Tuesday, August 31, 2010

Re: [beasiswa] [butuh info] Travel expenses

 

Dear Putra,

Untuk masalah tiket, saya kurang bisa membantu. Tapi berhubung saya juga penerima beasiswa ini, maka saya akan memberi sedikit info tentang distribusi beasiswa EM-Mobility for Life ini.

Saat ini saya telah berada di Aalborg untuk studi 10 bulan. Mengenai pembayaran tiket diusahakan diganti secepatnya setelah Putra sampai. Masalahnya waktu pembayaran itu tergantung dari seberapa cepat Putra telah mendapat ijin tinggal (semacam KTP lokal, bukan visa), dan Putra juga telah membuka account tabungan di negara Putra (berarti Portugal ya).

Untuk di Aalborg sendiri, beasiswa pertama dijadwalkan diberikan pada akhir bulan. Saya kurang tahu bagaimana mekanisme di Portugal, tapi setidaknya Putra juga harus spare sejumlah uang untuk 1 bulan (untuk worst case-nya). Semoga info ini bisa berguna.

Kalau pendapat saya, Putra dapat menanyakan mekanisme pengembalian uang tiket dan biaya hidup disana bagaimana. Setelah itu Putra mungkin dapat mengambil beberapa keputusan misalnya meminjam ke saudara uang tiket dahulu dan akan mengembalikan secepatnya. Setahu saya, pengembalian tiket untuk return dari beasiswa ini cukup besar (mudah2an benar) yaitu sekitar 2500Euro --dihitung dari jarak kilometer antar 2 negara sehingga kalau membeli tiket yang ekonomi, sisa uang yang ada masih cukup besar.

Regards,

Hardian Prabianto
Bandung Institute of Technology


2010/8/31 al azhar <azhar.aL@gmail.com>
 

Waalaikumsalam Putra,

Semoga sekarang sudah ada jalan keluar yang terbaik, namun jika belum maka:

Berdasarkan pengalaman pribadi saya dan beberapa teman saya yang bersekolah ke eropa, tiket pesawat bisa diberikan/dibelikan oleh pihak pemberi beasiswa sebelum keberangkatan. Elektronik-ticket (e-ticket) kemudian dikirimkan ke email kita.

Putra jangan ragu menanyakan biaya tiket pesawat ke koordinator/contact person Erasmus Mundus (EM) yang Putra sudah hubungi selama ini. Seharusnya mereka (koordinator EM) mempunyai jalan keluar terbaik permasalahan ini. Mungkin saja mereka akan membelikan tiket pesawat ke eropa dan akan mengirimkan electronic-ticket (e-ticket) pesawat tersebut ke email Putra.

Menurut pendapat pribadi saya, hindari meminjam uang ke orang lain (karena jumlahnya tidak kecil). Dan juga pihak pemberi beasiswa 'biasanya/umumnya' sangat peduli terhadap kemampuan/kesulitan kita dalam membeli tiket keberangkatan.

Semoga lancar. Sekali lagi jangan malu/segan bertanya pada contact person Putra di EM.


cheers,
al

 


2010/8/11 Adi Saputra <artupasida_13@yahoo.co.id>

 

Assalamualaykum,..

Dear All,

Perkenalkan, nama saya Putra, mahasiswa S1 UGM yang baru saja lulus di bulan agustus ini..3 bulan yang lalu saya mendapatkan beasiswa Erasmus Mundus Project Mobility for Life untuk program S2 di University of Aveiro Portugal selama 22 bulan..Semua beasiswanya akan saya terima setelah berada disana.

Saat ini semua berkas termasuk visa sudah selesai hanya saja masih terkendala dalam hal biaya keberangkatan awal..Apalagi dalam masa liburan ini harga tiket pesawat cukup  mahal..dan saya merasa sangat kesulitan dalam hal ini (karena keluarga kami termasuk keluarga yang kurang mampu)..

Adapun yang ingin saya tanyakan dalam milis ini adalah :
1. apakah kira2 Koordinator Erasmus Mundus bisa memberikan biaya tiket pesawat  di awal keberangkatan?
2. apakah teman2 ada yang punya pengalaman yang sama dengan saya? kalo ada mungkin bisa di share, siapa tau bisa menjadi pertimbangan bagi saya..
3. apakah ada masukan / solusi lain?

Atas informasinya, saya ucapkan terima kasih..

Best Regards,

Putra





__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___