Sunday, January 26, 2014

[beasiswa] [OOT] Undangan Kelas Inspirasi

 


Kepada seluruh professional dimanapun berada.

Kami dari Kelas Inspirasi Bandung
www.kelasinspirasi.org mengundang Anda untuk menjadi "guru sehari" di Sekolah Dasar (SD) marjinal di perkotaan di Kota Bandung pada tanggal 19 Februari 2014. Para profesional ini bukan ditantang untuk mengajar sebagai guru mata pelajaran, namun menjadi relawan pengajar yang bercerita tentang profesi masing-masing dari rekan sekalian serta berbagi motivasi dalam meraih cita-cita lewat Kelas Inspirasi.

Kelas Inspirasi diinisiasi oleh Gerakan Indonesia Mengajar yang dilaksanakan pertama kali di Jakarta pada tanggal 25 April 2012 yang dikenal dengan istilah Career Day. Kini kelas inspirasi telah diduplikasi dibanyak kota di Indonesia oleh para volunteer yang tersebar di berbagai kota termasuk Bandung. Karena pada dasarnya permasalahan pendidikan tidak hanya terjadi di daerah-daerah terpencil di Indonesia, melainkan juga di perkotaan di Indonesia.

 

Kegiatan ini sendiri adalah yang keduakalinya dilaksanakan di kota Bandung, setelah sebelumnya sukses dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2013.

 

Meski diinisasi oleh Gerakan Indonesia Mengajar, kepanitian organisasi Kelas Inspirasi digerakkan para relawannya yang melibatkan banyak element, khususnya para profesional di Indonesia. Karena disadari bahwa untuk merubah wajah pendidikan Indonesia kearah yang lebih baik tidak hanya dapat dilakukan secara individu baik personal maupun kelompok, tetapi secara bersama-sama.

 

Kita semua ingin Indonesia yang lebih baik, dan ini hanya terjadi jika kualitas manusianya berubah menjadi lebih baik, menjadi manusia yang terdidik dan tercerahkan. Hal ini dapat dapat dilakukan melalui proses pendidikan. Walau pendidikan memang tidak selalu sama dengan sekolah, kini sekolah apalagi di tingkat dasar memiliki peran yang sangat penting. Secara konstitusional mendidik memang adalah tugas negara tapi secara moral mendidik adalah tugas setiap orang terdidik.

Hari ini sebagian dari kita telah mendapatkan kesempatan untuk berprofesi yang baik dan hidup lebih sejahtera. Hadirnya kaum profesional adalah salah satu bukti nyata bahwa bahwa pendidikan adalah pembuka pintu kesempatan; pendidikan adalah eskalator sosial ekonomi.

 

Kita hadir di sana untuk membangkitkan mimpi anak-anak SD. Baju mereka bisa amat sederhana, rumah mereka bisa panas dan kumuh, tapi ajaklah mereka untuk bermimpi dan bercita-cita besar. Kita hadir di kelas itu, menanamkan bibit mimpi mulia bagi saudara sebangsa. Sejauh apapun jarak kesejahteraannya, wawasannya, atau pengetahuannya mereka adalah amat dekat; mereka saudara kita, saudara sebangsa.

Mimpi itulah yang senyatanya sering hilang dari ruang kelas di sekolah-sekolah kita. Padahal mimpi adalah cermin pengetahuan, cermin wawasan.
Mari kita hadir untuk membukakan pengetahuan dan wawasan dan biarkan mimpi mereka terbang amat tinggi, sambil ingatkan mereka bahwa lewat kerja keras nan cerdas dan didampingi doa mereka bisa meraih dan melampaui mimpi itu!

Di kelas itu
Kita akan menyaksikan mata berbinar, senyum lebar dan wajah ceria anak-anak itu. Mereka adalah wajah masa depan bangsa ini. Di ruang kelas itu Kita mulai mencicipi suasana Indonesia di masa depan. Potret masa depan Indonesia ada di ruang-ruang kelas.

Secara fisik kehadiran
Kita hanya satu hari, tapi bekasnya bisa langgeng. Cerita Kita, pengetahuan, inspirasi, semangat dan pencerahan dari Kita bisa hadir secara amat permanen dalam hati dan mimpi mereka.

Menyumbang uang itu baik, memberikan buku itu bermanfaat, membangun fasilitas pendidikan itu mulia, tapi sesungguhnya iuran terbesar dan terpenting dalam pendidikan adalah kehadiran.
Hadirnya inspirator adalah Iuran terbesar dalam pendidikan. Kini lewat Kelas Inspirasi Kita bisa beri iuran terbesar itu yaitu hadir sebagai inspirator.

Kami
panitia kelas Inspirasi Bandung menunggu kesediaan dan kehadiaran rekan-rekan sekalian untuk mengambil bagian dari Kelas Inspirasi Bandung #2 yang akan dilaksankan pada tanggal 19 Februari 2014. Kami membuka pendaftaran relawan professional (calon-calon ispirator) hingga 31 Januari 2014 lewat halaman kami di http://kelasinspirasi.org/.

 

Selain lewat halaman resmi, informasi terkini mengenai Kelas Inspirasi Bandung juga dapat diikuti lewat media Twitter @KlsInspirasiBDG. Berikut juga kami lampirkan video Kelas Inspirasi https://www.youtube.com/watch?v=TMIO1GCbPb8 dan kesan pesan dari salah satu Inspirator di Kelas Inspirasi Bandung #1 (Ridwan Kamil)

https://www.youtube.com/watch?v=t2Bc-wu_r5s

 

 

Salam Inspirasi


--
Chloryne Dewi, LL.M
Lecturer/Researcher
Faculty of Law
Universitas Padjadjaran
Jl.Dipati Ukur No. 35
Bandung 40132 - INDONESIA
Ph. +62 813 950 46 850
Email : chloryne.dewi@unpad.ac.id / c.risanadewi@gmail.com

Peace, Equality and Humanity
UNITY IN DIVERSITY

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___