Friday, July 26, 2013

Re: [beasiswa] [BUTUH INFO] Beasiswa S2 LPDP: umur dan IPK multak?

 

Terkait umur ada cerita dari lpdp batch kedua, berikut saya copas kesini:

Dear rekan-rekan,

Selamat kepada rekan-rekan yang dinyatakan lolos pada seleksi beasiswa lpdp.

Melalui email ini saya ingin berbagi pengalaman yang saya alami selama seleksi beasiswa, sekaligus mengambil hikmah dari proses tersebut.

Saya salah seorang peserta seleksi beasiswa doktor luar negeri yang dinyatakan lolos administrasi tetapi tidak lolos dalam seleksi wawancara yang saya ketahui dari SK yang dikeluarkan pada tanggal 17 Juni.

Tetapi anehnya saya mendapat email untuk mengikuti  program pengayaan. Ketika saya memperoleh undangan untuk mengikuti program pengayaan tersebut, saya menduga terdapat kekeliruan yang terjadi, dan saya mencoba mengkonfirmasikan kepada tim lpdp dan ternyata benar.  Tetapi, dibalik peristiwa ini saya mendapatkan proses ruhaniyah yang sangat luar biasa ketika saya mengedepankan kejujuran.  Terus terang beberapa menyarankan agar saya membiarkan kekeliruan panitia dalam menerbitkan daftar peserta program pengayaan MAGISTER dan DOKTOR, datang ke Jakarta untuk mengikuti program tersebut berdasarkan pemberitahuan melalui email yang saya terima.  Tetapi hal ini tidak saya lakukan, karena saya tidak ingin menodai proses perolehan beasiswa ini dengan tindakan curang tersebut.  Saya akan sangat tidak memiliki integritas ketika hal ini saya lakukan.

Sebenarnya saya cukup kecewa ketika dinyatakan tidak lolos dari proses wawancara, dan berusaha mencari informasi kegagalan tersebut dengan mengirimkan email kepada pihak LPDP tetapi tidak mendapat jawaban.  Karena untuk mendaftar saja di beasiswa ini, saya sudah melakukan diskusi intensive dengan calon pembimbing yang berasal dari negara lain, dan sudah memiliki komitment untuk memulai program doctoral saya di bulan Oktober tahun ini.  Ketika saya memperoleh informasi untuk mengikuti program pengayaan, saya coba menelpon Mas Hendra sebagai kontak person yang dicantumkan pada email, dengan mengungkapkan fakta bahwa nama saya tidak ada pada SK kelulusan.  Mas Hendra mengarahkan saya kepada Mas Donny yang memiliki wewenang untuk mengundang peserta yang akan mengikuti program pengayaan, dengan mengungkapkan fakta tersebut jawaban yang diberikan kepada saya adalah "maaf terjadi kesalahan pendataan", dan hal ini telah saya prediksi sebelumnya.

Sekilas peristiwa ini cukup sederhana, tetapi dampak yang saya rasakan tidak demikian.  Secara psikologis, emosi saya menjadi tidak stabil karena peristiwa ini.  Karena  saya telah berpaya untuk bertanya via email  tetapi tidak mendapat tanggapan dari lpdp, dan kedua kesalahan pengiriman email tersebut sangat mengganggu konsentrasi saya, pendataan mana yang salah pengetikan SK atau data peserta pelatihan. Sehingga saya tidak dapat tidur dengan baik.  Dan hal ini membuka kesempatan untuk berbuat curang,  tetapi sisi hati saya yang lain selalu mengingatkan bahwa  kejujuran itu jauh lebih penting.

