Sunday, November 28, 2010

Re: [beasiswa] [Butuh Info] Memberikan Dukungan Kepada Siswa Kurang Mampu

 

Sebelumnya terimakasih telah ada ruang diskusi dan sharing informasi perihal pendidikan dan studi. Media milis ini sangat membantu proses kemajuan generasi Indonesia. Berbagai informasi tentang studi dan beasiswa bisa di share di sini.. Semoga bermanfaat.

Untuk kawan Fajriah, kebetulan saya sedikit banyak punya pengalaman yang hampir sama, pun dengan kawan Martius. Perkenalkan, saya Adi Dzikrullah Bahri, mahasiswa semester 7 di Fakultas Kehutanan - IPB. 

Yang terpenting dalam belajar di perguruan tinggi di sini adalah bagaimana membangun semangat dan percaya diri yang tinggi. Semua jika bisa dijalani saya yakin akan berjalan dengan baik. Selanjutnya adalah bagaimana kita memperluas jejaring komunikasi, baik dengan teman seangkatan, adek kelas, kakak kelas, dosen, dan dunia luar kampus. 

Yang saya alami adalah, terdapat manfaat yang akan kita dapatkan silih berganti jika kita konsisten belajar dan memperluas jejaring komunikasi. Istilah teman-teman saya di Fakultas adalah, kita tidak hidup sendiri. Jadi ketika kita kebetulan lagi seret tidak ada kiriman dana/uang dari rumah, disitulah kemampuan komunikasi diuji. Ya kita tidak hidup sendiri, ada aja tawaran kerjaan part time, atau projek dari dosen atau teman/kenalan. Ya meski minimal sebata entridata atau apa, yang terpenting adalah halal.

Dan yang terpenting disini adalah, jangan sampai kita banyak menuntut atau merasa kurang dan akhirnya meminta/mengajukan permohonan. Inilah yg selama ini dilakukan teman2 mahasiswa jika mengadakan kegiatan. Seolah2 proposal permohonan dana adalah sebatas legal formal untuk meminta dana kepada instansi atau perorangan. Padahal yang terpenting disini adalah bagaimana kita bisa saling memberi manfaat antara kita penyelenggara kegiatan dengan pihak sponsor ship.

Kebetulan kami, Organisasi Mahasiswa Daerah (Jombang Agrostudent Community) langsung berada di bawah Wakil Rektor Kemahasiswaan, pernah mengadakan kegiatan Workshop pertanian Nasional dan Workshop Pendidikan Internasional di Pemda Kab. Jombang. Dan alhamdulillah banyak sponsor yang kami gaet. Caranya adalah cuma satu, yaitu berbagi manfaat. Sebelum menentukan siapa yg akan menjadi sponsorship, kami seraching dulu, kira2 program instansi saat ini apa, sehingga kita bs integrasi didalamnya. Seperti contoh, ternyata perhutani mempunyai program untuk mengembangkan hutan rakyat dan program phbm, melalui program inilah kita menawarkan media bahwa sasaran seminar juga petani..selanjutnya, contoh, kebetulan kami seminar pertanian nasional, kami juga seraching ternyata pihak departemen/kementerian pertanian sekarang sdg berupaya utk meningkatkan pendidikan dan minat pemuda terhadap pertanian serta mengembangkan program peternakan sapi masyarakat. dan kita disini bisa berbagi manfaat yang besar.

Itulah sedikit yg pernah sy alami. yg terpenting adalah, dimanapun kita kuliah itulah pilihan kita. kita harus sadar, konsekuensinya adalah kita harus berani mengambil tanggung jawab untuk bisa berprestasi dan beranfaat karena ilmu yang telah kita dapatkan. oke terimakasih semua...

Mobile: +628568195462
E-mail: adidzikrullah@gmail.com, adibahri@forcidev.org, or adidzikrullah@ymail.com
Student Website: http://adibahri.wordpress.com, and http://forcidev.org
A Student in Faculty of Forestry and Research Assistant FORCI Dev. (Center for Forestry Organization Capacity and Institution Development) in Faculty of Forestry - Bogor Agricultural University



--- Pada Sen, 29/11/10, lord_tius@yahoo.com <lord_tius@yahoo.com> menulis:

Dari: lord_tius@yahoo.com <lord_tius@yahoo.com>
Judul: Re: [beasiswa] [Butuh Info] Memberikan Dukungan Kepada Siswa Kurang Mampu
Kepada: beasiswa@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 29 November, 2010, 12:48 AM

 

Dear Fajriah,

Perkenalkan, saya Martius. Saya lulusan Elektro UI, angkatan 2004. Saya juga pernah berada pada posisi yang sama karena di UI diberlakukan sistim uang pangkal (admission fee).

