level 2, jika pada level 1 dipilih A adalah:
# [gambar] Pertanyaan D
# [gambar] Pertanyaan E
# Arahan
Dan seterusnya sampai ditemukan kesimpulan
HAL YANG MENGGAGALKAN SIDANG: (TAMBAHAN DARI ATURAN UMUM)
Kesimpulan yang mempunyai level 5 atau lebih, kurang dari 80
Kesimpulan, arahan, pertanyaan tidak ada gambar
Tidak ada fasilitas untuk menampilkan gambar di pertanyaan
Semua pertanyaan & kesimpulan harus ada suara
Program Studi Teknik Informatika 12
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Harus ada kesimpulan arahan disertai gambar (minimal di level 2) untuk
pertanyaan yang tidak terjawab, kesimpulan arahan bisa berupa: seluruh
kesimpulan di level tersebut atau jawaban lain yang disediakan
Matriks basis pengetahuan, pohon keputusan, rule dan yang muncul di program
harus sama
Tidak ada data asli dari rule.
2. SKRIPSI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Berbasis Web)
Berbasis multi media, tidak hanya ‘load gambar’ pada satu level saja tapi dapat sampai lebih
dari 3 level dari loading gambar, serta posisi letak dan area gambar
Antara judul dengan gambar harus sesuai, level satu di hitung dari judulnya
Misal; DKI, maka peta DKI dihitung level yang pertama
Semua level harus menggunakan area (polygon) dan disimpan dalam database
BAB III : RANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Permasalahan dari organisasi yang disurvei dan harus relevan
Dapat membuktikan input (raw data/data source awal) yang didapat untuk diproses
Rancangan layar (ouput) user interface yang akan dibuat
Flowchart dan atau algoritma
Gambar dan data harus dapat di-manipulasi (update/delete/entry)
Database yang dirancang, diimplementasikan kedalam tabel, jelaskan tabel-tabel
yang dibuat, mengikuti aturan normalisasi database, Gunakan E-R-D (Entity
Relationship Diagram)
Harus ada analisa statistik (misal: warna akan berubah jika data berubah, minimal
berpatokan dengan salah satu informasi, contoh: jika jumlah penduduk < 100 warna
lokasi/area merah, 100 – 500 warna lokasi/area kuning, dst)
BAB IV : IMPLEMENTASI
Penggunaan dari metode yang dipakai (implementasinya)
Dapat menambah dan update serta delete data informasi maupun gambar
Koordinat berupa poligon di-masukkan ke dalam tabel
Fungsi-fungsi seperti perbesar gambar
Berikan fungsi yang memudahkan user untuk mencari obyek yang diinginkan.
Dapat melalui gambar maupun dari query
Contoh data minimal 30 buah data / obyek / lokasi / area
Informasi yang ditampilkan Minimal 20 item per obyek
HAL YANG MENGGAGALKAN SIDANG: (TAMBAHAN DARI ATURAN UMUM)
Tidak menggunakan area
Obyek/Area/lokasi kurang dari 30
Informasi (tidak termasuk kode dan koordinat) kurang dari 20, jika ada field
yang tidak terisi untuk semua record maka dianggap bukan informasi
Level kurang dari 3
Tidak ada data asli dari obyek/area/lokasi berupa dokumen asli/photocopy
3. SKRIPSI SMS GATEWAY
Harus ada fasilitas receive dan send otomatis
Setiap request harus ada reply otomatis dari sistem
Program Studi Teknik Informatika 13
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Fasilitas yang tersedia minimal 7 (6 request, 1 broadcast) tidak termasuk registrasi dan
un-registrasi
Harus relevan dengan sistem yang ada (misal: Reservasi Hotel, maka harus terhubung
dengan sistem yang sudah ada atau minimal dibuatkan prototype sistem yang ada)
Harus ada source code dari aplikasi (misal yang menggunakan library, maka harus ada
source code-nya)
HAL YANG MENGGAGALKAN SIDANG: (TAMBAHAN DARI ATURAN UMUM)
Fasilitas kurang dari 7
Tidak ada reply otomatis untuk request
Tidak ada source code dari library yang digunakan
4. Skripsi ENKRIPSI/DEKRIPSI + KOMPRESI (Berbasis Web)
Enkripsi dengan kompresi di gabungkan (minimal 2 metode enkripsi dan 1 metode
kompresi)
Dapat dilakukan untuk beberapa jenis file (seperti file gambar, file suara, file teks, file
execute, file dokumen, file database, file excel, dll)
Berbasis WEB
Pembuatan tabel-tabel uji coba seperti nama file; ukuran file sebelum dan setelah
dienkrip; satuan waktu baik enkrip maupun dekrip nya
Pada bab III :permasalahan, buat algoritma dan/atau flowchart yang menggambarkan
metode enkripsi dan dekripsi yang dibuat.