Akhirnya saya beranikan diri untuk bertanya melalui sms, tentang penyebab kegagalan saya dalam wawancara, dan saya mendapatkan jawaban karena faktor usia.  Yang sangat saya sayangkan mengapa tim lpdp mempermasalahkan hal ini ketika saya sudah menempuh seleksi wawancara dengan meluangkan waktu dan tentu juga biaya untuk datang ke Jakarta? Bukan pada waktu seleksi berkas diawal proses seleksi.  Sebuah proses yang menurut saya telah mengorbankan upaya saya.   Saya sebenarnya menunggu pernyataan resmi permohonan maaf dari tim lpdp, karena menurut saya hal itu merupakan ekspresi dari sebuah proses evaluasi kerja yang dilakukan secara tim walaupun kesalahan yang dilakukan oleh personel tim.  Sehingga terlihat etika yang luhur dalam kinerja tim, yang dapat sedikit mengimbangi pengorbanan perasaan saya secara psikologis.   Maaf jika saya terkesan berlebihan, tetapi menurut saya hal ini perlu saya ceritakan.
Mungkin ada dua hal yang bisa kita petik yaitu kejujuran dan etika.  Mengedepankan kejujuran  jauh lebih penting dilakukan untuk membangun negeri ini, kemudian etika bagaimana hal ini di lakukan untuk sebuah kejadian yang kita anggap kecil tetapi sangat besar bagi orang lain.
Melalui email ini sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada peserta yang telah lolos dalam seleksi beasiswa.  Pesan saya kepada rekan-rekan milikilah selalu kejujuran walaupun kesempatan untuk berbuat curang itu terbuka di hadapan ANDA.  Sebagai anak-anak bangsa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ANDA wajib memiliki karakter tersebut.

Kepada pihak LPDP saya sangat mengharapkan sekali agar proses selanjutnya akan lebih baik lagi, jangan sampai kesalahan yang terjadi memupuskan impian anak bangsa yang ingin berkontribusi pada INDONESIA negeri yang kita cintai ini.

Terimakasih,

Heri Satria, M.Si.
Jurusan Kimia FMIPA
Universitas Lampung

email ini saya kirimkan sekaligus merespon email yang dikirim oleh Pak Edi Wirawan (edi.wirawan@ymail.com)

On 27 Jul 2013 09:25, <mrsswaghara@yahoo.com> wrote:
 

Dear Rekan2 di Milis Beasiswa,
Share aja ttg IPK utk beasiswa LPDP.

Saya awalnya jg ragu utk apply LPDP krn S2 saya dari unversitas yg tdk menerapkan sistem IPK, yaitu nilai disebutkan dalam presentase dan dimasukkan dalam suatu kategori.

Jd ketika lolos shortlisted LPDP, saya merasa bersyukur sekali karena ternyata LPDP tdk sekedar melihat IPK saja.

Pada saat interview, kepada para reviewer saya menjelaskan ttg sistem penilaian di universitas sebelumnya.
Alhamdulillah mereka memahami kenapa saya tidak memiliki IPK meluluskan saya sebagai penerima beasiswa LPDP tsb.

Demikian sharing saya, semoga bs menyemangati menginspirasi rekan2 yg lain utk apply beasiswa LPDP.
Regards,
Nenny.

Sent from BlackBerry® on 3

From: Yanti Andriyani <yeandriyani@yahoo.com>
Date: Sat, 27 Jul 2013 04:45:19 +0700
Subject: Re: [beasiswa] [BUTUH INFO] Beasiswa S2 LPDP: umur dan IPK multak?

 

Dear mbak Delvi,

Pengalaman saya di batch sebelumnya juga dikomentari soal IPK yang pas pasan.. Apalagi s1 saya dari swasta yg tidak terkenal. Awalnha pesimis bisa lolos, namun akhirnya alhamdulillah lulus dan akan mengambil program doktor ke Newcastle Univ. bulan September i i.

Kalau memang IPK nya 3 pas gak ada salahnya dicoba mbak..

Semangat!!!

Regards,

Yanti

Sent from my iPhone

On 26 Jul 2013, at 14:14, Wardah Naili <wardah.naili28@yahoo.com> wrote:

> di

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (10)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___