Tuesday, August 5, 2014

[beasiswa] Re: [BUTUH INFO] saran: IELTS 8

 

Hi,

- Latihan dulu jauh lebih baik daripada langsung ikut test lagi, selain kita keluar biaya yg tidak sedikit, juga buang2 waktu, utk ikut test dan menunggu hasilnya. Buku2 latihan IELTS sudah sangat banyak, yg paling lazim buku Cambridge IELTS, kalau tidak salah sampai versi 9. Jika setiap buku ada latihan 4 kali IELTS, anda sudah bisa latihan 36 kali IELTS (Listening dan Reading). Coba jg buka IELTS-blog.com, terdapat puluhan soal2 latihan, kalau rutin dikerjakan setiap hari (selama 2-3 jam) saya rasa tidak akan habis jg dalam sebulan. Pastikan dalam setiap latihan listening dan reading hanya ada 1-2 jawaban yg salah. 

-persoalan berapa lama kita bisa menaikkan point dari 6,5 ke 8 sangat tidak bisa dijawab dengan pasti. Tergantung kemampuan anda.  Saran saya, sering2 dengar radio (internet radio) conversation dari BBC atau ABC (Australia) utk mengasah kemampuan bhs inggris dengan akses British atau Australia. Selain itu dengarkan rekaman dari buku Cambridge jg berguna. Perhatikan patterns dari setiap conversation, intonasi, karena disitu terletak jawabannya, atau leads to the answers. Kalau anda sudah bisa membuat jawaban sempurna (hanya salah 1-2 saja) berarti anda siap di Listening dan reading.

-untuk writing, persoalan paling krusial adalah tidak ada yg bisa mengecek jawaban kita. Kalau mau score 8, berarti setiap band harus 8 semua (minimal), writing anda harus 8. Saya sudah tulis sebagian tips writing nya i di blog saya dsini . Intinya, setiap latihan, kita harus pakai answeer sheet yg asli (bisa di download) kemudian, perhatikan kecepatan menulis, pemilihan kata2 spesifik utk tema yg ditanyakan, dan bagian dari gambar tabel yg harus dijelaskan (utk akademic). Check jawaban dengan membandingkan answer dari misalnya ielts-blog.com atau buku khusus writing-ielts (pinjem di perpus, ga usah beli).

-terakhir utk conversation, ini jg krusial, karena ga bisa di check. Kalau saya pribadi saya menyiapkan diri persis seperti writing, saya tulis jawaban saya, saya siapkan pertanyaan2 yg mungkin ada, dan saya tulis jawaban, dengan kata2 kunci (keywords) kemudian, setiap menjawab saya beri kesimpulan utk menguatkan maksud saya. Perlu latihan yg lama dan kebiasaan berbicara dlm bahasa inggris. Karena dalam test sesungguhnya, bahasa yg keluar dari mulut kita, adalah bahasa yg secara refleks kita gunakan sehari2. Jadi kalau anda mau dapat 8 utk score conversation, rajin2 berbicara dengan native speakers. Kalau di lingkungan kerja anda sudah banyak native speakers, ya syukur, kalau belum, saran saya kembali dengarkan BBC atau ABC, dan ikuti dan ulangi pembicaraan2 mereka. Kadang ada tema2 yg nyantol walaupun tidak persis sama, di ujian ielts.

-saya pribadi tidak percaya hal2 yg instant atau express, kecuali anda sudah mahir dlm bhs inggris, sudah biasa menulis, dan bicara, hanya belum tau pattern dari soal2 IELTS, jadi tinggal menyesuaikan dengan pattern menulis yg diminta IELTS. Dari level tersebut tentu menaikkan score ielts tidak sulit, tp jika tidak begitu, tentu cara yg baik adalah latihan terus menerus, dan melatih urat syaraf otak kita utk secara refleks menggunakan bhs inggris, dan ini butuh waktu, tp sy jamin akan bertahan lebih lama dan hasilnya jg lebih bagus. Oiya satu lagi, saya selalu berorientasi pada proses, bukan hasil, jadi apapun hasilnya, kalau saya sudah kerja keras, sy tidak akan kecewa kalau hasilnya tidak sesuai yg saya harapkan atau bangga berlebihan kalau hasilnya melebihi ekspektasi saya. Yang penting kerja keras.

Semoga membantu. 
 
----
AGUNG WAHYUDI
---

Mon Aug 4, 2014 8:18 pm (PDT) . Posted by:

jcteam_samantha

saat ini mungkin IELTS saya sekitar 6.5 tanpa belajar dan dipoles. 
Namun tujuan utama adalah IELTS 8, 
bagaimana cara memastikan agar bisa mendapat IELTS 8 (academic IELTS), 
karena saya tidak PD untuk ikut test IELTS sekarang; 


- kira2 berapa bulan perlu untuk meningkatkan 1-2 point? (i.e 8 point) 
-adakah tempat khursus yang bisa boost up pont IELTS (khursus express) boleh dimana saja (jakarta, bandung, jogja, surabaya, singapore, Kl, mana aja deh :p ) 
-menurut agan, mana yang lebih baik, coba2 test beneran . Apa persiapan sampai matang baru ikut tes IELTS supaya lgsung dapat 8. 


terima kasih banyak untuk saran2nya 

__._,_.___

Posted by: wahyudiAgung <agungwah@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (5)

Yahoo Groups
New feature! Create Photo Albums in Groups Effortlessly
Now, whenever you share photos with your group, a new album is automatically created in the Group. It's so simple! Try it now!

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

.

__,_._,___