Thursday, November 14, 2013

[beasiswa] RE: [butuh info] Prosedur beasiswa

 

 
---In beasiswa@yahoogroups.com, <susenowignyodiharjo@...> wrote:

Dear All,.
Saya baru mau cari-cari info tentang beasiswa ke luar negeri. Preferensi saya ke Australia. Saya masih mau tanya-tanya beberapa hal:

1. Urutan pendaftaran yang perlu saya lakukan apa saja: Apakah saya harus cari beasiswanya dulu baru cari University sesuai program study yang saya inginkan, ataukah saya harus daftar ke University dulu, baru setelah lulus cari beasiswanya?
==> dari pengalaman, biasanya anda cari program study dan universitas dulu. Kalau udah dapat yang cocok, anda coba browse di website prodi/univ tersebut tentang peluang beasiswa yang ada (baik dari universitas atau external seperti pemerintah atau organisasi).
Ketika anda mendaftar, biasanya anda dikasih option (atau dalam beberapa kasus otomatis) untuk diikutkan dalam bebarapa jenis beasiswa yang ada.
Pemberian beasiswa umumnya mensyaratkan kita punya letter of acceptance.
Jadi sepertinya cari univ dan dapat loa bisa diprioritaskan.

 
2. Test Bahasa Inggris (IELTS/TOEFL) apakah harus saya lakukan terlebih dulu atau paralel, setelah mendapat panggilan dari institusi beasiswa/university yang telah didaftar?
==> for your own sake, lebih baik anda langsung ambil test toefl sendiri sekarang. Kalau terlalu mahal, bisa coba yang institusional dulu.
Setidaknya bisa jadi tolak ukur level toefl anda sekarang berapa, jadi kalau masih rada kurang bisa latihan dan test ulang sebelum ambil yang IBT.
Ada beberapa beasiswa regular yang memang membiayai test international toefl/ielts setelah kita lulus seleksi dokumen awal (misalnya Ausaid kalau tidak salah).
Hanya saja, ada banyak beasiswa lain ke Australia (Endeavour, IPRS, atau beasiswa langsung dari kampus di Australia) yang bisa anda daftar secara online; dan mereka biasanya meminta international TOEFL/IELTS.
Jadi kalau anda udah punya sertifikat dari awal, anda tidak terpaku hanya bisa mendaftar di beasiswa tertentu saja, tapi bisa sekaligus beberapa beasiswa.
 
Terimakasih
Salam,
 
good luck, tua

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (3)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___