Wednesday, September 22, 2010

[beasiswa] Re: [Butuh info] Penulisan Proposal Penelitian

 

Mba, metode penelitian kan cara ilmiah untuk mengumpulkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Dalam bidang sosial, secara umum dalam ada 3 metode:
1) Kuantitatif
2) Kualitatif - pendekatan
3) Mixed (1-2)

Baik substansial maupun materil penelitian kuantitatif dan kualitiatif itu berbeda berdasarkan filosofi/paradigmatik dan metodologinya.

Metodologi tersebut digunakan untuk menjawab "pertanyaan penelitian" kita.Jadi, rumuskan dulu "masalah" nya, baru dicari pendekatan metodenya.

Kalau ingin mengupas permasalahan secara lebih mendalam maka layak dipertimbangkan metode kualitatif (Sifatnya Induktif). Termasuk salah satu metode kualitatif a.l studi kasus, ground research, etnografi.

Metode kuantitatif adalah metode yang mengupas permasalahan dengan mengolah data secara induktif (ingin melihat trend dalam kuantitas). penelitian seperti survey, content analysis termasuk metode kuantitatif.

Kalau studi pustaka ya itu salah satu teknik memperoleh data, seperti juga wawancara, observasi, kuesioner (dalam kuantitatif)

Ga, akan cukup membahas ini....
Silahkan buka-buka kembali buku metodologi riset ( antara lain bukunya John W. Cresswell, "Research Design" ;-)

Salam,

Eko

--- In beasiswa@yahoogroups.com, dyah permata sari <bogoshippo@...> wrote:
>
> Dear rekan beasiswa,
>
> Perkenalkan nama saya Dyah.
> Saya berniat untuk apply beasiswa S2 ke Korea dengan jurusan yang berbeda
> dengan jurusan ketika saya di S1.
> Jurusan saya adalah sastra dan saya ingin melanjutkan ke Manajemen
> pariwisata. Saya dengar tidak ada masalah dengan jurusan yang berbeda
> tersebut, namun saya bermasalah di proposal penelitian.
> Setahu saya, dalam pengajuan beasiswa dibutuhkan Proposal Penelitian
> mengenai subjek penelitian kita nantinya dan metode penelitian yang akan
> dilakukan. Yang ingin saya tanyakan, ketika saya mengerjakan skripsi S1,
> saya hanya berpatokan dengan metode penelitian pustaka. Semua sumber saya *plek
> *dari buku, internet dan jurnal. Apakah metode tersebut juga bisa saya pakai
> dalam program S2? Saya pikir setidaknya saya harus melakukan metode
> pengumpulan data dengan interview atau studi lapangan. Namun saya agak
> bingung dengan metode tersebut.
> Kira-kira sebaiknya saya mengajukan metode penelitian yang seperti apa ya?
> Mohon pencerahannya dari rekan beasiswa semua.
>
> Terima kasih sebelumnya atas pencerahannya.
>
> Best regards,
> Dyah
>

__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___