Wednesday, May 25, 2011

Re: [beasiswa] [Butuh Info] Recommendation Letter harus spesifik?

Rekan Sagena Yth,

Jika ada special request dari lembaga pemberi dana atau universitas yang Anda tuju, rekomendasi tidak bisa dibuat spesifik. Contohnya, universitas membuat form khusus yang harus diisi oleh pemberi rekomendasi, dan pemberi rekomendasi mengirimkan langsung rekomendasinya ke universitas.

Namun di luar kondisi tersebut, rekomendasi bisa dibuat secara umum. Saat aplikasi S2 dulu, saya menyampaikan kepada profesor dan atasan saya bahwa surat rekomendasi akan saya pakai beberapa kali dan saya tidak ingin merepotkan beliau. Jadi beliau membuat surat rekomendasi tanpa tanggal dan tanpa isian 'kepada'. Saya membuat salinan yang kemudian ditandatangani dan diberi stempel asli. Sewaktu-waktu dibutuhkan, saya dapat menggunakan rekomendasi tersebut.

Salah satu pemberi rekomendasi adalah kepala dinas saya saat wajib kerja di Sulawesi. Seusai wajib kerja, saya pulang ke Jawa dan jadi beliau sangat memahami kebutuhan tersebut.

Pada saat diterima, saya menyampaikan terima kasih kepada Profesor dan atasan tersebut atas bantuan beliau.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Astrid



Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "shegentz" <shegentz@yahoo.com>
Sender: beasiswa@yahoogroups.com
Date: Tue, 24 May 2011 00:58:03
To: <beasiswa@yahoogroups.com>
Reply-To: beasiswa@yahoogroups.com
Subject: [beasiswa] [Butuh Info] Recommendation Letter harus spesifik?

Hi All.. maaf memberanikan nanya.. saya sedang tinggi nih keinginan ambil beasiswa khususnya keluar, nah salah satu hal yg sering ditanyakan oleh uni adalah 2 surat rekomendasi, umumnya 1 dari univ kita, 1 dari atasan.

Nah sesuai judul, pertanyaan saya, bisa ngga recommendation letter itu agak umum, maksudnya bisa dipakai utk beberapa uni? soalnya saya agak gimana gitu mau hub profesor dulu di kampus yg bimbing skripsi, tapi khawatir udah ga kenal saya lagi hehe.. trus mintanya "ngerepotin" lagi.. email juga tak pernah dibalas (mungkin tak sopan, atau kelewat wallahu'alam jadi kayaknya saya mesti "cegat" kalau beliau ada disuatu event). Atau, minta ke siapa ya yg cocok dan peluang tinggi?

mohon sarannya...

Pertanyaan kedua, mengenai TOEFL, apakah bisa misalnya, untuk ke belanda, kita pakai institutional toefl dari NESO ? Atau tidak berlaku?


Thx all

U.Sagena




------------------------------------

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.comYahoo! Groups Links



------------------------------------

INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.comYahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/beasiswa/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
beasiswa-digest@yahoogroups.com
beasiswa-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/