Sunday, October 28, 2012

Re: [beasiswa] [Butuh info] cara hidup di jerman

 



2012/10/26 Murtiah Anggraini <murtiahanggrainist@gmail.com>
Hai semua..
Minta tolong sharing dong..
Ada teman teman yg pernah kuliah di eropa?
Khususnya jerman?
Bagaimana tips dan trik supaya cepat lulus dan bisa nyaman hidup disana ya?

Baru aja dicurhatin teman dekat yg baru mulai kuliah di jerman tepatnya di nurnberg

Dia gak biasa masak dan cuci baju sendiri. Ditambah kuliahnya susah ngertinya karena kendala bahasa. Kuliah dalam bahasa inggris tapi dia tetep susah ngerti. Ditambah bahasa jerman juga baru belajar selama 3 bulan sebelum keberangkatan.

Kalo uang saku, dia dapat cukup banyak
Sekitar 3400 euro perbulan
Ada yg bisa info, apakah mungkin sewa pembantu khusus cuci dan beres beres apartemen?
Dan bagaimana tipsnya agar cepat lulus?



iscab:

Saya tinggal di Nürnberg, kira-kira 1000 euro per bulan sudah cukup untuk hidup nyaman. Hidup pas-pasan kalau 600 EUR, tapi masih bisa hidup dan bersosialisasi. Kalau uang saku di bawah 600 EUR per bulan, sebaiknya bekerja part time di Jerman. Dua pertiga mahasiswa Jerman bekerja part time. Mahasiswa asing mungkin ci atas 90% yang bekerja paruh waktu.

Kalau tidak bisa mencuci baju sendiri, seperti saya, biasanya saya serahkan semua kepada mesin cuci. Tinggal memasukkan pakaian, lalu sabun cuci, kemudian pencet tombol mesin cuci. 
Kalau tidak bisa masak, seperti saya, saya makan makanan yang tidak perlu dimasak. Oh, ya, buat saya itu membuat telor ceplok dan telur rebus itu bukan memasak. Memanaskan sosis, Schnitzel, ikan asap, pizza instan, dll juga tidak saya anggap memasak. Memasukkan indomie kering ke dalam air panas juga tidak saya anggap memasak. Mengaduk-aduk sayuran dengan dressing untuk menjadi salat juga tidak saya anggap memasak. Jadinya tanpa bisa memasak, saya masih bisa makan untuk hidup.

Kuliah berat itu sih bukan kejadian di Jerman saja, tapi di seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Seberat-beratnya kuliah, toh, banyak yang lulus.

Tips untuk cepat lulus, itu adalah mengusahakan lulus banyak ujian di waktu singkat, serta sebelum mulai kuliah, sudah tahu mau thesis atau tugas akhir bidang apa beserta tantangannya. Dan saya termasuk orang yang tidak bisa dijadikan panutan dalam hal cepat lulus. :-)


Salam,

Condro

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (4)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___