Sunday, November 22, 2009

RE: [beasiswa] [BUTUH INFO] Tanya Erasmus Mundus 2010, dll

 

From: beasiswa@yahoogroups.com [mailto:beasiswa@yahoogroups.com] On Behalf Of j_tia_19

Dear milister..

pertama2 saya mohon maaf jika pertanyaan saya ini sblmnya pernah dibahas. kedua, saya mengucapkan terima kasih banyak jika milister menanggapi/menjawab pertanyaan saya.

saya berniat mendaftar erasmus mundus master course 2010. saya memiliki beberapa pertanyaan :

1. utk TOEFL cercitificate, saya belum punya yg sertifikat international. tapi saya baru saja mengikuti TOEFL prediction test dan nilai saya sudah melebihi nilai minimal yg ditetapkan. pertanyaan saya bisakah saya mendaftar dgn sertifikat prediction test tsb? krn utk membuat sertifikat international itu ada jadwal nya (dan biaya yg lmyn). sedangkan waktu tidak mencukupi krn deadline nya 31 des 09. apakah bisa/memungkinkan, saya menghubungi program master course yg akan saya daftar utk menanyakan kemungkinan ini? krn jujur saja keinginan saya utk melanjutkan studi baru2 saja muncul dan kebetulan ada jurusan membuat saya tertarik di erasmus mundus 2010.

2. master course yg akan saya daftar terdiri dari bbrp universitas (UK, belgium, swedia) shg mengharuskan berpindah tempat. apakah beasiswa sudah mengcover itu semua? krn di rincian beasiswa yg diberikan hanya tertulis 48000euro utk 2thn termasuk tuition fee dan living allowance. apakah dalam program beasiswa ini saya harus menyiapkan uang sendiri utk jaga2? kalau ya, brp kira2 besarnya?

3. erasmus mundus memberikan 1000euro perbulan utk penerima scholarship. apakah jumlah tersebut sudah mencukupi utk kehidupan sbg mahasiswa di eropa?

4. apakah ada sistem black list dalam application erasmus mundus, dmn applicant yg gagal sblmny, tidak boleh mendaftar utk thn2 berikutnya?

sekian pertanyaan saya. terima kasih banyak.

salam.

1.  Jujur, berat sekali jika Anda berharap menggunakan TOEFL prediction test dan berharap diterima. Beberapa rekan saya bisa menggunakan TOEFL ITP, dan beberapa program menerimanya (karena aturan yang tidak strict), tapi saya sangat meragukan kemungkinan itu untuk TOEFL prediction test. Menurut saya, yang terbaik adalah langsung tanya ke konsorsiumnya saja (meski belum tentu dibalas juga oleh si konsorsium).

2.  Seharusnya sudah cukup, asal gaya hidup Anda sewajarnya, saya rasa cukup :) Untuk dana awal, pastikan siapkan biaya pesawat untuk pergi dan biaya hidup sekitar 1 bulan (600-800 euro).

3.  Cukup, saya cukup yakin untuk orang Indonesia, Anda pasti bisa menabung (asal rajin memasak).

4.  Sepertinya saya belum pernah mendengar hal ini (CMIIW).

Sama-sama.

--

Zakka Fauzan

 

 

__._,_.___
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___