Monday, May 18, 2015

[beasiswa] [INFO] Warning!! AMA Scholarship: Korea National University of Arts di Seoul, Korsel.

 

Dear all, 



Terlampir form beasiswa untuk bidang minat seni di Korea Selatan.

Sebagian Anda mungkin pernah dengar tentang beasiswa ini dan reputasi universitas ini.

Ini adalah beasiswa 100% (Round Trip Ticket + School + Living fee) .

Korea National University of Arts di Seoul punya reputasi level dewa. Nomor satu.

Orang Korea sangat bangga kalau bisa masuk sekolah ini karena seleksi masuknya luar biasa ketat.

Dikenal dengan nama KNUA atau K-ARTS (nama internasional).

Hankuk Yesul Jeonghap Hakgyo 한국예술종합학교 (nama di Korea)


Saran saya, jangan pernah berani mendaftar kalau anda tidak punya TOPIK 3 (minimal).

Karena TOPIK 3 adalah syarat kelulusan (wisuda dan ijazah).

Ijazah Anda betul-betul tidak akan keluar jika habis masa yang ditentukan Anda tidak bisa lulus TOPIK 3. 

Mau nilai Anda A semua sekalipun mereka tidak peduli.

Modal les bahasa Korea tidak cukup, harus TOPIK 3. 


Kami (saya dan teman-teman AMA) berusaha keras angkat bicara untuk menuliskan "TOPIK 3 is a must" untuk seleksi masuk dan 'all Korean lecture' .

Barusan saya cek pada lampiran tersebut masih tidak tegas sama sekali.

Mungkin Anda berpikir pasti kuliahnya pakai bahasa Inggris. Tidak. All Korean lecture. 


Karena pada kenyataannya mereka bisa (tega) menerima calon mahasiswa yang bahasa Korea-nya nol.

Dari 20-an pemenang tiap tahunnya, tidak lebih dari 3 orang yang sudah punya TOPIK 3. 

Sisanya bahasa Korea-nya nol. Hangeul saja tidak bisa baca. 

Beasiswa ini hanya memberikan les Bahasa Korea gratis selama 3 bulan dengan sistem kebut.

November 2minggu saja dari jam 9.00 - 18.00, Desember, Januari dan Februari. 

Maret sudah masuk universitas program reguler. 

Bagaimana mungkin start dari nol bisa mengejar TOPIK 3 dalam dua tahun (master degree)??




Ah! Saya jago Bahasa Inggris! 

Jika Anda pede dengan Bahasa Inggris Anda, lupakan, 

Bahasa Inggris sama sekali tidak terpakai untuk perkuliahan.

Professor saya Bahasa Inggrisnya jago. Lulusan Delft dan Berlage di Belanda.

Kalau Anda anak arsitek pasti Anda tahu reputasi alumni Delft dan Berlage.

Tidak pernah mereka bicara dengan saya pakai Bahasa Inggris. 

Feedback presentasi, konsultasi, paper, report, bimbingan thesis dll semua dengan Bahasa Korea.

Selama dua tahun saya di sana, hanya ada dua kuliah dengan Bahasa Inggris karena dibawakan oleh orang Amerika, dan itu hanya kuliah umum saja. 


Hubungan pertemanan dengan teman Korea? 

Master degree lebih asyik daripada bachelor.

Karena bachelor yang rata-rata anak lulusan SMA sama sekali tidak ramah dengan foreigner. 

Mereka baru akan dekat dengan Anda di tahun-tahun terakhir Anda setelah sekian tahun berteman.

Ini akan terasa 'nyesek' banget terutama buat orang Indonesia karena kita bangsa yang gemar beramah-tamah dan selalu cepat akrab dengan orang asing sekalipun. 

Percayalah, jangan pernah tuntut orang Korea untuk 'be nice and friendly' kepada kita karena mereka Korean bukan Indonesian. 