Pemakaian algoritma bukanlah copy dari program.
HAL YANG MENGGAGALKAN SIDANG: (TAMBAHAN DARI ATURAN UMUM)
Metode yang digunakan tidak sesuai (kurang dari 2 metode enkripsi dan 1 metode
kompresi)
Hasil enkripsi tidak bisa didownload
Proses enkripsi/dekripsi tidak menggunakan pengecekan header
Program Studi Teknik Informatika 14
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
SIDANG
Sidang akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal (lihat jadwal)
1. SARANA
Sarana sidang yang disediakan adalah :
LCD Proyektor, Monitor, keyboard, mouse (standard PS/2), hub, kabel jaringan
Jika ukuran program anda besar (butuh hardisk) – disarankan membawa komputer sendiri,
agar tidak terjadi program anda tidak bekerja waktu sidang. Disarankan bagi yang ingin
membawa perangkat sendiri (Komputer/Notebook/Device yang lain demi kelancaran proses
sidang)
2. LAMA SIDANG
Sidang dilakukan secara terbuka selama 90 menit dengan penonton terbatas, dan hanya akan
dilakukan tertutup jika diminta oleh peserta dan disetujui dewan penguji.
3. KELENGKAPAN SIDANG
Pakaian rapi
Pria : kemeja putih, celana panjang hitam, dasi, Jaket Almamater
Wanita : kemeja putih, rok hitam, Jaket Almamater
Pakai sepatu (bukan sepatu sandal atau sepatu olahraga)
Berlaku sopan selama di ruang sidang
4. ATURAN UMUM YANG MENGGAGALKAN SIDANG
Sidang tidak dijalankan dan Peserta sidang dinyatakan Gagal bila ada satu atau lebih dari
persyaratan dibawah ini yang tidak terpenuhi :
Tidak memenuhi aturan kelengkapan sidang
Program tidak dapat di ‘run-ning’
Tidak dapat men-demokan program termasuk di dalamnya menambah, meng-update
dan hal lain yang diperlukan dalam waktu yang ditentukan
Program yang berbasis web harus dapat didemokan secara client dan server,
komputer untuk client, hub dan kabel jaringan disediakan oleh Fakultas, mahasiswa
harus menyediakan network card untuk komputer yang dibawa sendiri.
Tidak memenuhi aturan umum dan detail penulisan
Kelengkapan skripsi kurang:
o Buku skripsi 3 copy
o Dari halaman cover (i) sampai lampiran-lampiran tidak lengkap
o Jumlah minimal halaman skripsi (40 halaman) tidak terpenuhi
o Media presentasi harus lengkap/ ada
o Harus ditandatangani pembimbing
Terlambat dari jadwal sidang yang telah ditentukan
Surat Riset dari tempat riset dibawa (asli-tidak boleh photocopy) yang menyatakan
mahasiswa telah melakukan riset dalam waktu minimal 1 bulan.
5. PENILAIAN
a. Komponen penilaian.
