Wednesday, October 24, 2012

Re: [beasiswa] [INFO] Research planning is a prerequisite

 

Dear Mas Agung N. Fasa,

Sebelumnya saya mengucapkan selamat atas kelulusan dengan predikat cum laude-nya.
Saya jadi malu niy...dari jaman kuliah S1/S2, ga pernah dpt cum laude:D   big grin
Oke, saya jawab ya, mas, meskipun agak
keluar konteks apply master degree.

 Q1.
1. Apakah semua beasiswa dan universitas yg kita tuju mengharuskan adanya proposal riset dan melakukan komunikasi dgn calon supervisor riset/profesor? Monbu, Fullbright, Chevening, DAAD, Nesso, Ausaid, Erasmus Mundus.

Ans: 
Saya penerima monbusho, tapi bkn utk master degree. Tapi paling ga, bisa kasih gambaran krn sepengetahuan saya, apply beasiswa, entah utk S1/S2/S3, langkahnya standar. Di kasus saya, saya membuat proposal penelitian yang format penulisannya sudah disediakan (di download). Kalo saran saya, siapkan saja proposal penelitian yg mas sudah idamkan utk dilakukan in future. Masih secara garis besar juga ga masalah, karena nanti, supervisor/professor pasti akan mengajak diskusi tentang calon riset mas. Untuk komunikasi dgn supervisor/profesor, saya dulu melakukan komunikasi setelah dinyatakan diterima oleh universitas di jepang.
Tapi, lagi2 ga ada salahnya juga kalo mas udah mulai mengontak mereka dari awal tapi tentu saja dengan semua "bekal" yg mas punya, salah satunya adalah propsal riset.  

Q2
2. Di manakah saya bisa menemukan contoh proposal riset (khususnya di bidang Computer Science & Information Technology) yang terbukti bisa diapprove oleh universitas yg dituju dan penyelenggara beasiswa. Setidaknya proposal itu bisa memberikan gambaran dan inspirasi seperti apa template dan kaidah2 yg harus ditaati.

Ans:
Wah, berarti dengan kata lain, mas mau nyontek dooooong...:)). becanda2. begini, pada dasarnya, proposal riset itu ya seperti skripsi mas itu. Udah lulus dan bikin skripsi kan? Nah, kalo proposal, ya versi singkatnya. Format penulisan ya dimulai dari Introducing, background, objectives, method, expected result (karena masih berupa proposal). Ada beberapa beasiswa yg udah punya template/form proposal, seperti monbusho yg saya ikuti misalnya. Kalo ga ada ya ikuti aja tulisan di skripsi anda, kan itu format standar juga sebenarnya. Masa` ga pernah ada mata kuliah metopen sih?
Bahan proposal? Banyak2 baca tulisan2 yg sesuai dengan tema riset mas. Cari keunikan untuk penelitian mas dibandingkan dengan riset yang lain. Ga usah terlalu muluk2, yg simple2 aja. Ntr takutnya, kalo muluk2, begitu sampe sana, si supervisor tertarik, mas malah kebingungan sendiri utk mengerjakan.

Q3:
3. Berapa persen kemungkinan terjadinya perubahan tema riset yang kita ajukan pada saat tahapan aplikasi beasiswa (korespondensi dgn prof)? Karena menurut info, sesampainya di sana (misalnya, Jepang), riset yg kita buat sekarang bisa jadi diterapkan bisa pula tdk, dan kita akan menerima tema riset baru yang menjadi problema nyata sang profesor.

Ans :
Ga usah takut untuk ganti tema riset karena perubahan tema itu pun pasti akan ada dan selalu didiskusikan kok, dan pastinya ga akan jauh2 dengan education background. Kemungkinan berubah bisa 50%-50%. Penyesuaian pasti akan terjadi, ga akan sesuai 100% dengan proposal yg telah mas siapkan. Seperti yang terjadi di saya, tema riset saya ga berubah, tapi supervisor saya ganti dgn yg lbh sesuai tema riset. Dan itu pun diberitahukan jauh sebelum saya datang ke jepang.
Penelitian saya juga mengalami improvement di method, tapi basic research-nya, tetap.

Q4:
4. Last question a little bit different, adakah beasiswa Prancis yang 100% taught in english?

Ans: 
Maaf, untuk yang ini, saya ga bisa jawab.

Semoga bisa membantu ya,
Widyasamratri

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (6)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___