Justru kita yang harus menerima kenyataan hidup di tengah-tengah mereka untuk sekian tahun lamanya. 

Seorang teman pernah bicara tentang ini kepada saya sebelum saya kirim berkas beasiswa dan saya hanya tertawa saja karena saya belum mengalaminya. 


Saya tertarik dengan composition, tapi saya tidak punya background musik sama sekali.

Saya berbakat dance choreo, tapi tidak punya background tari. 

Lupakan jika Anda hanya angin-anginan. Karena saingan Anda adalah calon-calon komposer yang sudah sejak kecil diarahkan menjadi komposer pleh orang tuanya. Sejak kecil juara piano dsb. 

Lupakan kalau Anda berpikir dance choreo bisa dilakukan  hanya karena Anda suka menari atau mendengarkan musik. Dance choreo-nya KNUA terkenal jurusan paling berat setelah musik. 

Anda harus benar-benar punya passion yang sangat dalam untuk bidang minat Anda untuk bisa 'survive' di KNUA. 


Jurusan 'kelas berat':music instrument

Ada seorang teman yang punya biola seharga 2000 USD 

Ini teman sudah tahun ketiga, oleh dosennya dibilang suru ganti (upgrade) biola, suaranya kalah sama teman Korea yang lain.

Anda tahu harga biola teman Koreanya? Melebihi harga rumah di sana bisa mencapai 1.000.000 USD.

Kata teman musik keistimewaan tidak hanya ada pada biolanya saja, namun chasingnya pun ada pengatur suhu kelembaban dan sebagainya untuk menjaga kualitas suara biola. 

Baru level bachelor saja sudah kelihatan kelasnya. 


Financial 

Uang beasiswa 700.000 won (-120.000 won untuk asrama) diterima bersih oleh mahasiswa sebanyak 580.000 won. Sangat kurang untuk hidup satu bulan jika Anda gemar masakan Korea. Sangat cukup jika Anda masak sendiri, dan harus begitu untuk bisa menabung.

Entah mengapa untuk setiap angkatan, tahun pertama uang beasiswa tidak pernah terlambat.

Hanya tahun pertama saja.


Part time job

Sangat susah untuk mengatur waktu kuliah dengan part time job karena disamping tekanan dari departemen masing-masing ada tekanan dari TOPIK 3 (untuk yang belum).

Saya sendiri melakukan part time job di tahun kedua karena tahun pertama saya fokus untuk adaptasi dan mengambil sebanyak mungin mata kuliah teori yang harus diambil. 

Usahakan untuk mengambil part time job pada saat liburan, untuk berjaga-jaga kalau uang beasiswa datang terlambat. 




Saya sudah lama ingin menulis ini, namun saya masih menunggu perkembangan dari pihak universitas.

Menunggu pihak universitas untuk memperbaiki form beasiswa AMA. 

Namun sudah lewat dua angkatan masih saja kami nilai tidak informatif dan kurang tegas mengenai betapa pentingnya penguasaan Bahasa Korea dalam beasiswa AMA ini. 

Jika TOPIK 3 sudah ditangan, stress level Anda hanya sebatas mata kuliah Anda dan financial.

Jika belum stress level Anda akan bertumpuk-tumpuk karena bagaimanapun kita sekolah untuk lulus dan berhak atas ijazah. 

Kalau ijazah tidak kita terima, seperti sia-sia yang kita sudah kejar dan lakukan. 


Saya tidak punya power untuk bicara banyak kepada pihak universitas mengenani kebijakan ini. 

Namun saya punya milis ini, saya bisa memperingatkan rekan-rekan beasiswa yang hendak melamar beasiswa ini. 

Beasiswa adalah hadiah dari Tuhan, beasiswa bukan segala-galanya.



Akhir kata, untuk calon pelamar -good luck to you! 


Salam saya,

Melania

Pemenang AMA angkatan 9 

__._,_.___

Posted by: melaniawidjojo@yahoo.com
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

.

__,_._,___