Sunday, November 25, 2012

[beasiswa] Re: [Butuh Info] F or J Visa?

 

Mas Ipung,

Kalau ditanyakan akan memilih F atau J, berarti Mas Ipung eligible untuk keduanya DAN institusi tersebut eligible untuk mensponsori keduanya. Lama ijin tinggal, I-20 untuk F-1 atau DS-2019 untuk J-1, sama2 tergantung jumlah funding yang bisa dijanjikan. Kalau fundingnya keluar setahun sekali, ya ijin tinggalnya harus diperpanjang setahun sekali.

Perbedaan yang penting sih dalam urusan ijin kerja pasca kuliah dan ijin kerja untuk dependent. Selama kuliah, dependent F-1 (F-2) tidak bisa dapat ijin kerja, dependent J-1 (J-2) bisa dapat ijin kerja untuk bekerja selama berada di Amerika. Selain itu ada tambahan 2-year residency untuk pemegang J-1. Kalau berencana langsung cari kerja di Amerika pakai visa H-1, apply F-1.

Untuk sekedar masuk ke Amerika sih tidak ada bedanya F-1 dengan J-1.

Panji

--- In beasiswa@yahoogroups.com, Van Karayan <ivankarajans@...> wrote:
>
> Mas/mba,
>
> Jika beasiswanya untuk sekolah dan akan terdaftar sbg mahasiswa di salah satu univ di us dan akan dpt gelar akademis dr univ tsb maka visa nya F. Tapi kl beasiswa nya untuk sekedar penelitian atau pertukaran pelajar atau sejenisnya yang tidak akan dpt gelar dr univ di us maka visa nya J. Dan setau saya teman2 saya disini yg pake visa J biasanya temporary, sekitar 1 thn. Kl lbh dr setahun hrs apply lagi. Mungkin yang lain ada yg bisa koreksi atau tambahkan.
>
> Van
>
> Sent from my iPad
>
> On 19 Nov 2012, at 19:03, "/pta" <ipung@...> wrote:
>
> > Dear all,
> >
> > Saya mendapat beasiswa (bukan fulbright) dan sedang mengurus ijin visa. Dalam proses korespondensi guna proses pengeluaran form I-20, saya dapat pertanyaan dari Uni, hendak memilih visa jenis F atau J. Btw, saya sudah membaca di http://indonesian.jakarta.usembassy.gov/id/visas/jenis_visa.html tentang pengertian jenis visa tersebut tapi masih tetap sedikit (atau banyak) bingung mengenai perbedaan diantara keduanya.
> > Akan sangat berterimakasih jika kawan-kawan ada yang bisa memberikan pencerahan. Suwun.
> >
> > Jabat erat
> > ipung I http://bit.ly/dfgylQ I http://bit.ly/aiQEeV I skype: ipungsh
> >
> >
> >
>

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (4)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___