Dahulu saya aktif di organisasi IMAMI (Ikatan Mahasiswa Minang UI), semacam paguyuban mahasiswa asal sumatera barat (Sumbar) yang kuliah di UI. Tiap tahun (desember akhir - Januari awal), sambil liburan, kami mengadakan KGTK (Kampus Goes to Kampuang) yang merupakan roadshow ke SMA2 di Sumbar tentang gambaran PTN, mekanisme masuk PTN di Indonesia (khususnya UI), biaya kuliah dan kehidupan mahasiswa, serta proses untuk mendapatkan beasiswa dan bantuan finansial lainnya.

Sejak tahun 2004, jumlah siswa dari Sumbar yang masuk UI semakin meningkat (banyak juga diantaranya yang berasal dari keluarga kurang mampu secara finansial). Hal yang sama juga dilakukan oleh paguyuban mahasiswa asal daerah lain. Di lingkungan kampus sendiri, pihak BEM UI aktif memberikan bantuan advokasi untuk mahasiswa kurang mampu guna mendapatkan keringanan biaya kuliah beasiswa.

Awalnya kami memang kesulitan mengumpulkan dana (sponsor donatur) untuk acara ini. Namun, sekarang pihak UI telah melihat event ini sebagai tempat untuk mempromosikan mengkomunikasikan UI ke pada siswa2 di daerah. Paguyuban daerah ini dianggap sebagai media partner yg sangat efektif dan berhubungan langsung dengan sasaran. Sekarang, UI menyediakan bantuan dana untuk acara sejenis.

Semoga cerita ini bermanfaat bisa membantu. Terima kasih....

Regards,
-Martius-

I don't negotiate with the quality, that's why I use Telkomsel BlackBerry®


From: "P'jeR" <eh.adasikodok@yahoo.com>
Sender: beasiswa@yahoogroups.com
Date: Wed, 24 Nov 2010 06:17:00 -0000
To: <beasiswa@yahoogroups.com>
ReplyTo: beasiswa@yahoogroups.com
Subject: [beasiswa] [Butuh Info] Memberikan Dukungan Kepada Siswa Kurang Mampu

 

Perkenalkan, saya Fajriah.
saya dulu pernah posting topik "[Butuh Info] Beasiswa ITB" di grup ini
sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman2 yang telah memberikan semangat kpd sy. Alhamdulillah, sy masuk FMIPA ITB, dan sekarang menjadi mahasiswa kimia 09. :)

Beberapa bulan lalu, saya sempat searching di google tentang itb. ada suatu blog yang dibuat oleh seorang mahasiswa ITB (kalau tidak salah angktn 2008), yg salah satu hal yg dibahas mengenai mahalnya biaya kuliah di ITB (hal yang disoroti mengenai biaya kuliah angktn 2010)

ada seorang siswa (mungkin) yang berkomentar bahwa ia jadi takut masuk ITB,mencoba pun ia takut. yang saya lihat di sini, tulisan tersebut bukan berdampak untuk memberikan fakta, tetapi lebih ke arah "menakut-nakuti" teman2 siswa.

Karena saya pernah berada di posisi "si siswa" tersebut, saya merasa frame tentang mahalnya ITB harus diperbaiki segera. hal ini dapat membuat teman2 yg punya potensi besar yg seharusnya bs masuk ITB, tetapi karena takut untuk mencoba, akhirnya tidak bisa. Saya tahu semua universitas sama baiknya, "mau masuk mana aja toh sama saja". Tetapi, kalau saya, pasti tetap ingin masuk ke pilihan awal saya.

saya tidak tahu apakah ini terjadi di semua universitas, tetapi saya ingin meminta pendapat teman2, bagaimana caranya memberikan dukungan/meyakinkan siswa untuk tidak ragu memilih universitas yang mereka inginkan? ataukah ini semacam "seleksi awal" dalam memasuki dunia perkuliahan?

mohon sarannya.
Terima kasih

Fajriah
Kimia ITB 2009


__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
MARKETPLACE

Find useful articles and helpful tips on living with Fibromyalgia. Visit the Fibromyalgia Zone today!


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___