Wednesday, September 22, 2010

Re: [beasiswa] Re: [Butuh info] Penulisan Proposal Penelitian

 

Topik ini menarik.

Baru-baru ini, saya berdiskusi dengan beberapa kawan mengenai proposal penelitian. Saya juga ingin membuat hal yang sama untuk melamar doktoral. Ternyata proposal itu ada macam-macam bentuknya.
Ada yang berupa
1. research statement, yang panjangnya "cuma" 1 halaman A4.
2. lebih panjang dari satu halaman karena berisi dasar teori, jadwal, dll secara terstruktur.

Intinya sih, kita harus bertanya pada Profesor tempat tujuan, apa yang dia butuhkan. Kalau dia cuma butuh 1 halaman saja, kita jangan memberikan bacaan berat buat orang sibuk (asumsinya Profesor selalu sibuk). Kalau dia butuh detail, berikanlah sesuai yang diminta.


Condro



2010/9/22 hadisoemartopanji <hadisoemartopanji@yahoo.com>
Dear Mbak Dyah,

Saya punya pertanyaan untuk Mbak Dyah. Apakah untuk apply beasiswa tersebut Mbak Dyah memang harus membuat proposal lengkap (=3 bab pertama thesis) atau hanya sebatas topik dan pertanyaan penelitian?

Karena setahu saya malah untuk S2 biasanya lebih fokus ke coursework dan penelitiannya sendiri tidak terlalu mendalam karena memang tidak mungkin mendalam. Lha wong biasanya harus selesai dalam satu semester (mungkin 4 bulan) mulai dari menentukan judul, analisis, penulisan, defense lalu cepat2 wisuda. Justru di jenjang S2 ini kita baru mulai belajar berbagai metode penelitian, itu pun seperlunya. Jadi logikanya sih proposal yang (kalaupun) diminta semestinya tidak perlu terlalu rumit karena lulusan S1 sebenarnya memang tidak diharapkan untuk memiliki kompetensi tersebut.


__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___