Tuesday, September 21, 2010

[beasiswa] Re: [Butuh info] Penulisan Proposal Penelitian

 



Mbak Diah,

Latar belakang Anda mirip saya. Saya backgrundnya sastra (Indonesia lagi). Sekarang baru menyelesaikan S3 di bidang pariwisata. Sebenarnya seperti yang telah dijelaskan rekan2 sebelumnya, metode penelitian seharusnya disesuaikan dengan pertanyaan yang hendak Anda jawab. Misalnya kalau mbak Diah tertarik untuk meneliti destination image, ini bisa dilakukan melalui content analysis brosur pariwisata, experiment, focus groups, surveys dll. Thesis S2 pariwisata saya dulu memakai foto2 sebagai media perencanaan pariwisata. Akhir2 ini saya memakai metode modeling karena spesialisasi saya tentang tourists' evacuation decision. Kalau mbak Diah sudah menemukan masalah yang ingin mbak Diah teliti, silahkan japri, saya mungkin bisa membantu menemukan metode yang efektif untuk meneliti masalah tersebut. G'luck...

have a magical day,

Ignatius

Ignatius P. Cahyanto
PhD. Student in Tourism & Crisis Management
Research Associate
Tourism Crisis Management Institute
University of Florida
www.tourismcrisis.com

The world is my itinerary. Indonesia is my home.

--- In beasiswa@yahoogroups.com, astijunus@... wrote:
>
> Dear mbak dyah,
>
> Sepengetahuan saya, untuk metode penelitian ada 2 macam, yaitu kualitatif (in depth interview dgn bbrp subyek dan interpretasi scr kualitatif) dan kuantitatif (mengumpulkan data dgn kuesioner atau sejenisnya dari berbagai subyek-min.30 org- dan interpretasi scr kuantitatif/statistik).
>
> Sebenernya metode apa yang digunakan kembali ke permasalahan apa yg ingin diteliti. Contoh : misalnya ingin tahu sikap mahasiswa pariwisata terhadap kinerja departemen pariwisata, maka lebih baik menggunakan kuantitatif krn lebih merepresentasikan populasi yg diinginkan, walaupun kualitatif juga bsa digunakan sbg pelengkap.
>
> Saran saya, lebih baik mba dyah menentukan dulu permasalahan yg ingin diteliti apa, kemudian coba research di internet ttg metode penelitian dan menentukan metode yg tepat. Di perpustakaan kampus jg biasanya ada (coba cari di perpus psiko ui).
>
> Mudah2an bisa mencerahkan, kalau masih bingung boleh japri saya, kali bisa membantu lebih lanjut.
>
> Thanks..
>
> -asti-
>
> -----Original Message-----
> From: dyah permata sari <bogoshippo@...>
> Sender: beasiswa@yahoogroups.com
> Date: Mon, 20 Sep 2010 15:56:10
> To: <beasiswa@yahoogroups.com>
> Reply-To: beasiswa@yahoogroups.com
> Subject: [beasiswa] [Butuh info] Penulisan Proposal Penelitian
>
> Dear rekan beasiswa,
>
> Perkenalkan nama saya Dyah.
> Saya berniat untuk apply beasiswa S2 ke Korea dengan jurusan yang berbeda
> dengan jurusan ketika saya di S1.
> Jurusan saya adalah sastra dan saya ingin melanjutkan ke Manajemen
> pariwisata. Saya dengar tidak ada masalah dengan jurusan yang berbeda
> tersebut, namun saya bermasalah di proposal penelitian.
> Setahu saya, dalam pengajuan beasiswa dibutuhkan Proposal Penelitian
> mengenai subjek penelitian kita nantinya dan metode penelitian yang akan
> dilakukan. Yang ingin saya tanyakan, ketika saya mengerjakan skripsi S1,
> saya hanya berpatokan dengan metode penelitian pustaka. Semua sumber saya *plek
> *dari buku, internet dan jurnal. Apakah metode tersebut juga bisa saya pakai
> dalam program S2? Saya pikir setidaknya saya harus melakukan metode
> pengumpulan data dengan interview atau studi lapangan. Namun saya agak
> bingung dengan metode tersebut.
> Kira-kira sebaiknya saya mengajukan metode penelitian yang seperti apa ya?
> Mohon pencerahannya dari rekan beasiswa semua.
>
> Terima kasih sebelumnya atas pencerahannya.
>
> Best regards,
> Dyah
>

__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___