Monday, August 24, 2009

[beasiswa] Re: [BUTUH INFO] Kenapa mesti cari supervisor utk PhD di USA?

 

Dear Zahra,

Betul sekali kalau dua tahun pertama di sini hanya diisi dengan perkuliahan. Saya pikir perguruan tinggi sendiri tidak mensyaratkan pelamar program PhD untuk punya kontak pada saat mengajukan lamaran tersebut, seperti yang saya alami contohnya. Tapi jujur saja, saya sirik juga lihat beberapa teman yang memang sudah punya kontak, lebih lagi yang sudah punya rencana apa yang akan dikerjakan (dan diapprove). Nampaknya mereka lebih tahu mau ke mana mereka akan pergi dan mereka sudah punya jauh lebih banyak informasi dibanding saya. The point is, it's not necessary but it's helpful.

Di luar itu, mungkin juga ini strategi Fulbright untuk memastikan bahwa funding akan tersedia selepas tahun ketiga. Anyway, kalau 'kontak' adalah prasyarat untuk mendapat beasiswanya, ya mencari kontak jadi sangat relevan sekali. Jangan terlalu pusinglah mencari 'kenapa'nya, yang penting dapet kontaknya, dapet beasiswanya dan bisa berangkat. Getting the scholarship is THE priority for now. That simplifies the problem, I suppose. Masalah besok topiknya jadi kurang pas, itu masalah besok. Sekarang sih pastikan saja 'besok' itu ada.

Semoga membantu ya.

Panji

--- In beasiswa@yahoogroups.com, Azzahra Khairunnisa <azzahrakhairunnisa@...> wrote:
>
> Dear semuanya,
>  
> Sambil menunggu pengumuman hasil interview Fulbright, saya dikasih "warning" oleh AMINEF Jakarta agar segera mencari supervisor untuk disertasi PhD saya (dalam bidang bisnis).
>  
> Sepengetahuan saya, bukankan untuk tahun pertama dan kedua mahasiswa S3 di USA hanya course saja? Kenapa pula mesti mencari supervisor saat ini? Bukankah research topic justru dapat didiskusikan selama kita mengikuti course sambil mencari supervisor yang tepat? Apa gunanya pula mencari supervisor kalo ternyata nanti setelah disana ternyata topik yang diangkat dianggap kurang pas? Jadi sepemahaman saya, mencari supervisor kok kurang relevan ya untuk saat ini.
>  
> Mohon sharing dari teman2 yang ambil PhD di USA atau awardee Fulbright untuk PhD. .
>  
> In the middle of confusing,
>  
> Zahra
>
> __________________________________________________
> Do You Yahoo!?
> Tired of spam? Yahoo! Mail has the best spam protection around
> http://mail.yahoo.com
>

__._,_.___
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___