Monday, November 23, 2009

[beasiswa] [INFO] Master Erasmus Mundus di bidang Sastra Eropa

 

The Master's Course in European Literary Cultures - CLE aims at preparing European and International graduates for professions in which is requested the knowledge of:

* at least three languages

* the different methodologies in at least three cultural fields as for example:
- History of Literature,
- Texts Analysis,
- History,
- History of Art,
- History of Ideas.

The duration of the full-time programme is 24 months.

Students will spend terms in two or three different consortium universities. The language of instruction varies according to the institutions chosen by the students.

At the end of the Master Course, the consortium universities provide a double or multiple degree.

The programme has four main learning units:

*
European Literatures, Language
*
Methodologies and Linguistic Sciences,
*
European History and Civilization
*
a Final research work.

Each Institution focuses on a specific subject:

Bologna: Towards a European Literature: Literary Tradition and Innovation

Mulhouse: European Spaces and Cultures: Contrasts and Interferences

Strasbourg: Oratories and Literary Configurations

Thessalonikis: Impact and Reception of Ancient Tradition

Students applying for the Master Course CLE must have:

*a good level first-cycle degree in a discipline of relevance to CLE,
*a recognised level of proficiency in English and in the language of instruction of the consortium institution chosen for the first Master year course. B1 minimum level is required.
* Moreover, applicants mast be able to provide evidence of motivation to apply for the Erasmus Mundus Master CLE.

more information: http://www.cle.unibo.it

catatan:
--------

banyak yang bertanya pada saya tentang persyaratan untuk mendaftar program Master Erasmus Mundus CLE (Cultures Littéraires Européennes) serta gambaran mengenai mata kuliahnya. Di sini saya jabarkan secara singkat:

1. Khusus untuk program Master CLE ini, lebih dipentingkan kemampuan bahasa PRANCIS dan (atau) bahasa ITALIA, karena hampir semua mata kuliah diberikan dalam kedua bahasa itu. Buku-buku (roman atau novel) yang harus dibaca pun aslinya dalam kedua bahasa itu, kecuali kalau memang sudah ada beberapa yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, misalnya untuk karya para pengarang yang sudah terkenal secara mendunia seperti Victor Hugo, Homer, Dante; namun itu sekedar untuk membantu pemahaman dari bahasa aslinya. Saya rasa kemampuan bahasa Inggris hanya sekedar formalitas, meskipun ada segelintir mata kuliah yang diberikan dalam bahasa Inggris namun tidak untuk semua mahasiswa dan tergantung negara penempatan (seperti Yunani dan Italia yang memberikan mata kuliah Sastra Inggris). Selain itu, meskipun nantinya diberikan mata kuliah khusus bahasa untuk memperdalam kemampuan berbahasa, namun disarankan untuk sudah mempunyai kemampuan berbahasa yang cukup baik bahasa Prancis maupun Italia, agar tidak terlalu kesulitan dan ketinggalan dalam mengikuti perkuliahan lainnya.

2. Tidak diperlukan korespondensi terlebih dahulu dengan profesor atau dosen di negara konsorsium untuk mendapatkan surat rekomendasi (program ini tidak seperti program beasiswa pemerintah Prancis-BGF, yang menyarankan untuk berkomunikasi dengan calon dosen/profesor pembimbing). Surat rekomendasi yang diperlukan adalah surat yang ditulis oleh profesor atau dosen dari program S1.

3. Sistem penilaian yang diberikan tergantung negara setempat. Untuk Prancis, ada ujian secara tertulis dan (atau) lisan serta presentasi paper secara lisan di depan kelas. Untuk Italia, hampir semua mata kuliah mewajibkan ujian secara lisan; kalaupun ada ujian tertulis semata-mata untuk membantu 'menaikkan' nilai apabila hasil ujian lisan tidak dianggap memuaskan, namun harap diingat tidak semua dosen mau memberikan ujian tertulis. Selain itu di Italia juga tidak ada pemberian tugas-tugas menulis paper di luar ujian tertulis.

Oke, saya rasa itu dulu. Selamat mendaftar, semoga sukses!

Salam,
Dina
-Strasbourg

__._,_.___
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___