Tuesday, August 16, 2011

Re: [beasiswa] [butuh info] kuliah ke jepang dengan beasiswa dikti

 

Mhn maaf sekedar share informasi,

berkaca dari pengalaman sy dan istri, diwaktu awal2 penerimaan pendaftaran beasiswa oleh Dikti, sekitar 2008, LOA sementara berkemungkinan bisa. LOA sementara harus mengikuti ujian masuk di perguruan tinggi yg dituju,  hal ini yang akan dikuatirkan oleh Dikti jika penerima beasiswa tidak lulus ujian, mau kemana jika tidak lulus dan mau diapakan uang yg telah diterima?( ini ada terjadi lho).
sekarang Dikti sangat selectif dalam memberi beasiswa, team seleksi akan lihat apakah LOA conditional atau unconditional,  diwaktu wawancara akan ditanya lg mengenai status calon penerima beasiswa diperguruan tinggi, hal ini yg sangat susah untuk menjelaskan ke team seleksi." what will you do if you can not pass the entrance exam?".  saran sy, mhn ke calon propessor untuk membuatkan LOA tanpa ada kalimat 'IF' maksudnya; If lulus ujian, if memenuhi persyaratan.  

Salam


Rus


From: Ery Wijaya <erywijaya@gmail.com>
To: "beasiswa@yahoogroups.com" <beasiswa@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, August 13, 2011 3:19 PM
Subject: Re: [beasiswa] [butuh info] kuliah ke jepang dengan beasiswa dikti

 
Pak Doelha,

Saya kebetulan mahasiswa S3 di Kyoto Univ. Setahu saya, di Jepang memang semua cln mahasiswa harus mengikuti ujian masuk. Sehingga terkadang diharuskan untuk menjadi research student dulu sebagai persiapan ujian masuk. Memang ada beberapa yang membebaskan ujian masuk namun itu sangat jarang dam dengan persyaratan khusus, seperti mahasiswa penerima beasiswa Monbukagakusho U to U.

Saran saya, mungkin bisa merayu Professor di lab yg bapak tuju untuk mengeluarkan LoA penerimaan bapak sebagai mahasiswa di Lab beliau. Hal ini untuk mensisati di Dikti, dan banyak dilakukan oleh beberapa teman yg mendapatkan beasiswa dari Dikti. Namun sesampai di Jepang pasti Bapak akan diwajibkan mengikuti ujian masuk universitas.



Sent from my iPhone

On 10 Aug 2011, at 22:54, "Abdul" <doelha@gmail.com> wrote:

 
Dear laskar beasiswa, saya doelha, dosen salah satu PTN di Indonesia. Sudah dua tahun ini saya mencoba beasiswa LN dikti untuk kuliah ke Jepang.
Pertama kali daftar saya menggunakan LoA sebagai research student di Univ. Kyoto. namun pihak dikti menolak dengan alasan harus Ph.D student. Ketika saya konsultasi dengan Professor disana ternyata memang untuk LoA Ph.D student musti ikut examination yang diadakan di jepang, tentu saja dengan biaya sendiri.
Nah hari ini saya mendapat LoA baru dari Tsukuba, namun juga mensyaratkan harus ikut examination di kampus di jepang juga. sesuatu yang berat, terutama dari segi biaya.
Saya berharap kawan-kawan bisa memberikan saran untuk kasus ini, karena saya berharap bisa mengejar beasiswa dikti gelombang 7. Atau ada rekan yang tahu kampus mana saja di Jepang yang melakukan seleksi dokumen saja, tak perlu datang ujian ke sana? oh ya, background ilmu saya ilmu politik.

terima kasih,

doelha



__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___