Komponen yang dinilai serta prosentase penilaian adalah sbb :
Presentasi : 10 %
Penulisan : 20 %
Penguasaan materi : 40 %
Program : 5 %
Penguasaan program : 25 %
Program Studi Teknik Informatika 15
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
1) Presentasi (10%)
a) Media
i) LCD Projector
(1) Font (huruf) 18 point
(2) 1 Halaman paling tidak 10 baris
(3) kejelasan
b) Ringkasan - berisikan
i) ruang lingkup / batasan masalah
ii) permasalahan
iii) pemecahan dengan teknik-teknik yang digunakan dengan memberikan
contoh kasus
iv) kesimpulan dari skripsi yang dibuat
2) Penulisan (20%)
a) Kelengkapan penulisan dari lembar judul sampai lampiran
b) Format penulisan yang berlaku (termasuk spasi dan jumlah halaman)
3) Penguasaan materi (40%)
a) Penguasaan permasalahan yang dihadapi (riset)
b) Cara penyelesaian masalah dengan contoh-contoh
c) Tanya jawab dengan dewan penyidang tentang materi yang dibuat
d) Bobot materi skripsi yang dibuat – dilihat dari sisi sudah/tidaknya dibuat oleh
mahasiswa terdahulu
4) Program (5%)
a) Dari pengoperasian O/S (operating system) sampai dengan sistem program
b) Program dapat di’running’ (tidak error)
5) Penguasaan program (20%)
a) Pengunaan fungsi/procedure yang dipakai
b) Penggunaan data yang digunakan dan bagaimana keterkaitannya
c) Keterkaitan antar fungsi/procedur
b. Grade
Penilaian mahasiswa berdasarkan skala 0 – 100 dengan rentang konversi huruf sbb :
0 – 44 : E
45 – 59 : D
60 – 74 : C
75 – 84 : B
85 – 100 : A
c. Batas Maksimal Nilai Kelulusan
Nilai Maks Sidang I Sidang II Sidang III
A
L
TL
PK
TL
PK
L
L
TL
PK
L
L
B TH
TH
L
TL
L
C TH TH L
Keterangan :
L : Lulus
TL : Tidak Lulus
PK : Persyaratan Kurang
TH : Tidak Hadir(Tidak Datang, Terlambat, Tidak
Siap)
Program Studi Teknik Informatika 16
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
6. SETELAH SIDANG
a. JIKA DINYATAKAN LULUS
i. Perbaiki yang diminta oleh penyidang (dua orang dosen penyidang dan 1
pembimbing) pada skripsi anda
ii. Perhatikan batas waktu yang dberikan oleh penyidang (umumnya 1 bulan
dari tanggal sidang skripsi anda). Kalau melebihi dari yang ditentukan oleh
penyidang dapat diberikan sangsi:
1. Sidang ulang
2. Atau ganti judul dan daftar bimbingan ulang
iii. Jangan dihilangkan nilai yang diberikan oleh penyidang –
(digunakan/ditanya oleh penyidang saat perbaikan skripsi anda diajukan )
iv. Setelah para penyidang menyetujui untuk di HARDCOVER – , Periksa
nama-nama para dosen penyidang - jangan sampai salah
menuliskan nama para dosen penyidang!!!!
b. JIKA DINYATAKAN GAGAL
i. Perbaiki yang diminta oleh penyidang (dua orang dosen penyidang dan 1
pembimbing) pada skripsi anda, kembali ke pembimbing
ii. Daftar sidang berikutnya, diberi kesempatan sampai sidang yang ke tiga
Program Studi Teknik Informatika 17
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
HARDCOVER
Setelah dinyatakan lulus sidang, maka mahasiswa/i wajib menyerahkan hardcover dengan
spesifikasi sbb:
Cover :
Bentuk : Lihat Contoh
Font : TAHOMA
SIZE : 14 Point
Untuk Detil dari Lembar persetujuan dengan Huruf Tahoma size 10 point
Ukuran Kertas : Letter (8 ½ x 11 inch)
Berat : 80 gr
Margin
Top : 1 inch
Bottom : 1 inch
Left : 1.25 inch
Right : 1.25 inch
Isi
Isi Skripsi dicetak dengan 1 Spasi tidak bolak balik
Font yang digunakan adalah Tahoma dengan Size 10
Margin sesuai dengan aturan penulisan
Pengumpulan Skripsi dalam Bentuk CD/DVD
Selain dalam bentuk Hard Cover, skripsi juga harus dikumpulkan dalam bentuk CD/DVD yang
berisi skripsi lengkap dan listing Program (source code) dengan Format PDF. Dengan bentuk
lihat contoh :
1. Dalam Bentuk Digital (Pdf) Dengan Isi lengkap Seperti yang terdapat dalam Hardcover yang
tergabung dalam 1 file. (isi dari mulai Cover Depan s/d Lampiran-lampiran,
termasuk Listing Program)
2. Untuk Lampiran yang berbentuk Dokumen Asli ( Masukan, Keluaran & surat Riset) di
dimasukan dengan cara di Scan
3. Untuk Lembar Persetujuan setelah sidang dimasukan yang sudah ditandatangani oleh
pembimbing, penguji dan pejabat Fakultas dengan cara di scan
4. File Pdf dibuat dengan Nama File Nim.Pdf (Contoh: 0511500000.pdf)
5. Cover CD harus dicek dan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing
6. Cover CD terbuat dari Stiker Kertas yang tidak Licin (Meresap Tinta) dengan bentuk seperti
Contoh dibawah.
