Tuesday, October 30, 2012

[beasiswa] Re: [Butuh info] cara hidup di jerman

 

Dear, Murtiah.

Satu hal yg ingin saya share adalah saat mengambil keputusan untuk kuliah di luar negeri, berarti harus siap menanggung semua resiko yang akan diterima. Resiko apa?

1. Kemandirian --> Hidup di luar zona nyaman, jauh dari rumah means harus mau untuk hidup mandiri, ngurus apa2 sendiri karena kita udah dewasa.
NB: Soal mencuci, kalo punya mesin cuci kan udah sangat enak. Tinggal nylempungin baju, ngasih detergen, pencet tombol. Kita tinggal nunggu duduk manis aja.
NB: Soal beres2 apartemen, rasanya 1 minggu 1x pas weekend juga cukup kok. Nyapu, ngepel, bersihin debu cukup sekitar 2-3 jam. Nggak akan mengambil banyak waktu. Daripada uang habis untuk pembantu, mending kita belajar mandiri itung2 olahraga sambil beberes rumah.

2. Bahasa --> Menurut saya, modal bahasa inggris itu sangat penting untuk survival awal. Kalo merasa masih kurang fasih, banyak2lah belajar. Untuk bahasa asing, seperti Jerman, harus dipelajari juga. Atleast untuk simple daily conversation. Beruntunglah tidak harus mempelajari huruf baru seperti kanji untuk di Jepang.

3. Tips untuk cepat lulus --> Serius kuliah dan mengerjakan riset. Simpel ya tampaknya? Tapi dijamin deh kalo serius pasti nggak akan ada kendala. Kalo nggak ada kendala, jalan menuju kelulusan akan semakin lancar. :)

4. Nyaman hidup di negeri orang --> Saya sudah tinggal di Jepang 6 bulan terakhir. Yg saya lakukan agar nyaman tinggal di Jepang adalah banyak2 mencari teman, tidak hanya orang Indonesia, sebisa mungkin orang lokal dan banyak2 bersosialisasi. Kalo di Jepang, orang Jepang biasanya ramah dan baik sekali terhadap orang asing yg mau bersosialisasi dengan mereka. Kuncinya apa? PD aja ngajak kenalan, belajarlah sedikit bahasa&budaya mereka. Mereka akan menghormati kita jika kita juga menghormati mereka. Iya kan? :)

Anyway, good luck.

Brenda

--- In beasiswa@yahoogroups.com, "Murtiah Anggraini" <murtiahanggrainist@...> wrote:
>
> Hai semua..
> Minta tolong sharing dong..
> Ada teman teman yg pernah kuliah di eropa?
> Khususnya jerman?
> Bagaimana tips dan trik supaya cepat lulus dan bisa nyaman hidup disana ya?
>
> Baru aja dicurhatin teman dekat yg baru mulai kuliah di jerman tepatnya di nurnberg
>
> Dia gak biasa masak dan cuci baju sendiri. Ditambah kuliahnya susah ngertinya karena kendala bahasa. Kuliah dalam bahasa inggris tapi dia tetep susah ngerti. Ditambah bahasa jerman juga baru belajar selama 3 bulan sebelum keberangkatan.
>
> Kalo uang saku, dia dapat cukup banyak
> Sekitar 3400 euro perbulan
> Ada yg bisa info, apakah mungkin sewa pembantu khusus cuci dan beres beres apartemen?
> Dan bagaimana tipsnya agar cepat lulus?
>
>
> Tk sharingnya ya
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (12)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___