Monday, August 22, 2011

Re: [beasiswa] [butuh info] SPIRIT BAPPENAS

 

Pa Ipung,

Mudah2an bisa bantu. Info ini berdasarkan Intake 2011. Untuk intake 2012 dst mungkin ada beberapa perubahan
SPIRIT Bappenas dikhususkan untuk 11 Kementrian & LPND (kalo ga salah), yang merupakan kerjasama antara Indonesia dan World Bank
Kerjasama tersebut dimulai 2011 - 2017, beasiswanya mencover "tuition fees, Appication fee, living allowance, book allowence, typing allowence, setting in allowence, seminar cost, shipping allowence, health insurance, international travel and medical check up"

Seleksi ada 2 tahap.
Tahap Pertama - Seleksi Bappenas, yang meliputi TPA min 565, TOEFL ITP min 450, Wawancara
pada tahap pertama ini sistem gugur, jadi kalo ga lulus TPA otomatis ga bisa ikut TOEFL dst. Untuk TPA, kalo boleh saran sebelum tes di Bappenas coba tes dulu di tempat lain (yang diakui bappenas) jadi punya jaminan, siapa tau pas hari H TPA lagi ga fit, soalnya banyak temen2 yang ga lolos TPA dan ga bisa maju ke seleksi berikutnya, padahal sudah punya TOEFL diatas 550, sayang kan. Saat TOEFL min 450, karna ada program EAP 3-9 Bulan, Kalo tujuannya ke LN usahakan TOEFLnya 525, supaya EAP cukup 3 bulan dan bisa segera berangkat (karna ada kecenderungan, candidate musti berangkat sesuai waktu intake). Wawancara dilakukan di kantor masing2, interviewer 5 orang, 4 internal 1 orang bappenas, materi standar seputar motivasi, kemampuan menyelesaikan kuliah tepat waktu, tesis/disertasi yang akan diambil, pilihan negara/universitas/jurusan, dll. Kalo pilihan LN biasanya ada beberapa pertanyaan diajukan dalam bahasa inggris.

Tahap Kedua - Seleksi Universitas. Sebenarnya keuntungan SPIRIT ini kita bebas memilih negara/universitas yang dituju. Jadi pihak Bappenas sejak awal (tes TPA) sudah menyarankan candidate untuk mulai mencari bahkan meng apply ke univ yang dituju. Selain persiapan dokumen, ada beberapa univ yang minta IBT/IELTS dengan score tertentu dan diatas standar bappenas, jadi itu yang musti kita kejar. katanya intake 2012, bappenas udah outsourcing education agent jadi candidate dibantu mereka saat aplikasi

Regards,
Wuri



From: /pta <ipung@kelakuan.com>
To: beasiswa@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, August 16, 2011 11:30 AM
Subject: [beasiswa] [butuh info] SPIRIT BAPPENAS

 
Dear all,

Mohon bantuan kawan-kawan, kebetulan saya sedang mengikuti seleksi beasiswa spirit bapennas, apakah ada yang mengetahui informasi tentang beasiswa itu (selain yg saya sudah dapat secara umum dari Google) dan apa ada tips dan trik untuk proses mendapatkannya.

sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih :)

Jabat erat

ipungmbuh SH I http://bit.ly/dfgylQ I http://bit.ly/aiQEeV I skype: ipungsh




__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
MARKETPLACE
A bad score is 598. A bad idea is not checking yours, at freecreditscore.com.

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___