Program Studi Teknik Informatika 18
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Logo
Berwarna
PENGGUNAAN MEDIA INTERNET UNTUK
MENGINDERAAN JARAK JAUH SEKALI
DI JAKARTA
NIM
NAMA MAHASISWA
Dosen Pembimbing
ttd
Nama Dosen Pembimbing
GASAL
2007/2008
FONT TAHOMA
10 POINT
Judul
Skripsi
Tanda Tangan
Dosen Pembimbing
Semester & Tahun
Ajaran Sidang
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN COVER CD
Program Studi Teknik Informatika 19
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
PENUTUP
1. Setiap peserta Skripsi wajib mengikuti aturan-aturan yang telah disebutkan sebelumnya
2. Hal-hal lain yang tidak tertulis didalam pedoman ini akan diberikan kemudian secara tertulis
ataupun secara lisan.
Jakarta, September 2007
Mengetahui,
Ketua Program Studi Dekan
Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi
Utomo Budiyanto, M.Kom, M.Sc Hari Soetanto, S.Kom, M.Sc
Program Studi Teknik Informatika 20
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
PENGGUNAAN MEDIA INTERNET UNTUK
MENGINDERAAN JARAK JAUH SEKALI
DI JAKARTA
Oleh
NAMA MAHASISWA
NIM : 0511500000
UNIVERSITAS BUDI LUHUR
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
JAKARTA
SEMESTER GASAL
2007/2008
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN COVER DEPAN
Program Studi Teknik Informatika 21
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
PENGGUNAAN MEDIA INTERNET UNTUK
MENGINDERAAN JARAK JAUH SEKALI
DI JAKARTA
TUGAS AKHIR
Diajukan untuk memenuhi persyaratan
guna memperoleh gelar Sarjana Komputer
Oleh
NAMA MAHASISWA
NIM : 0511500000
UNIVERSITAS BUDI LUHUR
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
JAKARTA
SEMESTER GASAL
2007/2008
i
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN COVER DALAM
Program Studi Teknik Informatika 22
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Universitas Budi Luhur
Fakultas Teknologi Informasi
TANDA PERSETUJUAN TUGAS AKHIR
Nama
: Nama Mahasiswa
Nomor Induk Mahasiswa
: 0011500000
Program Studi
: Teknik Informatika
Jenjang Studi
: Strata I
Judul : PENGGUNAAN MEDIA INTERNET UNTUK
MENGINDERAAN JARAK JAUH SEKALI
DI JAKARTA
Jakarta, 36 September 2040
Dosen Pembimbing
( Ir. Baik Hati, S.Kom, M.Sc )
Ketua Penguji
(Ir. Tua Sekali, M.Sc)
Anggota Penguji
(Ir. Ikutan menguji, M.Sc)
Dekan Fakultas
Teknologi Informasi
(Hari Soetanto, S.Kom, M.Sc)
Ketua Program Studi
Teknik Informatika
(Utomo Budiyanto, M.Kom, M.Sc)
ii
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN LEMBAR PERSETUJUAN
Program Studi Teknik Informatika 23
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
NIM
NAMA
:
:
0511500000
NAMAMAHASISWA
PENGGUNAAN MEDIA INTERNET UNTUK
MENGINDERAAN JARAK JAUH SEKALI
DI JAKARTA
GASAL
2007/2008
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN PUNGGUNG (HARDCOVER)
Program Studi Teknik Informatika 24
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
ABSTRAKSI
JUDUL
Cerita singkat, sekitar satu halaman, tentang apa yang dihadapi, dikerjakan, dan diselesaikan
iii
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN ABSTRAKSI
Program Studi Teknik Informatika 25
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
KATA PENGANTAR
Ungkapan hati penulis tentang apa yang telah dikerjakan, dan apa yang telah
diperoleh dari semua pihak.
1. Kepada Rektor Universitas Budi Luhur, DR. Ir. Paling Tua, M.Sc, M.Kom,
S.Kom, PhD
2. Kepada Dekan Fakultas Teknologi Informasi, DR. Ir. Masih Tertua, M.Sc, M.Kom, S.Kom, PhD
3. Kepada Ketua Program Studi Teknik Informatika, DR. Ir. Drs. Baik Hati
Sekali , M.Sc, M.Kom
4. Kepada dosen pembimbing skripsi , DR. Ir. Paling Canggih, Skom, M.Kom,
MSc, MSi, MM, MBA, PhD, atas bimbingannya ..dst..
