Thursday, November 14, 2013

[beasiswa] RE: [butuh info] Prosedur beasiswa

 

Alow mas Suseno,


Saya coba jawab ya, kalau ada kekurangan semoga bisa ditambah sama yg lebih master disini.

1. Sebetulnya ada hal yang kurang, mas suseno mau melanjutkan S2 atau S3? Coursework atau Research? Katakanlah research, berarti mas perlu lirik2 dulu website setiap universitas Australia yang memiliki program study yang ingin Anda tuju. Setelah itu, di setiap website universitas pasti ada panduannya untuk daftar maupun mencari beasiswa. Untuk research, berarti Anda perlu mendapatkan supervisor terlebih dulu sebelum apply universitas. Pengalaman saya, ada 2 kemungkinan antara Anda mencari langsung satu per satu supervisor yang berminat dengan rencana riset Anda, atau melalui email ke coordinator supervisor dan nanti si koordinator ini yang akan mencarikan appropriate supervisor untuk Anda. Berarti disini Anda perlu melampirkan CV dan proposal riset pada saat kirim email ke calon supervisor maupun ke koordinatornya.

Setelah dapat approval dari supervisor, tahapan berikutnya adalah menyiapkan semua berkas persyaratan dan apply ke universitas yang bersangkutan. Dan setelah Anda mendapatkan Unconditional Letter of Offer, barulah Anda apply beasiswa. FYI, hampir setiap kampus di Australia memiliki divisi khusus untuk scholarship yang bisa Anda coba. Semoga sukses ya!


2. Saran saya saat ini Anda harus belajar bahasa Inggris sebelum apply ke universitas tujuan. Karena syarat untuk bisa mendapatkan Unconditional Letter of Acceptance, Anda harus melampirkan bukti kemampuan bahasa Inggris dengan memperlihatkan nilai skor sertifikat IELTS atau TOEFL resmi. Garis bawahi ya TOEFL-nya yg RESMI, bukan prediction ataupun ITP. Saya belum yakin kalau TOEFL ITP bisa diterima oleh universitas di australia.


Semoga bermanfaat dan tetap semangat berburu beasiswa ...

Salam,


Rizal



---In beasiswa@yahoogroups.com, <susenowignyodiharjo@...> wrote:

Dear All,.
Saya baru mau cari-cari info tentang beasiswa ke luar negeri. Preferensi saya ke Australia. Saya masih mau tanya-tanya beberapa hal:

1. Urutan pendaftaran yang perlu saya lakukan apa saja: Apakah saya harus cari beasiswanya dulu baru cari University sesuai program study yang saya inginkan, ataukah saya harus daftar ke University dulu, baru setelah lulus cari beasiswanya?

2. Test Bahasa Inggris (IELTS/TOEFL) apakah harus saya lakukan terlebih dulu atau paralel, setelah mendapat panggilan dari institusi beasiswa/university yang telah didaftar?

Terimakasih
Salam,

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (4)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___