5. dst
iv
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN KATA PENGANTAR
Program Studi Teknik Informatika 26
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1.1: xxxxxxx …………………………………………………………………………………………….. 99
Tabel 2.1: xxxxxxx …………………………………………………………………………………………….. 99
Keterangan:
Tabel 1.1 : Keterangan Tabel
Untuk nomor tabel dalam bab
Untuk tabel
v
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN DAFTAR TABEL
Program Studi Teknik Informatika 27
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 1.1: xxxxxxx ……………………………………………………………………………………… 99
Gambar 2.1: xxxxxxx ……………………………………………………………………………………… 99
Keterangan:
Gambar 1.1 : Keterangan Gambar
Untuk nomor gambar dalam bab
Untuk Bab
vi
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN DAFTAR GAMBAR
Program Studi Teknik Informatika 28
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
DAFTAR SIMBOL
vii
Menjelaskan simbol-simbol yang dipakai
Misal : flowchart dan Atau ERD
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN DAFTAR SIMBOL
Program Studi Teknik Informatika 29
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
DAFTAR ISI
Halaman
Lembar Judul ………………………………………………………………………………………………....... i
Lembar Persetujuan ………………………………………………………………………….…………....... ii
Abstraksi …………………………………..........................…………………………………………...... ii
Kata Pengantar ………………………………............................…………………………………...... iv
Daftar Tabel …..……………………………………………………........................…….…………...... v
Daftar Gambar ……………………………………........................……………………..…………..... vi
Daftar Simbol ………………….......................……………………………………………………...... vii
Daftar Isi ………………………………………………………………………………………….…………..... viii
BAB I : Pendahuluan ……………………………..…………………………………………….…………... 1
1. Latar belakang …………………………………………………………………………....... 2
2. Masalah
3. Tujuan Penulisan
4. Batasan Permasalahan
5. Sistematika Penulisan
BAB II : Landasan Teori ……
1. ……..
a. ……….
b. …..
1) …..
BAB III : Permasalahan ………
BAB IV :Implementasi/Pemecahan Masalah ………………
BAB V : Penutup ……………………………………..
1. Kesimpulan ……………………………
2. Saran ……………….
Daftar Pustaka ……………………………………………………………………
Lampiran-lampiran ……………………………………………………………….
viii
CONTOH LAYOUT:
HALAMAN DAFTAR ISI
Program Studi Teknik Informatika 30
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
SURAT KETERANGAN
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Prof. DR. Kepala Bagian MBA, MM, M.Kom,M.Sc
Jabatan : Kepala Bagian Riset dan Penelitian
menerangkan bahwa:
Nama :
N I M :
telah melaksanakan riset pada bagian Riset dan Penelitian UNIVERSITAS BUDI LUHUR sejak
tanggal awal riset s/d akhir riset dengan baik.
Demikian Surat Keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan semestinya.
Dibuat di : Jakarta
Tanggal : 99 bulan 9999
Prof. DR. Kepala Bagian MBA, MM, M.Kom,M.Sc
UNIVERSITAS BUDI LUHUR
Jl. Ciledug Raya – Petukangan Utara – Kebayoran Lama , Jakarta selatan 12260
Telp. (021) 5853753 – Fax. (021) 5853752
CONTOH LAYOUT:
SURAT KETERANGAN SELESAI RISET
Program Studi Teknik Informatika 31
Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Budi Luhur
Daftar Nama Dosen Pembimbing dan Penguji Tugas Akhir
Semester Gasal Tahun ajaran 2007/2008 Program Studi Teknik Informatika
( September 2007 )
No. Nama
1. Hari Soetanto, S.Kom, M.Sc
2. Ir. Siswanto,MM
3. M. Syafrullah, M.Kom, M.Sc
4. Mardi Hardjianto, M.Kom
5. Noni Juliasari,M.Kom
6. Subandi, M.Kom
7. Utomo Budiyanto, M.Kom,M.Sc
Daftar Nama Pejabat Fakultas Teknologi Informasi yang Mengesahkan Tugas Akhir :
No. Nama Jabatan
1. Hari Soetanto, S.Kom, M.Sc Dekan Fakultas Teknologi Informasi
2. Utomo Budiyanto, M.Kom,M.Sc Ketua Program Studi Teknik Informatika
3. Brury Trya Sartana, S.Kom, MM Ketua Program Studi Sistem Informasi (S1)
Ketua Program Studi Manajemen Informatika (D3)
4. Deni Mahdiana, S.Kom, MM Ketua Program Studi Komputerisasi Akuntansi
5. Ir. Yan Everhard, MT Ketua Program Studi Sistem Komputer